Toyota C-HR Indonesia – Review Lengkap: Spesifikasi, Mesin, Fitur, Harga, Desain

CaruserMagz.com – Kabar kehadiran Toyota C-HR Indonesia cukup heboh di jagat dunia maya, karena Compact SUV Toyota ini sangat dinanti-nantikan peminatnya. Bagaimana tidak, SUV ini terlihat benar-benar cantik dan keluar dari mainstream desain Toyota yang banyak diberikan stereotype sebagai desain yang membosankan.

 
Selasa 10 April 2018, Crossover yang nampak seperti exotic car tersebut akhirnya resmi diluncurkan untuk Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) memilih Hall Empirica, SCBD, Senayan, Jakarta sebagai venue prosesi buka tudung Toyota CH-R Indonesia.

 
Peluncuran ini 10 hari lebih awal dari ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Toyota C-HR akan dipamerkan sekaligus bisa langsung dipesan di IIMS 2018. Kami menduga C-HR akan menjadi primadona yang memukau pengunjung ajang otomotif terbesar di Indonesia tersebut.

 
Mari kita bahas lebih detail mengenai Toyota C-HR Indonesia yang dijual sebagai CBU Thailand ini.

 

Definisi Nama C-HR

Ada dua kepanjangan dari singkatan C-HR, yang pertama adalah “Compact High Rider” yang artinya kuang lebih adalah Crossover Compact dengan karakter berkendara khas yang membedakannya dari Crossover lainnya.

 
“Toyota C-HR merupakan mobil kompak yang terlihat dari desain mobil yang simpel namun berkarakter,” jelas Bansar Maduma, Product General Manager CBU and Commercial PT Toyota Astra Motor (TAM) saat peluncuran C-HR. “Kami ingin menyuguhkan postur berkendara yang beda dan jadi ciri khas Toyota C-HR dibandingkan dengan mobil crossover lainnya,” tambahnya.

 
Pada website Toyota-Global, kepanjangan lain dari C-HR ditulis dengan istilah “Cross Hatch Runabout” yang menjelaskan bahwa mobil ini sebenarnya adalah hatchback dengan tampilan Crossover.

 
Beberapa media luar negeri menyebutnya sebagai Jacket-up hatchback, artinya hatchback yang didandani ala SUV dan coupe. Tag line yang diusung Toyota C-HR adalah “Power Your Perception”. Sedangkan di Indonesia tagline nya adalah “The car that against strereotype”

 

Toyota C-HR Indonesia - Tag line
Toyota C-HR Indonesia – Definisi C-HR dan Tag Line

 

Desain

Eksterior

Jika kami selama ini termasuk yang tidak menyukai desain eksterior Toyota untuk mobil-mobil lainnya, maka terus terang Toyota C-HR adalah hal yang berbeda. It’s outstanding! it’s a good looking car. C-HR terlihat sangat aerodinamis, cantik sekaligus ganteng.. cakep pisan!

 
Tampilan luar C-HR sedap dipandang dari semua sisi, terlihat kekar berotot, modern dan lebih berkesan SportCar dibanding sekedar Crossover. Kesan Sportcar berasal dari gen coupe berkat handel pintu belakang yang dikamuflasekan di dekat pilar-C, sehingga seolah-olah tidak ada pintu baris kedua.

 
Desain wajahnya garang mengintimidasi, namun terlihat elegan berkat tidak banyaknya garis-garis yang rumit seperti pada mobil-mobil Honda dan Mitsubishi terkini. Desain velg dual-tone nya juga sangat gagah, sayangnya yang diperkenalkan pada peluncuran hanya memiliki velg single tone dengan desain yang kurang atraktif.

 
Bagian belakang tidak kalah menarik, desain lampu belakang dan lengkungan pintu bagasi yang sporty seolah ekor pesawat jet yang bisa menyemburkan tenaga besar. Hal yang sangat kami sukai adalah penampakan sampingnya dan muscle pada fender di atas roda, terlihat seperti sportcar yang sangat bertenaga.

 

Interior

Lets look more in detail about the interior. Secara keseluruhan, desain kabin dan kualitas bahan interior Toyota C-HR setingkat lebih baik dari umumnya mobil Toyota yang berharga di bawah 1 Milyar Rupiah.

 
Toyota memberikan aura kemewahan pada SUV compact ini dengan bentuk berlian pada berbagai sisi interiornya, yaitu bentuk segi empat ketupat yang tersebar di doortrim, dashboard, head unit, center cluster, lingkar setir, kursi dan lain sebagainya. Hal tersebut menunjukkan Toyota ingin memberikan prestise tersendiri bagi pemilik mobil ini.

 

Toyota C-HR Indonesia - Interior
Toyota C-HR Indonesia – Interior

Desain dashboard Toyota C-HR menganut format asimetris dan berfokus pada pengemudi (driver-oriented). Hal itu sesuai dengan peruntukan konsumen mobil ini, yaitu bagi mereka yang senang menyetir sendiri. Hal itu terlihat dari center cluster yang lebih mengarah pada pengemudi, arm rest di konsol tengah yang lebih panjang di area pengemudi.

 
Bentuk kursi memberi kesan lebih mewah, tebal dan empuk, sebelumnya ini tak lazim pada mobil Toyota dengan harga 500 jutaan, melainkan pada mobil-mobil Eropa atau Korea seperti Hyundai dan KIA. Bahan plastik interior juga merupakan plastik dengan permukaan soft touch. Kelegaan kabin dapat dikatakan tidak berlimpah, karena sekali lagi mobil ini lebih berfokus pada kabin depan, sehingga kabin belakang akan lebih cocok ditempati dua orang saja.

 

Harga

Pertanyaan utama yang akan ditanyakan banyak orang adalah berapa harga Toyota C-HR ini? tentu kita berharap harganya tidak overlap dengan segmen di bawah maupun di atasnya. Mengingat compact SUV yang sudah ada di pasaran berada pada level Rp 300 hingga 400 Jutaan, tentu calon konsumen akan berharap akan berada pada level itu.

 
Namun mungkin inilah kabar yang kurang sedap bagi peminat mobil Toyota yang cakep pisan ini. Ternyata desain yang ciamik, fitur canggih dan brand value Toyota membuat harga C-HR sudah selevel dengan Toyota Fortuner.

 
Berikut daftar harga Toyota C-HR yang hanya dibedakan oleh pilihan kombinasi warna, sedangkan spesifikasi dan varian mesin serta transmisi tidak ada beda:

Toyota C-HR Single Tone  : Rp 488.500.000
Toyota C-HR Two Tone     : Rp 490.000.000

 
Harga tersebut akan bersaing dengan honda HR-V Prestige CVT yang merupakan tipe tertinggi. Secara nominal HR-V Prestige lebih murah Rp 7 Juta dibanding Toyota C-HR Single Tone.

 

Target Konsumen

Toyota C-HR bukanlah mobil untuk konsumen yang mengukur level kendaraannya berdasarkan segmen atau banyaknya akomodasi tempat duduk, tapi lebih kepada mereka yang selama ini lebih cenderung pada tampilan desain yang stylist dan unik, tak peduli seberapa mahal harganya.

 
“Segmen konsumen yang dituju adalah orang-orang yang suka berkendara sendiri dan ingin tampil berbeda, seperti eksekutif muda, pebisnis muda yang sangat suka menyetir sendiri,” jelas Bansar Maduma, Product General Manager CBU and Commercial TAM.

 
Kami bisa bilang, ini adalah mobil yang sesuai dengan selera kami sebagai orang muda yang sangat menikmati menyetir sendiri dalam kendaraan yang stylis dan bertenaga, sayangnya kami bukan eksekutif atau pebisnis yang punya kantong tebal untuk membeli mobil ini sekedar untuk kesenangan semata.

 
Namun kami bisa memasukkan C-HR dalam salah satu mobil pavorit walau brand-nya Toyota, yang sebelumnya tak satupun mobil Toyota yang masuk daftar mobil yang kami sukai.

 
Maka bandingan Toyota C-HR bukanlah mobil pada level compact SUV terlaris seperti Honda HR-V atau segmen yang lebih besar seperti Fortuner atau Pajero Sport. Tapi lebih kepada mobil mewah seperti Honda CR-Z, Honda Civic Turbo, Mazda CX-3 dan lain sebagainya, bahkan hingga Mercedes GLA200.

 
Untuk segmen konsumen penggemar mobil mewah, harga Rp 500 Jutaan tentu masih terasa murah. Pertanyaannya, apakah benar C-HR sudah layak disejajarkan dengan segmen tersebut.

 
If you wanna have an exotic toyota’s car, then put it in your mind deeply, “IT’S NOT CHEAP”! bahkan yang seharusnya murah pun bisa dijual mahal jika itu mobil Toyota!

 

Spesifikasi

Berikut detail spesifikasi Toyota C-HR terkait dimensi dan kapasitasnya:

Panjang  :  4.360 mm
Lebar :  1.795 mm
Tinggi : 1.565 mm
Wheel base :  2.640 mm
Ground Clearance : 154 mm
Radius Putar : 5,2 meter
Jarak Pijak Roda Depan : 1.550 mm
Jarak Pijak Roda Belakang : 1.570 mm
Kapasitas Bagasi : 377 Liter
Kapasitas tanki : 50 Liter
Ukuran Velg dan Roda : 215/60 – R17 (lebar ban 215mm, tebal ban 60%: 129mm, diameter velg: 17 inci)

 
Dari data spesifikasi tersebut terlihat bahwa Toyota C-HR memang lebih dekat pada hatchback ketimbang SUV. Hal itu terlihat dari ground clearance yang hanya 15,4 cm dan tinggi keseluruhan 1,55 meter yang tergolong landai.

 
Kapasitas bagasi dapat dikatakan generous untuk ukuran mobil orang yang suka menyetir sendiri. Apalagi jika kursi belakang dilipat, bisa membawa barang untuk keperluan camping.

 
Kapasitas tanki yang lumayan banyak memungkinkan jarak tempuh yang jauh. Apalagi dengan body-nya yang compact dan tenaga yang besar, kemungkinan konsumsi bbm mobil ini akan cukup hemat.

 

Mesin dan Komsumsi BBM

Toyota C-HR Indonesia hanya memiliki satu varian mesin, yaitu mesin berteknologi DOHC – VVTi berkode 2ZR-FBE berkapasitas 1.8-liter atau lebih tepatnya 1.798cc, 4-Silinder. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan adalah 141 PS (139 HP) dan torsi puncak 170,6 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi 7-Speed CVT Sequential Shiftmatic (Continuously Variable Transmission), sehingga peningkatan tenaga akan terasa halus.

Berikut spesifikasi detail mesin Toyota C-HR Indonesia:

Kode Mesin : 2ZR-FBE
Tipe Mesin : In-line 4 Cylinders, 16 valve DOHC with VVT-i (intake)
Volume Silinder : 1.798 cc (1.8L)
Diameter X Langkah : 80.5 x 88.3 mm
Tenaga Maksimum  : 141 PS / 6,400 rpm
Torsi Maksimum : 17.4 kgm (170,6 Nm)/ 4,000 rpm
Fuel System : Fuel Injection
Bahan Bakar : Gasoline (Bensin)
Kapasitas Tangki bbm : 50 Liter
Power Steering : Power Assisted Steering Rack & Pinion

 

Konsumsi bbm Toyota C-HR

Hasil test media luar negeri untuk C-HR bernesin 1.8L ini adalah sebagai berikut:

Dalam Kota: 8,7 L/100 km = 11,5 km/liter
Jalan Toll : 7,5 L/100 km = 13,3 km/liter
Kombinasi : 8,2 L/100 km = 12,2 km/liter

Untuk test oleh media di Indonesia, akan kami update selanjutnya.

 
Sayangnya hanya ada satu varian mesin C-HR yang dihadirkan di Indonesia. Padahal di beberapa negara lain, ada C-HR yang diberi mesin 1.200cc Turbo dengan tenaga 122 HP, dan ada juga varian 1.8 Hybrid yang punya keunggulan dalam hal konsumsi bbm yang sangat irit, yaitu hingga 25 km/liter.

 
Henri Tanoto selaku Wakil Presiden Direktur PT TAM mengatakan tidak menutup kemungkinan C-HR 1.8 Hyibrid juga akan mereka hadirkan di Indonesia. Tapi dia belum mengatakan kapan waktunya. Semoga varian 1.2 Turbo juga hadir karena tentu akan sangat menarik bagi pecinta Turbo.

 

Fitur

Toyota kembali memberikan kejutan untuk standar fitur keselamatan mobil di Indonesia. Kemungkinan hal inilah yang melambungkan harga Toyota C-HR hingga jauh lebih mahal dari kompetitor pada segmen yang sama.

 

Toyota C-HR Airbags
Fitur Keselamaan Toyota C-HR Lengkap – Airbags

 

Fitur Keselamatan

Berikut daftar fitur safety pada Toyota C-HR Indonesia:

7 SRS Airbags: 2 di dashboard, 2 di kursi depan, 1 knee airbag untuk pengemudi dan 2 curtain airbags di sepanjang kaca samping.
Anti-Lock Braking System (ABS)
Electronic Brake-force Distribution (EBD)
Braking Assist (BA)
Vehicle Stability Control (VSC)
Hill Assist Control (HAC)
Traction Control
Auto Brake Hold
Impact Absorbing Structure
Blind Spot Monitor
Rear Cross Traffic Alert
ISOFIX
Seat belt 3-titik untuk semua kursi

 

Fitur Interior dan Hiburan

Interior Toyota C-HR terasa mewah dengan berbagai fitur yang advanced. antara lain Dual Zone Air Conditioner (AC) dengan display layar digital, layar MID TFT 4,5 inci, G-Force Indicator, sistem infotainment berupa monitor layar sentuh 7-inci dengan fungsi DVD, Bluetooth, USB, AUX, Weblink Application, smartphone mirroring.

 

Fitur Eksterior

Pada bagian luar, beberapa hal membuat Toyota C-HR unik dan sangat menarik. Antara lain head lamp dengan projector meskipun bukan LED Projector, LED positioning lamp pada bagian bawah head lamp, Retractable door mirror, welcome light pada spion, rear spoiler yang sangat sporty dilengkapi high mount stop lamp dan shark fin antenna.

 
Ada juga rear view cammera dan sensor parkir, Lampu belakang dengan bentuk huruf C yang cantik, Speed look pada keseluruhan desain samping. Sayangnya belum ada aksesoris muffler pada exhaust kenalpot, kemungkinan akan dijual terpisah sebagai aksesoris aftermarket.

 

Fitur Pengendalian

Fitur yang tak kalah menarik antara lain ada Cruise control yang memungkinkan mengemudi dengan kecepatan stabil di jalan toll tanpa harus menginjak pedal gas, Pilihan mode berkendara eco, sport dan normal serta transmisi shiftmatic yang memungkinkan memilih besaran torsi sesuai keinginan saat ingin melaju kencang.

 

Kepraktisan

Keprakisan di ruang kabin Toyota C-HR memang tidak bisa dibilang berlimpah, namun sudah sangat memadai. Apalagi mobil ini diperuntukkan bagi mereka yang lebih menikmati mengemudi. Ruang penyimpanan yang disediakan antara lain: Door pocket pada masing-masing pintu depan, cupholder pada setiap door trim, space penyimpanan pada konsol tengah dan glove-box.

 

Pilihan Warna

Toyota C-HR Indonesia disediakan dengan 5 pilihan warna, yaitu Putih, Silver, Hitam, Biru Metalik dan merah Mica. Pilihan kombinasi warna dual-tone menyebabkan perbedaan harga sebesar Rp. 1,5 Juta.

 
Baca juga: Toyota C-HR ini Dimodifikasi jadi SuperCar, Tenaganya hingga 600 hp

 
Demikianlah semua hal terkait Toyota C-HR Indonesia yang mungkin sobat perlu tahu sebelum meminang mobil cantik ini sebagai kendaraan kesayangan sobat. Semoga informasi yang kami sediakan ini bermamfaat bagi sobat. Silahkan sampaikan pendapat atau informasi tambahan sobat pada kolom komentar.

Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar