Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE vs Standar

Beda Tipe Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE vs Standar

Kawasaki Roda Dua

CaruserMagz.comBeda Tipe Kawasaki Ninja ZX-25R ABS Special Edition vs Standar – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan motor sport baru secara virtual untuk pasar Indonesia pada 10 Juli 2020. Motor yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh pecinta roda dua Indonesia tersebut adalah Kawasaki Ninja ZX-25R, motor sport 250cc yang sempat tertunda peluncurannya karena Pandemi Covid-19.

Hal yang benar-benar baru dan dikagumi oleh para pengamat roda dua adalah mesin 250 cc 4-silinder, itu unik karena cc nya tergolong kecil untuk motor 4-silinder. Hasilnya adalah getaran mesin yang halus, namun suaranya melengking berkat rpm belasan ribu yang mudah dicapai.

Mesin ini menghasilkan 50 ps pada 15.5oo rpm dan torsi 22,9 Nm pada 14.500 rpm. Tenaganya bisa bertambah 1 ps jadi 51 ps jika berakselerasi di atas 15.500 rpm, berkat lubang udara di bagian depan yang menambah asupan oksigen ke ruang bakar.

Harga Kawasaki Ninja ZX-25R 2021
Harga Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 – Tipe ABS SE

Ninja ZX-25R untuk pasar Indonesia ini disediakan dalam 2 pilihan varian, yaitu tipe ABS SE sebagai tipe tertinggi dan tipe standar. Kedua varian tersebut berselisih harga Rp 16,9 juta, dengan perbedaan pada beberapa fitur. Berikut rincian perbedaan tipe Kawasaki Ninja ZX-25R tipe Standar vs ABS SE:

1. Harga

Ninja ZX-25R tipe ABS SE dibanderol Rp 112,9 Juta sebagai versi termahal dengan fitur terlengkap, sedangkan varian Standar dibanderol Rp 96 Juta. Dengan selisih hampir Rp 17 juta tersebut, tentu perlu kita ketahui apa saja kelebihan tipe ABS SE sehingga layak dipinang walau harus mengeluarkan uang lebih.

 

2. Pilihan Warna

Ninja ZX-25R tipe Standar hanya disediakan satu warna, yaitu Metallic Spark Black yang hitamnya terlihat bagus berkilau, apalagi di siang hari.

Sedangkan, tipe ABS SE disediakan dalam tiga pilihan warna, yaitu:

  • Lime Green/Ebony: warna hijau khas Kawasaki dengan frame hitam.
  • Metallic Spark Black/Pearl Flatdust White: Kombinasi Hitam Metalik dan putih, dengan frame merah.
  • Candy Plasma Blue/Metallic Spark Blue: Biru dengan frame silver.

 

3. Rem ABS

Sesuai namanya, tipe ABS SE memiliki fitur rem ABS, sedangkan tipe standar tidak disediakan fitur Anti-lock Braking System tersebut. Cukup disayangkan sebenarnya motor seharga Rp 96 juta tidak dilengkapi fitur ABS. Alangkah lebih baik fitur tersebut tetap ada, dan varian tertinggi diberi nama SE saja.

 

4. Fitur Kawasaki Quick Shifter (KQS)

Selain rem ABS, fitur canggih yang paling banyak memberi perbedaan harga sepertinya adalah Quick Shipter ini. Kawasaki Quick Shifter (KQS) adalah fitur yang berfungsi secara elektronik untuk membantu pengendara mengganti posisi gigi tanpa harus menarik tuas kopling. Fitur KQS ini berfungsi pada putaran mesin di atas 2.500 rpm, baik untuk menaikkan atau upshift, maupun untuk menurunkan atau downshift posisi gigi transmisi.

 

5. Aksesoris

Beberapa aksesoris juga menjadi pembeda tipe standar dari tipe tertinggi. Beberapa aksesoris tersebut memiliki fungsi cukup signifikan. Namun sepertinya bisa dibeli sebagai produk aftermarket untuk ditambahkan pada tipe standar. Berikut aksesoris yang tidak ada pada tipe standar, tapi ada pada tipe ABS SE.

Smoke Wind Shield – pada tipe ABS, wind shield-nya berwarna kehitam-hitaman, sedangkan pada tipe standar seperti kaca bening biasa yang clear.

Frame Slider – pelindung bodi disediakan pada tipe ABS SE, sehingga jika motor terjatuh, cukup bisa melindungi bodi. Tapi pada tipe standar, jika terjatuh kemungkinan bodi samping bisa ringsek.

Seat Cover – Tipe ABS diberi aksesoris Single Seat Cover, jika hanya ingin berkendara sendiri. Sedangkan tipe Standar tidak memiliki aksesoris tersebut.

Kawasaki Ninja ZX-25R tipe Standar
Kawasaki Ninja ZX-25R tipe Standar

 

6. Sticker dan Tape

Sticker di tanki pada tipe Standar bertuliskan ‘Ninja‘, sedangkan pada tipe ABS tulisannya adalah ‘Kawasaki‘. Kemudian tulisan ZX-25R pada tipe Standar terlihat lebih simple dan kecil, sedangkan pada tipe ABS lebih besar dan bolt.

Tape di sekeliling velg roda hanya ada untuk tipe ABS, pada varian berwana hijau tape tersebut juga berwarna hijau, sedangkan warna lain berwarna putih. Pada velg tipe Standar terlihat polos hitam tanpa list tape tersebut.

Baca juga: Daftar Harga Semua Lineup Motor Kawasaki di Indonesia

Itulah perbedaan tipe Kawasaki Ninja ZX-25R termahal dan varian standar. Semoga informasi ini berguna bagi sobat yang sedang menimbang-nimbang untuk membeli tipe apa. Kami sarankan sebaiknya beli tipe ABS saja, karena kelebihan fitur-fiturnya cukup worthed dengan perbedaan harga yang tidak signifikan untuk ukuran kantong pembeli motor mahal. Lagi pula, ini adalah motor yang kencang, sehingga keberadaan fitur ABS sangat penting untuk keselamatan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar