Tampang Ferrari 488 Pista Diumumkan Sebelum Peluncuran di Geneva Motor Show

CaruserMagz.com – Maranello, Italia – Ferrari 488 Pista adalah penerus seri special Sport Car Ferrari bermesin V8, seperti 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia dan 458 Speciale yang mendapat pujian dalam hal performa dan handling. Ferrari V8 generasi baru ini akan resmi diluncurkan pada Geneva Motor Show 2018.

 
Namun sebelum wujud aslinya dipamerkan pada ekshibisi otomotif terbesar dunia tersebut, Ferrari sudah mengumumkan penampakan detail eksteriornya dengan pers rilis pada Rabu 21 Februari 2018 yang menampilkan wujud digital dari 488 Pista.

 
Menurut pers rilis tersebut, Ferrari melakukan lompatan improvement pada 488 Pista dibanding pendahulunya. Antara lain pemangkasan bobot, pengembangan performa mesin, peningkatan aerodinamika. Pengembangan ini diinspirasi dari mobil balap Ferrari 488 GTE dan 488 Challenge.

 

Tampang Ferrari 488 Pista Front - Back
Ferrari 488 Pista – Front and Back  views

Sebagai hasilnya, Ferrari menyebut 488 Pista sebagai sport car dengan misi tanpa kompromi, yang menawarkan performa layaknya seekor mobil balap, baik saat dikendarai di jalan raya maupun di sirkuit, bahkan saat dikendarai oleh seorang pengendara yang bukan pengemudi atau pembalap professional.

 

Ferrari 488 Pista - interior dashboard
Ferrari 488 Pista – interior dashboard

Dibandingkan dengan Ferrari 488 GTB, Ferrari 488 Pista ini lebih ringan 90 kg (1.280 kg bobot kering). Sedangkan peningkatan tenaganya adalah sebesar 50 HP yang menjadi standard performa baru untuk mobil sport Ferrari dengan mesin V8.

 
Mesin milik Ferrari 488 Pista menyemburkan tenaga hingga 720 PS, angka tersebut menjadikannya Mesin V8 paling bertenaga dalam sejarah Ferrari dan merupakan evolusi ekstrim dalam hal unit turbonya hingga memenangkan penghargaan International Engine of the Year pada tahun 2016 dan 2017.

 

Ferrari 488 Pista - back
Ferrari 488 Pista – back

Baca juga: Ferrari 812 Superfast Punya mesin V12 Paling Bertenaga, Masuk Indonesia pada 2018

 
Ferrari mengklaim bahwa Torsi milik Ferrari 488 Pista lebih tinggi dari 488 GTB pada semua tingkat putaran mesin, memberikan akselerasi yang bertenaga namun halus serta waktu respon turbo yang lebih cepat meski terjadi peningkatan daya.

 
Berbagai peningkatan lain yang kian menggoda penggila hypercar asal Italia ini antara lain: Kualitas suara mesin dengan intensitas lebih tinggi dari 488 GTB, pengoptimalan aerodinamika untuk meningkatkan handling dan kenikmatan mengemudi, pengembangan sisi mekanis dan kontrol dinamis elektronik yang diintegrasikan ke dalam sistem Side-Slip Angle Control sehingga meningkatkan kestabilan mobil di tikungan tajam, Pemilihan suspensi disempurnakan dengan ban baru yang dikembangkan khusus oleh Michelin untuk 488 Pista.

 

Ferrari 488 Pista - interior seats
Ferrari 488 Pista – interior seats

Berbagai peningkatan tersebut ditujukan untuk menghadirkan kesenangan mengemudi hingga mobil ini terasa fun bahkan bagi pengemudi yang non-professional.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

One thought on “Tampang Ferrari 488 Pista Diumumkan Sebelum Peluncuran di Geneva Motor Show

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *