Toyota Fortuner 2020 Facelift Diluncurkan di Bangkok 4 Juni 2020

Toyota Fortuner 2020 Facelift Bertabur Fitur Canggih dan Lebih Bertenaga

Berita SUV Toyota

CaruserMagz.com – Toyota Fortuner 2020 telah diluncurkan dengan berbagai ubahan signifikan. Tapi New Fortuner 2020 yang diluncurkan ini bukan versi Indonesia, melainkan versi Thailand. Debut global Fortuner Facelift 2020 ini dihelat oleh Toyota Motor Thailand Company Limited di Bangkok pada Kamis 4 Juni 2020.

Mungkin banyak yang mengira perubahan Fortuner ini layaknya mobil Toyota lainnya yang kebanyakan sekedar bersolek dengan berganti bumper, namun kali ini ternyata Toyota serius mendandani Fortuner jadi lebih superior dari kompetitornya di segmen SUV ladder frame 7-seater.

Perubahan-perubahan signifikan dilakukan Toyota pada sektor mesin, fitur keselamatan, fitur hiburan, handling dan fitur-fitur terkait kepraktisan. Model 2020 ini disebut sebagai hasil pengembangan desain yang diberi tema “Prestige & Cool“. Sebagaimana pernyataan Jurachart Jongusuk selaku Regional Chief Engineer of Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing Company Limited, dalam keterangan resminya.

New Fortuner versi Thailand ini disediakan dalam dua varian yang memiliki desain dan fitur berbeda, yaitu model standar dan model flagship yang diberi nama Fortuner Legender.

Toyota Fortuner 2020 Facelift
Toyota Fortuner 2020 Facelift -Tipe Legender

 

Berikut hal-hal baru pada Toyota New Fortuner 2020:

Revisi Desain

Versi standar masih mengusung desain wajah Fortuner lama, perubahan hanya pada beberapa bagian seperti gril depan yang berukuran lebih besar serta bumper dengan strip silver dan rumahan lampu kabut yang baru, LED-DRL dengan signature baru, desain velg alloy baru berukuran 18 inci dan lampu belakang dengan LED.

Sedangkan varian Fortuner Legender memiliki bahasa desain yang lebih aerodinamis. Terutama di bagian depan dengan grill yang lebih besar sedikit ada bentuk grill Lexus. Legender juga terlihat lebih sporty karena minim krom tetapi diganti dengan aksen hitam glossy, velg lebih besar berukuran 20 inci dan warna body dual-tone dengan atap, spion dan pilar berwarna hitam.

Perbedaan juga terlihat pada Light Guiding Headlights dengan Daytime Running Light, lampu sein LED dengan Sequential Signals, LED High Beam and LED Bi-Projector Low Beam.

 

Mesin Baru – Lebih Bertenaga

Fortuner Facelift 2020 ini memiliki varian mesin baru, yaitu mesin diesel 2.8-Liter GD Super Power Engine, dengan tenaga maksimum hingga 201 hp dan torsi puncak hingga 500 Nm pada 1.600 – 2.000 rpm. Mungkin Toyota bosan sering disebut mesin Fortuner selalu kalah dibanding kompetitor terdekatnya, Mitsubishi Pajero Sport, sehingga Toyota membuat Fortuner yang lebih bertenaga.

Namun Toyota mengklaim meskipun bermesin besar, Fortuner Legender tetap mampu mempertahankan figur kehematan konsumsi bbm-nya. Toyota juga menyebutkan mesin baru tersebut lebih halus dan tidak bising karena Toyota menambahkan Balance Shaft yang berfungsi mengurangi kebisingan dan getaran.

Toyota tetap menyediakan pilihan mesin bensin dan diesel dengan kapasitas 2,4-liter hingga 2,7-liter, serta dengan pilihan penggerak dua atau empat roda.

 

Fitur Keselamatan

Fitur-fitur keselamatan Fortuner 2020 ini cukup advance. Misalnya sudah ada Pre-Collision System, Dynamic Cruise Control, dan Lane Departure Alert. Ada juga Stability Control (VSC), Traction Control (TRC), Trailer Sway Control (TSC), Hill Start Assist Control (HAC), Down Hill Assist Control (DAC), Rem ABS+EBD+BA, dan lain sebagainya.

 

Fitur Hiburan

Di dalam kabin, Head unit touch-screen 8-inci pada tipe standard dan 9-inci pada tipe Legender telah mendukung Apple CarPlay dan Android-Auto. Untuk audio, tersedia 6 speaker untuk semua tipe dan ada tambahan sub-mover pada tipe Legender.

Hal Baru pada Toyota Fortuner 2020 Thailand
Hal Baru pada Toyota Fortuner 2020 Thailand

 

Fitur-fitur Canggih

Ada banyak fitur canggih di Toyota Fortuner Facelift versi Thailand ini, antara lain:

  • Automatic Head Light Control dengan Fitur Follow me home
  • Welcome light pada rumahan spion
  • Automatic light adjustment system
  • Fitur pembuka bagasi otomatis dengan gerakan kaki di bawah bumper (Activated Kick Door)
  • Pengaturan kursi elektrik untuk pengemudi dan penumpang depan
  • AC Digital dengan Auto-Climate Control
  • Cruise Control pada semua tipe dengan tambahan
  • Paddle-shift
  • Kaca spion kabin dengan anti silau otomatis
  • Start-stop engine button sekaligus keyless entry
  • T-Connect System yang menghubungkan mobil dengan smart-phone, meliputi banyak fitur seperti: deteksi lokasi mobil, peringatan jika mobil dicuri, fitur SOS yang terhubung dengan terhubung dengan respon-center, peringatan perawatan, informasi tentang mobil seperti history perjalanan.
  • Wireless Charger (Legender)
  • 360 view Monitor (Legender)
  • Mode berkendara Eco, Normal, Sport

Sayangnya tidak ada Sun-Roof dan Panoramic-Roof pada Fortuner 2020 ini, walau pada tipe termahal sekalipun. Padahal pesaing-pesaingnya seperti Pajero Sport, Hyundai Santa-Fe, Honda CR-V dan lainnya telah memiliki fitur yang membuat mobil terasa mewah tersebut.

Baca juga:
Toyota Fortuner Mobil Keluarga Tangguh di Segala Medan
Kelebihan Toyota Fortuner dibanding Mitsubishi Pajero Sport

SUV terlaris di Thailand ini dibanderol 1,32 – 1,63 juta Baht atau sekitar Rp 587 – 727 Juta. Maka jika masuk ke Indonesia, dengan fitur yang sama, bisa jadi tipe tertinggi sudah mendekati Rp 1 M.

Pertanyaannya adalah kapan versi facelift ini akan hadir di Indonesia, dan apakah fitur-fiturnya akan sama dengan versi Thailand jika masuk ke tanah air. Kita tunggu saja kabar dari pihak Toyota Indonesia.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar