Plastik Ganjal Pecah di kolong kabin Pengemudi Kia Picanto

Temukan Plastik Kuning Pecah di Kolong Kaki Pengemudi Kia Picanto, Ini Masalah yang Bisa Terjadi dan Solusinya

HATCHBACK KIA Tips

CaruserMagz.com – Banyak pengguna Kia All New Picanto tiba-tiba menemukan plastik kuning pecah berbentuk bulat pipih di kolong kaki pengemudi, seperti pada foto di atas. Mungkin awalnya sebagian menganggap remeh dan membuang plastik tersebut tanpa mempedulikannya.

Hingga mengalami masalah tertentu yang membuat beberapa fitur mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ya, plastik bulat berwarna kuning tersebut memang terlihat tidak penting, karena bahannya yang nampak rapuh, sehingga wajar kita mengira memang tidak penting.

Tapi ternyata fungsinya tidak bisa dianggap remeh. Setiap unit dari plastik mungil tersebut ternyata memiliki fungsi yang penting, sehingga jika ia pecah dan rontok, maka siap-siap saja mengalami beberapa masalah pada mobil. Berikut daftar masalah yang bisa dialami pengguna Kia All New Picanto, jika menemukan benda kuning tersebut pecah di kolong kaki pengemudi.

Plastik Kuning Pecah di kolong Pengemudi Kia All New Picanto
Plastik Kuning Pecah di kolong Pengemudi Kia All New Picanto

Masalah yang Diakibatkan Plastik Kuning Pecah di Pedal Kopling dan Rem

1. Petunjuk Saran Posisi Gigi Transmisi di Cluster Meter Menghilang

Pada varian transmisi manual, Kia All New Picanto punya fungsi saran posisi gigi yang pas untuk pengendaraan hemat bahan bakar pada mode mengemudi ECO. Fungsi tersebut salah satunya dilakukan oleh tuas switch pada pedal kopling yang akan ditekan oleh benda plastik kuning secara terus menerus saat pedal kopling tidak diaktifkan.

Jika plastik kuning tersebut pecah, maka switch akan rilis sehingga fungsi saran posisi gigi transmisi akan menghilang. Bagi yang tidak mengetahui sumber masalah hilangnya saran posisi gigi itu berasal dari hilangnya plastik penekan switch di pedak kopling, mungkin akan kebingungan dan berfikir terlalu rumit hingga menganggap ada masalah di sistem ECU.

Beberapa tuas switch di pedak kopling dan rem Kia All New Picanto
Beberapa tuas switch di pedal kopling dan rem Kia All New Picanto

2. Terdengar Suara Logam Berdetak saat Menekan Pedal Kopling

Salah satu plastik kuning tersebut berfungsi menghalangi kontak langsung antara logam terbawah dari pedal kopling dengan logam di body mobil. Sehingga jika plastik ganjal itu pecah, akan terdengar suara logam beradu setiap pedal kopling di tekan. Sebaiknya kondisi ini jangan dibiarkan lama, karena akan menggerus logam jika terus menerus beradu dengan keras.

3. Mobil Tidak Bisa Distart

Ini adalah masalah yang paling berat yang mungkin terjadi jika sobat pemilik mobil menemukan plastik kuning pengganjal pecah di kolong kaki kabin pengemudi. Karena salah satu plastik kuning di pedal kopling tersebut berfungsi menekan switch untuk menghidupkan mobil, itulah mengapa untuk menghidupkan mobil Kia bertransmisi manual, harus menekan pedal kopling.

4. Lampu Rem Mobil Menyala Terus-menerus

Jika sobat mendapati lampu rem di belakang mobil menyala terus-menerus, walau rem tidak ditekan dan bahkan mobil telah dimatikan, maka ceklah kolong kaki kabin pengemudi. Jika sobat menemukan plastik kuning bulat kecil yang telah pecah berkeping-keping, maka itulah biang masalahnya.

Itu terjadi karena switch yang mengemban fungsi lampu rem ada di pedal rem, yang ditekan secara terus menerus oleh plastik pengganjal saat rem tidak ditekan. Jika rem ditekan, tuas switch lampu rem akan rilis, yang berarti lampu rem akan menyala. Jika rem dilepas, maka switch akan kembali tertekan oleh plastik pengganjalnya dan lampu rem akan mati kembali.

Jika hal ini terjadi saat Sobat dalam perjalanan, ada potensi yang sangat membahayakan, yaitu pengemudi mobil lain di belakang tidak akan mengetahui jika Sobat mengerem, karena lampu rem selalu hidup. Ini juga bisa membuat baterai tekor jika tidak terdeteksi dalam waktu lama. Maka perlu diperbaiki sesegera mungkin.

Solusi Perbaikan

Untuk memperbaiki masalah-masalah tersebut, cukup periksa pedal yang mana yang kehilangan pengganjal plastik kuning tersebut. Sebagai informasi, pedal kopling memiliki 4 pengganjal, pedal rem ada 1, sedangkan pedal gas atau throttle tidak memiliki plastik kuning pengganjal tersebut. Di pedal kopling, ada 2 plastik kuning yang berfungsi menekan switch, dan ada yang berfungsi menahan benturan logam saja.

Solusi paling bagus tentu dengan mengganti dengan spare part aslinya di bengkel resmi. Namun kebanyakan spare part tersebut dianggap slow moving, sehingga stok nya sering tidak tersedia dan harus dipesan secara inden, yang berarti kita harus menunggu lama. Alangkah konyolnya jika hanya karena plastik kecil itu, mobil kita tidak bisa digunakan.

Sehingga sebaiknya diambil solusi cepat dengan memperbaiki secara mandiri menggunakan bahan pengganti. Saran kami, gantilah pengganjal tersebut dengan karet apapun yang agak keras, misalnya dengan karet yang biasanya digunakan sebagai mud-guard atau sering disebut kepet untuk menahan percikan lumpur yang diletakkan di bagian belakang roda.

Bahan yang dibutuhkan antara lain adalah:

  • karet kepet dengan ketebalan 4 atau 5 mm
  • Gunting atau pisau cuter
  • Pensil / Pena
  • Amplas
  • Lem Plastik dan besi atau bisa diganti double-tip hitam.

Cara mengganti Plastik Pengganjal di pedal kopling / rem

  • Ukurlah lingkaran plastik kuning pengganjal di karet kepet dengan cara menggaris pinggiran plastik yang telah pecah di karet kepet.
  • Kemudian guting atau potong karet kepet dengan pisau cuter agar didapat diameter lingkaran yang sama dengan plastik pengganjal.
  • Amplas permukaan karet yang akan ditempel ke besi di bagian pedal mobil.
  • Olesi karet yang sudah berbentuk bundar dengan lem besi, atau tempel dengan double tips hitam yang kuat.
  • Tempelkan kepet tersebut di posisi pengganjal yang telah pecah. Tunggu beberapa saat sampai lem benar-benar merekatkan pengganjal baru tersebut.
  • Cek fungsi fitur yang sebelumnya bermasalah, apakah sudah kembali normal atau belum.
Ganjal plastik kuning yang telah diganti karet pada pedal kopling
Ganjal plastik kuning yang telah diganti karet pada pedal kopling

Baca juga:
Tips-tips yang Peting Diketahui Pemiliki Kia All New Picanto
Kelebihan dan Kekurangan Kia Picanto Generasi-3

Demikianlah tips Do-It-Yourself (DIY) untuk masalah-masalah pada mobil Kia All New Picanto yang disebabkan oleh beberapa ganjal plastik berwarna kuning di pedal kopling dan rem. Biasanya plastik itu mulai ditemukan pecah pada pemakaian sekitar 3 hingga 4 tahun, atau setelah jarak tempuh sekitar 40.000 km.

Semoga informasi ini bermamfaat bagi Sobat pemilik Kia All New Picanto, atau mobil lainnya yang memiliki part yang mirip. Sampaikan pada kolom komentar jika Sobat punya pengalaman mengenai topik ini.

Salam Otomotif!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

2 thoughts on “Temukan Plastik Kuning Pecah di Kolong Kaki Pengemudi Kia Picanto, Ini Masalah yang Bisa Terjadi dan Solusinya

    1. hahaha.. kami juga mengalaminya. Saat “saran posisi tranmisi” menghilang, teknisi bengkel resmi Kia terlalu rumit mendiagnosa masalah, hingga dia cek sistem komputerisasi mobil. Dia nyerah, karena tidak menemukan sumber masalah. Setelah kami cek sendiri di pedal kopling, ada 2 ganjal plastik tersebut yang sudah hancur.

Tulis Komentar