Suzuki ACross SUV - Berbasis Toyota RAV4

Suzuki ACross, SUV Hasil Kolaborasi Berbasis Toyota RAV4

Berita SUV Suzuki

CaruserMagz.comKolaborasi antar pabrikan otomotif untuk membangun mobil dengan berbagi teknologi sedang menjadi tren di kalangan pabrikan CarMaker. Tak ketinggalan raksasa otomotif Jepang, Toyota yang telah berkolaborasi dengan Suzuki dengan membuat beberapa mobil rebadge, misalnya di India telah ada Baleno berlencana Toyota dengan nama Glanza. Kini giliran Suzuki membuat SUV berbasis teknologi dan platform Toyota, dengan mobil SUV barunya yang bernama Suzuki ACross.

Suzuki ACross adalah medium SUV berbasis Toyota RAV4 yang berada satu kelas di atas Vitara. Dengan demikian, ACross akan menjadi SUV terbesar di jajaran line-up Suzuki saat ini. Nama ACross sendiri mengambil moniker dari nama SCross yang merupakan Compact SUV global Suzuki.

SUV kembaran RAV4 ini dibangun langsung dan dipasok oleh Toyota untuk Suzuki di bawah perjanjian bisnis kolaboratif antara kedua pabrikan mobil Jepang tersebut. Suzuki ACross berbagi pondasi dan sebagian besar panel bodi dengan Toyota RAV4 yang merupakan SUV global yang sangat laris di pasar global.

 

Desain Eksterior

Dalam hal desain, ACross akan lebih dekat dengan Toyota Corolla Cross yang baru akan diluncurkan, model SUV compact yang banyak disebut Baby-RAV4 berkat kemiripannya, atau bisa juga disebut sebagai RAV4 versi murah.

Tampang depan Suzuki ACross vs Toyota RAV4
Tampang depan ACross vs RAV4

Tampang ACross terlihat lebih soft dibanding Toyota RAV4 yang garang mengintimidasi. Semua bafian terlihat berbeda, baik desain lampu, grill, bumper dan fog lamp housing.

 

Dimensi ACross

Dimensi Suzuki ACross mirip dengan RAV4, yaitu Panjang 4.635mm, lebar 1.855mm, tinggi 1.690mm, dan memiliki wheelbase sepanjang 2.690mm. SUV ini berkonfigurasi kabin 5-seater dengan kapasitas bagasi 490 liter.

 

Interior

Interior ACross juga banyak mengambil basis desain Toyota RAV4, beberapa perubahan kecil dilakukan untuk membedakannya. Sistem infotainment adalah head unit layar sentuh 9-inci yang telah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, disamping fitur-fitur lainnya. Itu adalah salah satu HU dengan monitor terbesar di jajaran mobil Suzuki.

Interior Suzuki ACross - Sangat mirip dengan Toyota RAV4
Interior ACross – Sangat mirip dengan Toyota RAV4

Sulit membedakan penampakan interior ACross dari Toyota RAV4. Kita nyaris melihat hal yang sama ala kembaran Avanza vs Xenia di Indonesia. Perbedaan yang nampak hanya pada logo Suzuki di tengah palang setir dan motif pembalut kursinya yang memiliki list hitam-merah pada tengan kursi dan jahitan merah pada jok kulitnya.

 

Mesin

Dapurpacu ACross diambil dari RAV4, yaitu mesin elektrifikasi dari RAV4 Plug-in Hybrid terbaru. Powertrain tersebut terdiri dari mesin bensin 2.5-liter dengan output 175 tenaga kuda, yang dikawinkan dengan sepasang motor listrik bertenaga 182hp/270Nm di roda depan dan motor listrik 54hp/121Nm di roda belakang. Dikabarkan oleh Autocar bahwa dengan konfigurasi tersebut menghasilkan top-speed 180 km/jam saja.

Output besaran tenaga dan performa dari gabungan semua powertrain belum diumumkan. Namun pada RAV4, sistem tersebut menghasilkan lebih dari 300 daya kuda. Sehingga ACross berpotensi menjadi SUV terkuat Suzuki dengan konsumsi bahan bakar yang sangat hemat.

Dikabarkan akan tersedia varian All-Wheel Drive (AWD) yang berasal dari sistem penggerak 4×4 elektronik E-Four milik Suzuki. SUV ini akan memiliki 4-mode mengemudi, yaitu mode EV untuk pengendaraan dengan powertrain listrik murni, mode Auto EV/HV yang memungkinkan mesin bensin untuk sesekali meningkatkan daya, dan mode HV yang menggunakan motor bensin secara eksklusif sekaligus pengisi daya baterai.

Baterai diletakkan di bawah lantai dengan kapasitas 18.1 kWh. Berkaca dari kemampuan Toyota RAV4, dengan baterai terisi penuh, ACross diharapkan mampu menempuh jarak 75 km dengan kecepatan maksimum hingga 135 km/jam dengan mode berkendara EV yang hanya menggunakan daya listrik.

 

Fitur keselamatan Standar

ACross akan menyasar pasar Eropa sebagai spot debut globalnya, sehingga wajar SUV ini dijejali fitur-fitur canggih terkait keselamatan. Antara lain fungsi-fungsi driving assist seperti seperti Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA) dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) yang menggunakan radar gelombang milimeter dan kamera monokuler.

 

Kapan Suzuki ACross Resmi Diluncurkan?

Belum ada kabar lebih lanjut mengenai tanggal pasti peluncuran SUV mewah baru ini. Namun disebutkan dalam hitungan beberapa bulan ke depan.

Kita mungkin mengetahui Toyota dan Suzuki banyak berkolaborasi di India, dimana Toyota me-rebadge mobil-mobil Maruti Suzuki. Namun kasus ACross vs RAV4 ini berkebalikan dari kolaborasi Toyota-Suzuki di India, karena Suzuki yang merebadge mobil Toyota.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar