Honda CT125 - Harga 75 Juta

Honda CT125 Diluncurkan, Motor Bebek Retro Berharga Rp 75 Juta

Roda Dua

CaruserMagz.com – PT Astra Honda Motor meluncurkan motor bebek trekking baru bernama Honda CT125 pada Rabu 19 Agustus 2020. Motor berkonsep retro ini diharapkan menjadi ikon bebek trekking legendaris yang tak akan lekang oleh waktu, sebagaimana disampaikan oleh Toshiyuki Inuma selaku Presiden Direktur PT AHM.

Honda CT125 dikembangkan dari konsep motor Super Cub yang ditujukan untuk beragam aktivitas outdoor, namun tetap layak untuk berkendara di perkotaan.

Honda CT125 hadir untuk memperluas kesenangan berkendara, motor yang unik tak hanya di lingkungan perkotaan, tetapi juga untuk berbagai aktivitas outdoor (lainnya),” ujar Inuma-san.

Honda CT125 - Motor Bebek Trekking Buat Kebuners Crazy Rich
Honda CT125 – Motor Bebek Trekking Buat Kebuners Crazy Rich

Konsep motor super cub sendiri pertama kali diwujudkan dalam model produksi sebagai Honda CA100T Trail 50 yang diluncurkan pada tahun 1961. Kemudian Tahun 1964, penerusnya hadir dengan nama Honda CT200 Trail 90, ini adalah model pertama yang menggunakan nama CT.

Motor jenis ini didesain untuk petani yang memiliki lahan luas, atau bagi mereka yang suka berpergian ke pegunungan atau memiliki hobi bekemah dan memancing.

Honda CT125 2020 ini merupakan hasil desain ulang dari konsep motor bebek yang seperti dikawinkan dengan motor trail yang tangguh dan tinggi. Namun kali ini dengan perspektif modern dan dibekali teknologi modern terbaru.

Bebek Trail CT125 dengan tempat duduk tunggal ini dibekali mesin 125 cc, PGM-FI, 4 langkah dan berpendingin udara. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan sebesar 8,7 hp pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 11 Nm pada 4.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 8-speed. Rasio kompresinya 9.3:1 dan spesifikasi bore dan stroke-nya adalah 52.4 x 57.9 mm, mirip dengan Supra-X 125.

Desainnya menunjukkan sisi fungsional untuk berkendara di medan yang beragam. Misalnya dari posisi kenalpot dan intake duct yang tinggi, ground clearance tinggi, bahan yang lebih banyak logam kokoh hingga ke spatbor depan, serta adanya rak untuk membawa barang bawaan berkapasitas 20 kg. Namun kesan retro juga kental dengan kaca spion dan lampu yang bulat, saddle besar dan posisi duduk yang tegak.

Baca: Motor Adventure Bermesin Terbesar di Dunia

Nuansa modern terlihat dari lampu yang serba LED dan panel instrumen digital. Motor berbobot bersih 120 kg ini sudah dibekali fitur rem ABS di roda depannya. Veleg 17-inci dibalut roda semi off-road. Untuk mendukung daya jelajah yang luas, CT125 dibekali tanki bbm sebesar 5,3-liter.

Model CT125 ini dipasarkan secara eksklusif di seluruh jaringan Honda Big Wing dan Wing dealer. Harganya cukup mencengangkan untuk ukuran motor 125 cc, yaitu Rp 75 juta On-the-Road, itu sudah bisa membeli motor sport 250cc.

Dari harganya, setidaknya motor ini diperuntukkan bagi juragan tanah atau juragan pemilik puluhan hingga ratusan hektar kebun. Namun kami kira jika punya ratusan hektar kebun, sebaiknya membeli mobil double-cabin semisal Mitsubishi Triton atau Ford Raptor sekalian.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar