Spesifikasi Mazda3 Turbo Terungkap

Spesifikasi Mazda3 Turbo Diungkap, Hothatch Bermesin Jumbo

Berita HATCHBACK Mazda

CaruserMagz.com – Sebelumnya Mazda USA memberi kode melalui video singkat bahwa akan ada peluncuran mobil Mazda baru pada tanggal 8 Juli 2020, atau bisa juga 7 Agustus 2020, karene kode tersebut adalah angka 7.8.2020 yang diiringi suara raungan mesin mobil. Banyak media otomotif mengabarkan bahwa itu adalah tanggal peluncuran Mazda3 bermesin turbo.

Kemudian, disusul oleh Mazda Mexico yang membocorkan spesifikasi Mazda3 turbo melalui video di Channel YouTube resminya pada 4 Juli 2020. Penjelasan di video yang berdurasi 8-menit tersebut cukup detail, baik mesin hingga ke fitur-fitur barunya.

Benar seperti perkiraan banyak media, Mazda3 Turbo menggunakan mesin yang sama dengan CX-9, yaitu mesin 2.500cc 4-silinder SkyActiv Turbo. Itu adalah mesin yang jumbo untuk seekor hatcback yang lumayan kompak, karena pada umumnya pabrikan Jepang memadukan turbo dengan mesin kecil untuk efisiensi bahan bakar. Tapi Mazda tidak mengikuti tren itu untuk hatcback tercantiknya.

Spesifikasi Mesin Mazda3 Turbo Diungkap oleh Mazda Mexico
Spesifikasi Mesin Mazda3 Turbo Diungkap oleh Mazda Mexico

Dikabarkan oleh Mazda Mexico, bahwa dengan mesin 2,5 liter turbo tersebut Mazda3 bisa menyemburkan tenaga hingga 227 hp dan torsi puncak hingga 310 lb-ft atau 420 Nm. Dengan angka tersebut, Mazda3 turbo sudah layak disebut HotHatch, karena itu berarti sudah mengalahkan BMW 320i dan hanya kalah 1 hp dari VW Golf GTI.

Mazda3 turbo memang tidak mengalahkan Honda Civic Type-R dalam hal tenaga, tapi menang dalam hal torsi, dimana Civic type-R memiliki 306 hp dan 400 Nm. Jika harus bersaing dengan Ford Focus RS di pasar Amerika, Mazda3 masih bukan tandingannya, karena Focus RS punya angka 350 hp dan 350 lb-ft (475 Nm).

Bocoran informasi dari Mazda Mexico itu menyebutkan bahwa Mazda3 turbo akan disediakan dengan penggerak All Whell Drive (AWD) yang dihubungkan ke mesin oleh transmisi otomatis 6-percepatan yang sama dengan Mazda3 versi non-turbo.

Selain itu, dikabarkan juga bahwa Mazda3 turbo akan diberi velg alloy 18-inci, sunroof, 7-airbags, Apple CarPlay dan Android Auto, lampu LED depan dan belakang, blind spot monitoring, 12 speaker audio Bose, kamera mundur, sensor parkir, spion elektrik, jok kulit dan lain sebagainya.

Harga Mazda3 Turbo di Meksiko
Harga Mazda3 Turbo di Meksiko

Mengenai harga, Mazda3 turbo akan menjadi varian termewah, sehingga harganya jadi yang termahal. Untuk pasar Mexico, akan ada 2 varian Mazda3 Turbo, yaitu Mazda3 S Grand Touring yang dibanderol 489,900 peso atau sekitar Rp 330 juta, dan Mazda3 Signature yang dibanderol 529,900 peso atau sekitar Rp 357 juta.

Memang terlihat lebih murah dibanding harga Mazda3 di Indonesia, namun karena Mexico adalah negara sentra produksi mobil di Amerika Selatan, harga itu wajar mengingat statusnya bukan CBU seperti di Indonesia. Jika dibandingkan dengan hothatch dari brand premium Eropa atau Amerika, Mazda3 turbo ini jauh lebih murah. Sehingga jadi alternatif sangat menarik bagi konsumen.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar