BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Wujud Hyundai IONIQ 6 Dirilis, Ada Cita Rasa Porsche 911 tapi Lebih Modern

Wujud Utuh Hyundai IONIQ 6 Dirilis

Share

CaruserMagz.com – Setelah rilis dalam bentuk sketsa dan teaser, akhirnya wujud Hyundai IONIQ 6 dirilis dalam gambar digital yang lebih jelas. Penampakan eksterior depan dan belakang serta interior sisi kokpit-nya diungkap secara resmi oleh Hyundai.

IONIQ 6 adalah sedan pertama sekaligus mobil EV kedua Hyundai yang menggunakan flatform E-GMP EV dedicated platform. Wujud model produksi dari EV ini didasarkan pada mobil konsep bernama Prophecy Concept yang diperkenalkan pada Maret 2020 silam.

Berbeda dari IONIQ 5 yang mengambil konsep futuristis retro, nampaknya IONIQ 6 ini ingin memurnikan ke-futuristis-annya, hingga benar-benar tampak sebagai mobil masa depan yang dipercepat kehadirannya.

Bentuk aerodinamis-nya disebut ada kemiripan dengan desain Porsche 911 terkini, namun tidak dikatakan sebagai plagiarisme, karena faktanya IONIQ 6 berbeda pada detailnya.

Hyundai IONIQ 6 - Tampak Belakang
Hyundai IONIQ 6 – Tampak Belakang

Interior Aerodinamis yang Futuristis

Komponen yang sudah kita lihat pada IONIQ 5 dan model konsep dari IONIQ 6 ini adalah pada lampu-lampu Parametric Pixel. Sepertinya itu akan menjadi ciri khas EV Hyundai pada generasi pertamanya ini.

Namun versi produksi ini berbeda dari versi konsepnya pada grafis vertikal di bumper depan dan belakangnya. Ini mengingatkan kita pada KIA EV6 yang juga berbeda dari versi konsepnya pada bumper.

Lampu pixel di sekujur pintu bagasinya juga disebut mirip dengan Porsche 911. Hal yang unik adalah spoiler duck-tail ganda, satu di ujung bawah kaca dan yang lainnya di bawah logo Hyundai.

Hyundai IONIQ 6 - Tampak Belakang Samping
Hyundai IONIQ 6 – EV Sedan E-GMP Pertama

Penampakan sisi sampingnya terlihat aerodinamis dengan bentuk kaca yang mengikuti lengkungan fast-back dari atap ke belakang. Bentuk kaca samping itu sedikit mengingatkan kita pada Mercy EQS.

Keunikan di sisi eksterior samping ini adalah tidak ada kaca spion, fungsi kaca digantikan oleh kamera samping yang display-nya diletakkan di sisi kiri dan kanan dashboard.

Wheelbase yang panjang juga terlihat, itu tentunya untuk mengakomodasi dimensi baterai listrik yang besar sebagaimana umumnya EV di masa kini. Hal itu juga akan memberi kabin yang lapang.

Hyundai IONIQ 6 - Tampak Samping
Hyundai IONIQ 6 – Tampak Samping

Hal yang kami kurang suka adalah desain spoke velg-nya yang terlalu rumit, patah-patah dan ramai. Itu terlihat tidak senada dengan bentuk tubuh Ioniq 6 yang mengalir aerodinamis.

Hal yang juga agak aneh adalah strip tebal hitam yang memanjang di depan, di bawah lampu utama. Itu agak kontras dengan model konsep-nya yang klimis, sehingga mengurangi kesan modern pada wajah model produksi IONIQ 6 ini.

EV Sedan Korea
Hyundai IONIQ 6 – EV Sedan

Interior Modern dan Canggih

Berbeda dari Ioniq 5 yang mengambil konsep interior retro, lagi-lagi Ioniq 6 ini terlihat lebih futuristis dengan ornamen yang lebih berorientasi digital.

Namun bentuk setir dan layar head unit yang seolah terintegrasi dengan cluster-meter-nya identik dengan Ioniq 5.

Hal baru yang langsung terlihat adalah display dari kamera spion samping yang diletakkan di sisi kiri dan kanan dashboard. Sepertinya ini akan memberikan visibilitas yang lebih luas dan meminimalisir titik buta secara signifikan.

Interior Sedan EV 2023
Interior Hyundai IONIQ 6

Hal unik yang terungkap adalah tidak adanya tombol-tombol penurun kaca pada door-trim. Tombol pengatur kaca pintu sepertinya dipindahkan ke konsol tengah yang mengambang.

Bagian depan doortrim setelah arm-rest dibuat lebih pipih hingga memaksimalkan ruang penyimpanan terbuka di doortrim.

Pengaturan AC sepertinya full digital dan simpel. Sementara kabin dihiasi ambient light yang menyeluruh melingkari door-trim dan bagian tengah dahboard-nya.

Full panoramic roof sepertinya akan sama dengan Hyundai IONIQ 5. Uniknya, kaca spion dalam memiliki tuas di bagian bawahnya. Kami kira itu bukanlah tuas manual untuk anti-silau, melainkan fungsi switch dari kaca biasa ke layar untuk display kamera belakang.

Interior Hyundai IONIQ 6 - kokpit
Interior Hyundai IONIQ 6 – kokpit

Spesifikasi teknis Hyundai IONIQ 6 ini belum diungkap secara detail. Namun diperkirakan EV ini akan disediakan dengan opsi powertrain berkonfigurasi RWD motor tunggal 225 hp (168 kW) dan torsi 350 Nm, atau powertrain AWD dengan dual-motor bertenaga gabungan 320 hp (239 kW) dan torsi 605 Nm.

Sedangkan baterainya berspesifikasi 800 volt sebagaimana IONIQ 5, sehingga sangat mungkin memiliki fitur fast-charger.

Hal yang diperkirakan akan sangat mungkin terjadi adalah EV sedan ini memiliki jarak tempuh yang lebih jauh dari IONIQ 5, karena struktur desainnya yang lebih aerodinamis hingga koefisien hambatan hanya 0,21, dibanding IONIQ 5 yang 0,288.

Hyundai IONIQ 6 - Rear Look
Hyundai IONIQ 6 – Rear

Namun rilis gambar digital ini belumlah sepenuhnya utuh. Kita belum melihat seperti apa bentuk jok depan dan belakangnya, seperti apa bentuk dashboard-nya secara simetris sisi kiri-kanan, dan seperti apa kabin belakang serta bagasinya.

Jadi, sangat mungkin masih ada rilis-rilis lainnya sebelum Hyundai IONIQ 6 ini benar-benar diluncurkan dengan wujud nyata, di dunia nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)