Drag Race Kia EV6 GT, Permalukan Supercar Ferrari hingga Lamborghini

Mobil Sport Listrik - Kia EV6 GT

CaruserMagz.com – Saat peluncuran secara virtual mobil listrik Kia EV6, salah satu varian performa dari EV6 diadu drag race dengan beberapa supercar entry level bermesin bakar dari beberapa brand ternama.

Drag race untuk membuktikan ketangguhan dan kecepatan mobil listrik pertama Kia tersebut melibatkan beberapa mobil super, yaitu Lamborghini Urus, Mercedes-AMG GT, McLaren 570S, Porsche 911 Targa 4, Ferrari California T dan Kia EV6 GT.

Drag race Kia EV6 GT Pecundangi Supercar Ferrari dan Lamboghini
Drag race 400 m EV6 GT vs Supercar Ferrari, Lamboghini, McLaren, Porsche

Semua lawan EV6 GT dalam drag race ini merupakan mobil bermesin bakar dengan output tenaga rata-rata di atas 500 hp, artinya sudah pada level supercar. Sayangnya tidak ada mobil listrik lain semisal Tesla Model3 untuk membuat drag race ini lebih imbang.

Dalam race ini, sejak start Kia EV6 GT langsung mempecundangi lawan-lawannya berkat torsi instan dari motor listriknya yang bisa memuntahkan tenaga hingga 584 ps.

Drag race Kia EV6 GT Kalahkan Supercar Ferrari dan Lamboghini
Drag race Kia EV6 GT Kalahkan Supercar Ferrari dan Lamboghini

Sedangkan Supercar semisal Ferrari California, McLaren 570S, Porsche 911 dan Mercedes-AMG GT seolah tertahan di posisi start, sementara EV6 seperti anak panah yang lepas dari busurnya.

Mendominasi dari awal, akhirnya Kia EV6 disalib McLaren 570S menjelang finish di 400 meter. Di posisi ke-3 ada Porsche 911 yang sepertinya jika lintasan lebih panjang 50 meter saja lagi, 911 akan mampu menyusul EV6.

Kia EV6 GT Kalah oleh McLaren 570S
Kia EV6 GT Kalah oleh McLaren 570S

Hasil drag race ini dimenangkan oleh McLaren 570S, kemudian Kia EV6 GT di posisi ke-2, Porsche 911 Targa 4 di posisi ke3, Mercedes-AMG GT ke-4, Lamborghini Urus ke-5 dan terakhir Ferrari California T.

Drag race ini membuktikan bahwa Kia EV6 GT layak disebut sportcar dan sudah mampu bertanding kebut-kebutan dengan supercar bertenaga di atas 500 hp. Namun dia bukanlah EV yang begitu superior karena masih bisa dikalahkan oleh McLaren 570S pada jarak 400 m.

Baca juga:

Jika balapan trek lurus dengan jarak yang lebih panjang, kami yakin akan lebih banyak mobil tersebut yang bisa mengungguli EV6 GT, karena kebuasan sesungguhnya dari Internal Combustion Engine (ICE) akan benar-benar keluar jika sudah panas.

Balapan 400 meter (0,4 km) ini untuk membuktikan seberapa cepat mobil berakselerasi dalam jarak pendek. Sebenarnya tentu tidak fair mengadu drag race jarak pendek antara mobil dengan ICE versus Electric Vehicle (EV).

Balapan 400 meter EV6 GT
Drag race 400 meter Kia EV6 GT

Namun setidaknya ini membuktikan bahwa dalam hal adu kecepatan, mobil dengan teknologi listrik punya kelebihan superior dibanding teknologi ICE, bahkan untuk level sport atau supercar.

Kia EV6 GT dibelaki motor listrik yang mampu memuntahkan tenaga hingga 430 Kw atau 584 ps. Dengan tenaga tersebut, EV6 GT bisa berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 3,5 detik, dan top-speed hingga 260 km/jam.

EV ini memiliki fitur fast charging yang baterai-nya mampu terisi dari 10% ke 80% dalam 18 menit. Artinya jarak tempuh 100 km bisa didapatkan dari waktu pengecasan selama 4,5 menit saja. Sedangkan jarak tempuh dari posisi baterai penuh adalah sejauh 510 km.

Tulis Komentar