Toyota Corolla Cross - Tampak Samping

Toyota Corolla Cross Dipastikan Masuk Indonesia, Segini Perkiraan Harganya

Berita SUV Toyota

CaruserMagz.com – Versi Crossover dari mobil legendaris Toyota baru saja debut global di Thailand pada Kamis, 9 Juli 2020. Tak lama setelah itu, PT Toyota Astra Motor (TAM) yang merupakan Agent Pemegang Merek Toyota di Indonesia langsung mengkonfirmasi bahwa Toyota Corolla Cross masuk Indonesia.

Informasi kepastian masuknya Corolla Cross tersebut disampaikan oleh Anton Jimmi Suwandy, selaku Direktur Pemasaran PT TAM, pada Jumat 10 Juli 2020. Hanya saja waktu dan detail spesifikasi Corolla Cross versi Indonesia masih belum diungkap.

Iya betul, detailnya nanti ya,” ujar Anton Jimmi memastikan bahwa Corolla versi SUV tersebut juga akan mengaspal di Indonsia.

Toyota Corolla Cross - Tampak Depan
Toyota Corolla Cross – Tampak Depan

Direktur Pemasaran TAM tersebut memberi sedikit bocoran mengenai tipe Corolla Cross yang akan masuk Indonesia, yaitu tipe bermesin bensin dan juga hybrid. Namun dia meminta awak media bersabar mengenai informasi lebih detail, karena peluncuran Corrolla versi SUV ini sedang dalam persiapan oleh pihaknya.

Dengan informasi tersebut, artinya Corolla Cross ini akan analog dengan Toyota C-HR yang sudah lebih dulu dijual di Indonesia baik versi mesin bensin biasa, maupun yang sudah berteknologi hybrid. Itu juga berarti kita bisa memperkirakan harga jual Corolla Cross di Indonesia dari pola harga C-HR, karena sama-sama diimpor dari Thailand dengan status CBU.

Jika melihat harga Toyota C-HR tipe bensin standar di Thailand yang dijual mulai 979 ribu Baht atau sekitar Rp 451 Juta, kemudian di Indonesia harganya jadi Rp 509,05 juta. Artinya secara hitungan kasar ada selisih Rp 58 juta atau ada peningkatan harga sekitar 13%.

Dari daftar harga Toyota Corolla Cross di Thailand yang dibanderol mulai 989 Ribu Baht atau sekitar Rp 458 juta, maka kemungkinan di Indonesia Corolla Cross termurah akan berharga sekitar Rp 518 Juta.

Sedangkan tipe yang termahal adalah tipe Hybrid seharga 1,2 juta baht atau sekitar Rp 555 juta. Mengambil analogi harga C-HR, maka Corolla Cross termahal di Indonesia bisa berkiras Rp 627 juta. Tapi bisa jadi lebih mahal lagi, mengingat regulasi di Indonesia masih mengkategorikan mobil hybrid sebagai mobil mewah, sehingga dibebani pajak yang lebih mahal.

Toyota Corolla Cross - Interior Dashboard
Toyota Corolla Cross – Interior Dashboard

Dengan harga mulai sekitar Rp 518 juta, maka dapat kita perkirakan bahwa Toyota Corolla Cross akan bersaing di segmen Compact SUV mewah yang sekarang dihuni Mazda CX-30 dan Mitsubishi Eclipse Cross di Indonesia. Ini bisa jadi ancaman serius bagi kedua mobil tersebut, karena Toyota adalah brand mobil sejuta umat yang lebih diminati di Indonesia, berkat jaringan dealer dan purna jual yang lebih luas, serta biaya perawatan yang terkenal murah.

Namun analisa harga di atas hanyalah perkiraan berdasarkan hitungan kasar belaka. Harga yang lebih benar tentunya kita tunggu saja kabar dari APM Toyota. Semoga saja lebih murah mengingat spesifikasi mesin Corolla Cross di Thailand tidak begitu besar untuk ukuran mobil mewah.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar