Good Bye TRD-Sportivo, Welcome Toyota GR Sport! Apa Saja Bedanya?

Toyota GR Sport Indonesia

CaruserMagz.comToyota GR Sport – Mobil-mobil Toyota pada umumnya memiliki varian TRD-Sportivo sebagai varian dengan tampilan paling gagah, paling macho dan paling lengkap dalam hal fitur keselamatan dan bahkan beberapa model, varian TRD memiliki suspensi yang lebih kokoh dibanding varian lainnya.

TRD sendiri merupakan singkatan dari Toyota Racing Development dan sudah lama menjadi ikon penanda bahwa mobil Toyota dengan embel-embel TRD ini, merupakan varian termewah dalam hal tampilan dan fitur-fitur keselamatan.

Mulai pertengahan 2021 ini, ternyata Toyota menggantikan trim TRD-Sportivo menjadi GR-Sport di Indonesia. Mungkin untuk menambah greget dan kebanggaan pemilik mobil Toyota, bahwa ikon GR-Sport punya keterkaitan langsung dengan dunia balapan.

GR merupakan singkatan dari Gazoo-Racing, sebuah divisi Toyota yang bertugas di dunia balap, baik untuk pengembangan mobil balap, maupun tim balap professional-nya di berbagai ajang balapan dunia.

Artinya semua model Toyota di Indonesia akan memiliki varian GR Sport, sebagaimana sebelumnya ada varian TRD Sportivo. Beberapa model sudah terkonfirmasi akan memiliki varian GR tersebut, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Veloz GR Limited
  • Rush GR Sport
  • Agya GR Sport
  • Yaris GR Sport
  • Fortuner GR Sport

Veloz GR Limited

Toyota resmi memperkenalkan Toyota Veloz GR Limited. Tidak seperti model lain, Veloz GR Sport ini dibuat sebagai limited edition, artinya akan diproduksi dalam jumlah terbatas. Untuk yang tidak Limited, semoga saja dibuat untuk Avanza.

Yang berbeda dari Toyota Veloz GR Limited ini pada aksesoris saja, namun membuatnya mudah dikenali sebagai model baru, yaitu pada body-kit baru di bagian depan dan belakang, spion hitam, pelek hitam dan emblem ’50’ di pintu bagasi untuk menandakan 50 tahun Toyota di Indonesia.

Toyota Veloz GR Sport 2021
Toyota Veloz GR Sport 2021

Harga Toyota Veloz GR Limited adalah sebagai berikut:

Veloz 1.3 M/T GR Limited – Rp 221,4 juta
Veloz 1.3 A/T GR Limited – Rp 232,2 juta
Veloz 1.5 M/T GR Limited – Rp 232,8 juta
Veloz 1.5 A/T GR Limited – Rp 243,8 juta

Rush GR Sport

Toyota Rush GR juga hadir menggantikan Rush TRD Sportivo. Perbedaannya tidak signifikan seolah hanya mengganti sticker TRD menjadi GR. Ada perbedaan minor pada aksen hitam di bagian depan, samping dan belakang.

Toyota Rush GR
Toyota Rush GR

Harga Toyota Rush GR Sport adalah Rp 256,6 juta untuk Rush GR MT dan Rp 266,2 juta yang AT.

Baca: Perbedaan Toyota Rush TRD Sportivo vs Rush tipe G

Agya GR Sport

Toyota Agya GR Sport disediakan dalam pilihan mesin 1.200 cc yang juga menggantikan varian TRD Sportivo dengan perubahan minor.

Perubahannya antara lain adalah warna aksen taring pada bumper depan dari merah menjadi hitam dan stiker TRD di dekat spion diganti jadi stiker GR. Selain itu aksesoris body kit depan-samping-belakang, roof spoiler dan lampu depan belakang terlihat baru.

Agya GR Sport
Agya GR Sport

Harga Toyota Agya GR adalah sebagai berikut:

  • Agya 1.2 M/T GR Sport: Rp 154,5 juta
  • Agya 1.2 A/T GR Sport: Rp 170,39 juta.

Toyota Yaris GR

Yaris GR Sport ini berbeda dari GR Yaris yang memang sejatinya sportcar untuk lintasan balap. Perbedaan letak GR setelah nama Yaris berarti bahwa ini adalah inisial untuk model bertampang sport belaka, layaknya varian TRD.

Perubahan nama ini hanya mengganti sticker TRD-Sportivo menjadi GR, sedangkan body-kit, velg, bumper dan interior-nya sama saja dengan model TRD.

Yaris GR - Beda dengan GR Yaris
Yaris GR – Beda dengan GR Yaris

Toyota Yaris GR Sport dibanderol Rp 268,8 juta untuk varian manual dan Rp 284 juta untuk varian CVT.

Fortuner GR Sport

SUV sejuta umat ini juga mendapat varian GR Sport. Model ini mendapat sticker GR di pintu penumpang, sedangkan bodykit-nya tidak berbeda dari model TRD-Sportivo sebelumnya.

Namun Fortuner GR ini ternyata mendapat tambahan fitur yang cukup signifikan menambah kemewahannya, yaitu New Adaptable Auto A/C with Dual Zone, sehingga membuatnya terasa lebih canggih untuk kenyamanan penumpang.

Baca: Pilihan Warna Toyota Fortuner

Harga Fortuner GR Sport ini adalah sebagai berikut:

  • Fortuner 2.4 A/T diesel VRZ GR Sport (4×2) : Rp 544,2 juta
  • Fortuner 2.7 A/T bensin SRZ GR Sport (4×2) : 605,1 juta.

Tulis Komentar