All New Honda Brio 2018 Generasi ke-2 Diluncurkan, Berubah Tampang dan Bokong

CaruserMagz.com – Honda Prospect Motor (HPM) menyempurnakan citycar andalannya dan melakukan Debut Global All-New Honda Brio 2018 generasi ke-2 pada ajang GIIAS, bertempat di ICE-BSD Tangerang, pada 2 Agustus 2018.

 
Honda Brio generasi-2 mendapat ubahan signifikan untuk menjawab ekspektasi konsumen Indonesia dan kritik pecinta otomotif pada Brio generasi pertama.

 
Menurut HPM, mereka telah melakukan riset mengenai keinginan konsumen Indonesia pada Honda Brio, untuk mempertahankan status mobil mungil tersebut sebagai small hatchback terlaris di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir.

 
Kami rasa Honda melakukan perubahan yang tepat dan menjawab kritik utama para pecinta otomotif mengenai kekurangan Brio generasi sebelumnya, yaitu menyempurnakan desain sporty dan cantik, memperbesar kapasitas bagasi dan menambah kelegaan kabin. Hal-hal tersebut adalah poin utama yang jadi kelemahan Brio selama ini.

 
World Premier All-New Honda Brio 2018 ini dihadiri oleh Masayuki Igarashi, yang merupakan President and Chief Officer (CEO) of Regional Operations Honda Motor Co., Ltd. Dalam sambutannya Igarashi menyampaikan bawah Brio gen-2 ini merupakan bentuk komitmen Honda pada konsumen Indonesia.

 
“Indonesia adalah salah satu pasar terpenting bagi Honda secara regional maupun global, dengan penjualan mobil tertinggi Honda di wilayah Asia dan Oceania. Peluncuran All New Honda Brio merupakan komitmen Honda untuk mempertahankan momentum itu, sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia,” jelas Masayuki Igarashi.

 

Honda RS Concept - 2018
Honda RS Concept – 2018

 
Honda Brio generasi ke-2 ini disebut berbasis Honda RS Concept yang diperkenalkan pada IIMS 2018 April lalu. Semula kami mengira konsep tersebut akan menjadi model yang berada diantara Honda Brio dan Jazz, layaknya Suzuki Baleno Hatchback. Namun ternyata Honda tidak latah meniru brand lain.

 
Perubahan apa saja yang terjadi pada All New Honda Brio 2018 ini? yang paling mencolok adalah desain bokongnya yang berubah menjadi lebih cembung sehingga lebih sedap dipandang, tidak lagi seperti Honda Mobilio yang dipotong di tengah. Alhasil, Brio jadi punya bagasi yang lebih luas dan penampakannya jadi lebih normal sebagai citiycar pada umumnya.

 

All New Honda Brio 2018 - Tampak Belakang
All New Honda Brio 2018 – Tampak Belakang

 
Untuk bagian depan, sudah bisa ditebak sejak lama bahwa wajah citycar ini akan mengikuti Mobilio yang basis desainnya sama. Hal itu adalah perubahan pada headlamp, grill dan bumper yang tumplek sama seperti wajah Honda Mobilio 2017.

 
Dengan dimensi yang melar, bobot Brio 2018 ini bertambah sebanyak 20 kg. Namun Honda mengklaim tidak terjadi perubahan pada figur konsumsi bbm, yaitu 20 km untuk setiap 1 liter bahan bakar, pada rute jalan lancar.

 
Honda All New Brio 2018 ini sudah bisa dipesan pada gelaran GIIAS 2018. Menurut Jonfis Fandy selaku Marketing and After Sales Director PT HPM, pengiriman pertama akan dilakukan pada bulan Oktober 2018. HPM menargetkan Brio generasi ke-2 ini terjual paling sedikit 5.000 unit per bulan.

 
HPM belum mengumumkan berapa banderol harganya. Namun Brio Satya masih akan masuk skema LCGC, sehingga dapat dipastikan harga maksimumnya adalah sekitar Rp. 150 jutaan. Tipe yang harganya belum dapat dipastikan adalah Honda Brio RS yang tidak tergolong LCGC.

 
Kabar baiknya, Honda Indonesia mengumumkan bahwa biaya service Honda Brio akan digratiskan selama 4 tahun atau 50.000 km, mana tercapai lebih dahulu. Hal ini memang sedang menjadi tren, bahkan pabrikan lain sudah ada mengratiskan hingga ke oli dan spare part rutin.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar