Toyota Corolla Cross Debut Global, Simak Tampilan dan Spesifikasinya

Toyota Corolla Cross - Tampak Depan

CaruserMagz.com – Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan global debut Toyota Corolla Cross di Bangkok, Thailand, pada Kamis 9 Juli 2020. Sedan legendaris Toyota tersebut akhirnya terkena gelombang SUV-isasi juga, setelah sebelumnya TMC mengumumkan kelahiran Yaris Cross pada April 2020 lalu, versi SUV dari small sedan global Toyota.

Corolla Cross langsung bisa dipesan oleh konsumen Thailand setelah peluncuran ini. Kemudian akan disusul dengan peluncuran di sejumlah negara lain, dimana segmen SUV sedang berkembang dan banyak diminati.

Nama Corolla sudah sangat lekat di telinga konsumen otomotif di seluruh dunia. Ini adalah nama yang fenomenal karena merupakan mobil terlaris di dunia sejak kelahirannya pada tahun 1966. Selama rentang waktu 54 tahun, total sekitar 48 juta unit Corolla sedan telah terjual di lebih dari 150 negara di seluruh Dunia.

Toyota Corolla Cross - Tampak Belakang

Toyota Corolla Cross – Tampak Belakang

World Premier Corolla Cross ini diberi tajuk “Corolla Meets SUV” sebagai momen bersejarah penambahan lineup SUV Toyota. Dengan menggandeng nama besar Corolla, diharapkan mobil baru ini mudah diminati kosumen. Apalagi minat konsumen pada SUV sedang terus meningkat karena kemampuan utilitasnya yang luas, tidak hanya untuk berkendara di dalam kota dan jalanan mulus, tapi juga mampu menjelajahi jalanan yang tidak rata atau bahkan off-road.

 

Platform TNGA

Layaknya model-model global terbaru Toyota, Corolla Cross telah menggunakan platform Toyota New Global Architechture (TNGA). Sehingga SUV ini telah menganut standar-standar baru yang jauh lebih tinggi dari model dengan plarform sebelumnya. Khususnya dalam hal desain, pengendalian, kualitas bahan interior, kenyamanan , serta keselamatan.

Banyak reviewer otomotif internasional mengatakan model-model Toyota dengan TNGA memiliki feel yang lebih premium dalam segala hal, bahkan dapat disejajarkan dengan mobil-mobil dari brand premium, semisal Mazda, BMW dan VolksWagen. Artinya model-model ini bukan lagi mobil orang kebanyakan, tetap sudah menjadi domain orang-orang berkelas menengah ke atas.

 

Eksterior

Crossover Corolla berplatfor TNGA (GA-C) ini memiliki cue SUV Toyota yang sudah ada, semisal Toyota RAV4, Yaris Cross bahkan kembaran RAV4 dari Suzuki bernama ACross. Tampilan wajahnya terlihat sporty dan kokoh. Membawa ciri khas mobil Jepang yang bersudut-sudut tajam, garis-garis pada bagian depan dan belakang menampilkan desain yang modern.

Crossover baru Toyota ini disediakan dengan 7 pilihan warna, yaitu: Metal Stream Metallic, Red Mica Metallic, Attitude Black Mica, Celestite Gray Metallic, Nebula Blue, Graphite Metallic dan Platinum White Pearl (warna utama).

Tampilan samping yang terlihat panjang dengan bodi atletis memberi tahu kita bahwa di dalam ada kabin dan bagasi yang luas. Karena dengan panjang 4,46 meter, SUV ini cuma berkonfigurasi 5-seater. Selain itu, penampakan sampingnya terlihat gagah dengan over-fender dan velg 18-inci yang besar.

Toyota Corolla Cross - Tampak Samping

Corolla Cross – Tampak Samping

 

Interior

Masuk ke kabin, kita merasakan nuansa TNGA yang lebih ke arah mobil premium. Joknya terlihat empuk dengan desain yang sporty, desain dashboard-nya juga tidak lagi kaku seperti mobil-mobil Toyota yang kita kenal di Indonesia. Dari penampakan gambar digital interiornya, Corolla Cross ini sepertinya bertabur bahan soft-touch di interiornya.

Toyota Corolla Cross - Interior Kabin dan Bagasi

Toyota Corolla Cross – Interior Kabin dan Bagasi

Corolla Cross diharapkan mampu memenuhi semua kebutuhan konsumen, baik untuk prestise kemewahannya maupun fungsionalitas dalam berkendara di segala medan jalan. Pada akhirnya crossover baru ini ditujukan untuk memberikan peace of mind pada pemiliknya.

Untuk itu, Corolla Cross mewarisi kenyamanan dan fitur-fitur Corolla sedan, sekaligus menyediakan ruang bawaan barang yang luas untuk berkendara jarak jauh. Kapasitas bagasi yang tersedia berukuran 487 liter / 440 liter tanpa melipat kursi baris kedua.

Mesin (Untuk Pasar Thailand)

Untuk dapurpacu, Corolla Cross disediakan dalam 2 varian, yaitu varian hybrid dan mesin bensin naturally-aspirated.  Varian Hybrid dibekali mesin 1.798 cc berkode 2ZR-FXE THS II dengan reduction gear bertenaga 98 ps (5.200 rpm) dan torsi 142 Nm (3.600 rpm), yang dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 72 ps dan torsi 163 Nm.

Sedangkan mesin bensin non-hybrid berukuran 1.798 cc (1,8-liter) juga, namun diberi kode berbeda, yaitu 2ZR-FBE untuk menujukkan output yang berbeda. Mesin bensin tersebut bertenaga 140 ps pada 6.000 rpm dan torsi 177 Nm pada 4.000 rpm.

 

Harga

Di Thailand, Corolla Cross dibanderol mulai 989 Ribu Baht (sekitar Rp 458 juta) hingga 1,2 juta Baht (sekitar Rp 555 juta). Untuk pilihan warna spesial, Platinum White Pearl, dikenakan biaya tambahan sebesar 10.000 Baht atau sekitar Rp 4,6 juta.

Berikut daftar harga Corolla Cross di Thailand:

Varian Hybrid – Transmisi Otomatis:
– Hybrid Premium Safety : 1,199,000 THB = Rp 555 Juta
– Hybrid Premium Price 1,089,000 THB = 504 Juta
– Hybrid Smart Price 1,019,000 THB = 472 Juta

Varian Mesin Bensin – Transmisi Otomatis:
– Corolla Cross 1.8 Sport : 989,000 THB = 458 Juta

Jika dijual di Indonesia, sangat mungkin Corolla Cross ini akan berharga di level yang bersaing dengan Mazda. Kita bisa menganalogikan itu pada Toyota CH-R yang awalnya dianggap saingan Honda HR-V, tapi ternyata harganya lebih cocok bersaing dengan Mazda CX-30 atau CX-5.

 

Berikut Spesifikasi Toyota Corolla Cross:

SpesifikasiHybridGasoline
Panjang / Lebar / Tinggi (mm)4,460 / 1,825 / 1,620
Wheelbase (mm)2,640
Curb weight (kg)1,3851,325
Radius Putar Minimum (m)5.2
Kapasitas Penumpang5
Powertrain layoutFront-wheel drive (FWD)
Mesin2ZR-FXE THS II with reduction gear2ZR-FBE
Kapasitas Mesin (cc)1,7981,798
Tenaga Maximum (kW[PS]/rpm)72 [98] / 5,200103 [140] / 6,000
Torsi Maximum (N・m[kgf・m]/rpm)142 [14.5] / 3,600177 [18.05] / 4,000
Motor1 NM
Tenaga Maximum (kW[PS])53 [72]
Torsi Maximum (N・m[kgf・m])163 [16.6]
System maximum output (kW[PS])90 [122]
TransmisiElectric continuously variable transmissionSuper CVT-i
Suspensi (Front / Rear)MacPherson strut / Torsion-beam
Rem (Front / Rear)Ventilated disc / Disk
Ukuran Roda215/60 R17 / 225/50 R18

Tulis Komentar