Toyota Fortuner, Pilihan SUV 7-Penumpang Tangguh di Segala Medan

CaruserMagz.com – Berminat membeli mobil tangguh yang mampu melewati berbagai medan? Mungkin salah satu produk milik Toyota ini bisa jadi pilihan Anda. Ya, mobil di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) bernama Fortuner ini memang dibuat dengan konsep kendaraan tangguh yang mampu melewati berbagai medan.

 
Toyota pertama kali memperkenalkan Fortuner di Indonesia pada tahun 2005. Kehadiran pesaing Mitsubishi Pajero Sport ini dibuat berdasarkan platform IMV yang terdiri dari Toyota HiLux atau disebut juga dengan Toyota HiLux Vigo di Thailand, dan Toyota Kijang Innova di Indonesia.

 
Pada awalnya mobil ini dirakit di Thailand dan diimpor utuh (Completely Built Up) oleh Toyota Astra Motor (TAM), namun pada awal tahun 2007, Toyota Fortuner sudah dirakit dalam bentuk terurai (Completely Knock-Down) di Indonesia dan terhitung sejak tahun 2010 menyusul ditutupnya salah satu pabrik perakitan Toyota di Bangkok maka proses perakitan Fortuner versi mesin bensin dialihkan ke Toyota Manufacturing Indonesia.

 
Di awal tahun 2016, PT Toyota Astra Motor (TAM), agen pemegang merek Toyota di Indonesia menghadirkan generasi baru Toyota Fortuner. Tampilan All New Fortuner terlihat lebih high-class di kelas SUV.

 
Tak heran bila Toyota menyatakan bahwa Fortuner berhasil merajai pasar di segmennya. Mengusung konsep “Leading the World“, All New Fortuner terlihat berbeda dengan model sebelumnya. Kini Toyota Fortuner hadir dalam 3 varian, tie G, VRZ dan SRZ.

 
Dimensi All New Fortuner cukup bongsor dengan panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm serta wheelbase 2.745 mm. Bila dilihat dari bagian depan, aura sporty terpancar jelas dari mobil ini berkat penggunaan lampu berdesain lebih slim dan tajam dengan projector headlamp dan daytime running light (DRL).

 
Toyota juga melengkapi Fortuner baru dengan teknologi Bi-Beam LED membuat penerangan lebih maksimal. Desain front grill dibuat lebih mencolok serta dipadukan dengan foglamp yang memiliki dimensi cukup besar. Sementara ukuran ban mobil ini 165/80 dengan velg berukuran 18 inci.

 
Pada bagian kabin, Toyota Fortuner yang dapat menampung hingga 7 penumpang ini sudah dilengkapi dengan steering wheel yang terdapat berbagai fitur seperti kontrol audio dan voice command. Untuk fitur hiburan, mobil ini dilengkapi layar sentuh berukuran 8 inci dan terkoneksi dengan Toyota Move, navigation, dan micracast, sophisticated  auto AC juga menambah kemewahan SUV 7 seater ini.

 
Pada bagian jok kursi Fortuner menggunakan bahan material full kulit dan lebih empuk dibanding model lainnya. Jok baris depan juga dibekali dengan electric seat adjuster.

 
Untuk urusan dapur pacu, mobil ini hadir dengan dua pilihan mesin, diesel dan bensin. Pilihan mesin bensin menggunakan teknologi dual VVT-i berkapasitas 2.7 liter. Mesin 4-silinder pada Fortuner ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 163 PS dan torsi maksimal 24,7 Kgm. Jantung Fortuner bensin dibekali Electronic Fuel Injection (EFI) untuk meningkatan efisiensi bahan bakar.

 
Mesin Fortuner ini digabungkan dengan transmisi 5-percepatan baik untuk manual (tipe G) maupun otomatis (tipe G dan SRZ). Sedangkan dapur pacu berbahan bakar diesel memiliki kubikasi 2.4 liter VNT (Variable Nozzle Turbo). VNT mampu menghasilkan daya output dan torsi cukup besar.

 
Untuk sistem penggerak fortuner terdiri dari dua tipe, 4×2 rear wheel drive dan 4×4. Untuk tipe 4×4 dibekali dengan easy 4×4 switch.

 
Sementara bila dilihat lebih jauh, kekurangan yang dimiliki Toyota Fortuner yakni pada sisi bagasi yang terbilang kecil dibanding model sebelumnya. Selain itu, radius putar mobil ini juga membutuhkan lahan yang lebih luas. 

 
Untuk harga, Toyota menjual All New Fortuner dengan bandrol mulai Rp 449.700.000 hingga Rp 642.800.000. Hampir dalam semua hal termasuk harga, Fortuner selalu bersaing ketat dengan Mitsubishi Pajero Sport.

 
Baca juga: Kelebihan Toyota Fortuner dari Mitsubishi Pajero Sport

Sumber gambar: OTO

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *