BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Wuling Alvez Indonesia Bakal Tantang HR-V dan Creta, Ini Perkiraan Harga dan Spesifikasinya

Wuling XingChi - Compact SUV Wuling yang akan bernama Alves di Indonesia

Share

CaruserMagz.com – Rumor akan kedatangan compact SUV baru dari Wuling di Indonesia kian menguat dengan terdaftarnya nama ‘ALVEZ’ di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham RI pada 13 Agustus 2022.

Pendaftaran paten tersebut diajukan oleh SAIC-GM-WULING Automobile Co., Ltd., dengan Nomor Permohonan DID2022060541.

Di tengah-tengah perhelatan GIIAS 2022 yang sedang berlangsung, diam-diam Wuling melakukan uji jalan sesosok mobil dengan balutan kamuflase. Mobil tersebut sangat jelas terlihat mirip dengan Wuling XingChi yang telah meluncur di China.

Tak berselang lama, situs PDKI merilis nama baru untuk mobil Wuling pada 15 Agustus 2022, yaitu ALVEZ. Berikut screenshot pengumuman tersebut.

Screenshot Paten Nama Wuling Alvez di situs PDKI
Screenshot Paten Nama Wuling Alvez di situs PDKI

Perkiraan Harga Wuling Alvez

Dari bentuknya yang mirip dengan XingChi, maka Alvez kemungkinan besar akan mengisi segmen Compact SUV yang sekarang dikuasai Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Namun untuk urusan harga, biasanya Wuling membanderol satu tingkat di bawah segmen sebenarnya dibanding mobil Jepang, tapi menawarkan fitur-fitur yang canggih dan build quality menggoda.

Bisa jadi level harga Alvez ini akan bersaing dengan segmen sub-compact SUV semisal Toyota Raize dan Kia Sonet, setidaknya pada varian menengah ke bawah, tapi kecanggihannya mampu bersaing dengan HR-V dan Creta.

Wuling Xing Chi - Compact SUV
Wuling Xing Chi – Compact SUV

Rujukannya adalah Wuling Almaz yang seharusnya bersaing dengan Honda CR-V pada level harga Rp 500 – 600 jutaan, tapi Almaz dibanderol hanya Rp 298 – 434 jutaan saja.

Maka sangat mungkin Alvez dibanderol Rp 250 – 300 jutaan, dengan tambahan fitur ADAS dan konektifitas Wuling-Link, mungkin varian tertingginya akan berada pada level Rp 330 jutaan.

Jika perkiraan kami tersebut benar, maka produsen HR-V dan Creta patut khawatir, dan konsumen bisa berbahagia karena tidak perlu menabung hingga Rp 400 jutaan untuk mendapatkan seekor Compact SUV canggih dan mewah.

Spesifikasi Compact SUV Wuling

Merujuk ke Wuling XingChi, Wuling Alvez kemungkinan akan berdimensi panjang 4.365 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.640 mm, dan wheelbase 2.550 mm.

Itu lebih panjang 35 mm, lebih ramping 40 mm, dan lebih tinggi 60 mm dibanding Honda HR-V yang berdimensi 4.330 x 1.790 x 1.580 mm.

Gambar Paten Desain Wuling XingChi
Gambar Paten Desain Wuling XingChi

Untuk dapurpacu, Wuling XingChi dibekali mesin yang selevel dengan Almaz, yaitu opsi mesin 1.5 NA atau 1.5 Turbo.

Mesin 1.5 Naturally Aspirated-nya berkode LAR dengan tenaga maksimum 100 PS dan torsi puncak 143 Nm, angka yang cukup tertinggal dibanding Honda HR-V dan Hyundai Creta. Tapi sudah sangat mencukupi untuk sebuah mobil kompak.

Tapi jika jantung pacu berturbo XingChi akan disematkan pada Alvez, maka itu akan jauh mengungguli kompetitornya. Mesin 1.5 Turbo berkode LJO tersebut memiliki tenaga hingga 148 PS dan torsi 250 Nm. Itu sudah selevel medium SUV atau bahkan SUV ladder frame 7-Seater.

Kapan Diluncurkan di Indonesia?

Belum ada pernyataan resmi dari pihak Wuling Indonesia mengenai kehadiran Compact SUV-nya tersebut. Tapi merujuk pada model-model sebelumnya, biasanya tidak begitu lama jarak waktu antar uji jalan dan peluncuran resmi.

Compact SUV saat uji jalan - Agustus 2022
Compact SUV Wuling saat uji jalan – Agustus 2022

Step selanjutnya biasanya adalah terdaftarnya harga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) di situs Samsat, kemudian hadirnya teaser resmi dan pengenalan sosok digitalnya.

Diperkirakan peluncuran itu paling cepat pada akhir 2022, atau paling lambat di pertengahan 2023. Namun itu baru perkiraan berbagai media otomotif, belum merupakan pernyataan resmi dari SGMW Motor Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)