Tips Berkendara Irit BBM, Saat Harga Pertalite dan Solar Meroket

Mengetahui posisi lubang tanki bbm dari dalam mobil

CaruserMagz.comTips Berkendara Irit BBM – Harga BBM terus naik meroket menjulang tinggi, baik BBM bersubsidi, apalagi BBM non-subsidi. Hal ini menjadi kondisi yang memusingkan para pengguna kendaraan, khususnya bagi mereka yang mencari nafkah pada bidang yang berkaitan dengan kendaraan.

Meskipun kenaikan BBM bersubsidi masih ditunda Pemerintah pada 1 September 2022, namun teindikasi kuat, rencana itu tidak akan dibatalkan mengingat situasi ekonomi global yang tidak menentu.

Sehingga mengharapkan harga BBM tidak naik adalah hal yang sepertinya kecil kemungkinan terwujud. Maka jalan lain yang bisa ditempuh adalah mensiasati konsumsi BBM seefisien mungkin pada kendaraan kita masing-masing.

Untuk membantu Sobat Car Users agar bisa berkendara dengan konsumsi BBM sehemat mungkin, berikut kamu rangkumkan tips-tips berkendara irit BBM dari beberapa artikel yang kami tulis sebelumnya:

Tips hemat bbm mobil
Tips hemat bbm mobil

Tips Hemat BBM Saat Berkendara

  • Berkendara dengan kecepatan stabil – usahakan berkendara dengan kecepatan sekitar 90 km/jam di jalan tol atau jalanan lurus yang lengang.
  • Hindari Rem Mendadak – Jaga jarak aman dan mamfaatkan engine brake saat butuh mengurangi kecepatan kendaraan.
  • Jangan Agresif – Hindari akselerasi spontan dan berkendara secara zig-zag. Karena itu membuat BBM banyak terbuang percuma.
  • Matikan AC saat cuaca dingin – Jika cuaca mendukung dan berkendara di lingkungan dengan udara bersih, sebaiknya matikan AC apalagi jika berkendara di kecepatan rendah.
  • Gunakan mode berkendara ECO – maksimalkan fitur ECO driving pada mobil, sehingga mendapat konsumsi BBM yang paling efisien.
  • Hindari jalan yang rusak – Jalanan berlubang menyebabkan banyak BBM terbuang percuma, maka sebisa mungkin hindari jalan yang rusak, bergelombang atau kasar.
  • Kurangi perjalanan yang tidak perlu/peting – Jika sudah terlalu sering berkendara untuk setiap aktifitas di luar rumah, mungkin perlu dipilah-pilah, mana perjalanan yang sebenarnya tidak penting, atau bisa diganti dengan menggunakan angkutan umum yang lebih murah.
Kecepatan Mengemudi Ideal untuk Hemat BBM
Kecepatan Mengemudi Ideal untuk Hemat BBM

Tips untuk Kendaraan

Selain cara mengemudi hemat BBM, kondisi mobil juga harus diperhatikan untuk mengurangi konsumsi BBM yang tidak perlu, antara lain sebagai berikut:

  • Turunkan Gaya – Hindari Modifikasi yang menambah bobot kendaraan, karena setiap gram panambahan bobot kendaraan memiliki konsekuensi betambahnya konsumsi BBM.
  • Pilih Mobil Ber-cc kecil – Ini juga bagian dari menurunkan gaya dalam hal penampilan, kurangi menggunakan mobil bermesin atau berbobot besar jika Anda memiliki lebih dari satu mobil. Jika baru akan memilih mobil, maka sebaiknya belilah mobil yang ber-cc kecil.
  • Perhatikan tekanan ban – tekanan ban yang kurang akan menambah beban mesin yang artinya membuat konsumsi BBM jadi lebih boros.
  • Kurangi Bobot Mobil – Semaksimal mungkin keluarkan barang-barang yang tidak perlu dari mobil, seperti perangkat audio mobil di bagasi, tools yang jarang digunakan tapi jadi penghuni bagasi, aksesoris yang tidak penting dan lain sebagainya.
Baca:  Cara Mengetahui Posisi Lubang Tanki BBM Tanpa harus Keluar dari Mobil

Demikian tips berkendara irit BBM di tengah situasi harga minyak yang tidak bersahabat. Bagi yang tidak terbiasa mungkin akan terasa berat, tapi lama-kelamaan berkendara secara efisien bisa menjadi kebiasaan yang baik.

Demikian, semoga bermamfaat bagi Sobat Car Users!

15 Responses

  1. Pur says:

    Terima kasih tipsnya mas, memang bener kadang ngeliat ada barang-barang gak penting jadi penghuni bagasi.

  2. Tips yang bermanfaat banget nih. Apalagi utk kondisi Jakarta yang macet tiap hari.

  3. Shalikah says:

    Makasi remindernya Kak. Yang sering jadi tantangan memang menyetir dengan kecepatan stabil di jalanan. Belum lagi kondisi jalanan secara umum banyak tak terduga. Manuver-manuver mendadak orang lain akhirnya buat kita jadi sering injak rem tiba-tiba.

  4. Poki says:

    Saya hanya bisa menumpang atau melihat saja

  5. Nia says:

    Iya bener sekali kak, yang dicari selama ini ke hematan bbm, terima kasih sangat membantu sekali kak

  6. Jastitah says:

    Waah makasih kak tipsnya. Dulu guru SMA saya pernah ngasih tau sih, salah satu irit bbm itu emang jangan rem mendadak šŸ˜€

  7. Eva says:

    Makasih banyak kak tipsnya. Bermanfaat sekali untuk keadaan sekarang. Semakin naiknya harga BBM membuat kita semakin kritis dan bijak dalam berkendara.

  8. Wenda says:

    Sedih banget BBM tuh naiknya banyak jadi kerasa banget boros sekali kalo bawa mobil, makasih tipsnya kak

  9. Putu Felisia says:

    Terima kasih untuk tips hemat BBM-nya, Pak Yayan. Memang berasa banget kenaikan BBM ini. Harga ojol dan layanan makanan online juga jadi naik šŸ™

  10. lendyagassi says:

    Sangat bermanfaat sekali, kak..
    Mengingat mobilku tahunnya uda lama, jadi BBM beneran kerasa banget borosnya.
    Dan parahnya nih yaa..di Bandung daerah rumahku, Pertalite langka. Jadi mau gak mau isi Pertamax.
    Huhu.. sedih banget.

  11. dodonulis says:

    tips sederhana seperti ini sering luput padahal berguna banget, hal2 kecil efeknya lumayan. tidak mubazir energi juga.

  12. Dwi says:

    Tips yang bermanfaat sekali ini bang, apalagi bagi kami yang berada di ujung negeri ini. harga pertalite enceran saja mencapai 15k/liter

  13. tips ciamik di zaman BBM mahal seperti sekarang. Saya baru tau ternyata rem mendadak selain berbahaya juga boros bahan bakar yaa.

  14. Philip. L says:

    Terima kasih pak Yayan atas edukasinya. Benar sekarang BBM lagi mahal, jadi harus pintar” berhemat.

  15. Tips yang manfaat banget ni. Izin share min.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *