BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Siap-siap Mobil China Banjiri Indonesia, BYD dan Chery Hadir Tahun Depan!

Mobil China Banjiri Indonesia - Chery dan BYD akan masuk Indonesia

Share

CaruserMagz.comAkankah Mobil China Banjiri Indonesia? – Indonesia adalah pasar terbesar di Asia Tenggara, terkhusus untuk produk otomotif. Empuk dan manisnya lagi adalah bahwa Indonesia tidak punya pemain asli dalam negeri atau merek naturalisasi di industri otomotif.

Pasar otomotif Indonesia yang dalam proses pemulihan setelah badai Pandemi Covid-19, dari Januari hingga November 2021 tercatat mengalami kenaikan 66,5% dibanding periode yang sama tahun 2020 lalu.

Salah satu negara yang mulai ikut meramaikan perebutan kue pasar otomotif Indonesia yang montok dan manis adalah China.

Kehadiran 2 merek besar asal China yang berinvestasi di Indonesia sejak 2015 silam telah membuktikan bahwa pasar Indonesia terbuka untuk produk baru.

Menyusul Wuling dan DFSK yang sudah lebih dulu hadir, seperti dikabarkan Kukuh Kumara selaku Sekretaris Umum GAIKINDO, bahwa ada dua lagi produsen besar otomotif asal China yang akan berivestasi di Indonesia, yaitu BYD dan Chery.

BYD Automobile co ltd
BYD Automobile co ltd

Menurut Kukuh, Chery sudah melakukan pembicaraan dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Yang sudah mau bermain di Indonesia, hingga saat ini yang sudah siap adalah Chery. Mereka sudah ada pembicaraan sebelumnya,” ujar Kukuh Kumara Dalam diskusi dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Rabu (22/12/21).

Kedua brand otomotif China tersebut dikabarkan tidak hanya akan memasarkan mobilnya di tanah air, tapi juga akan membangun pabrik perakitan untuk memproduksi mobil di Tanah Air.

Sama dengan Chery, BYD juga sudah memiliki niat yang bulat masuk ke Indonesia untuk produksi,” ungkap Kukuh.

Kukuh juga menyampaikan bahwa Chery akan meniru langkah DFSK dan MG yang berfokus di segmen SUV. Sedangkan BYD akan berfokus pada mobil listrik.

Siapa Chery dan BYD?

Chery Automobile adalah perusahaan otomotif asal Tiongkok yang dimiliki oleh Pemerintah lokal kota Wuhu, Provinsi Anhui, China yang memulai operasinya pada tahun 2000.

Chery merupakan perusahaan otomotif China pertama yang mengekspor mobil buatannya ke luar China dan hingga tahun 2009 merupakan pengekspor mobil terbesar dari negara tersebut.

Tak main-main, Chery sudah mulai berekspansi ke Eropa dan merekrut desainer kawakan yang bekerja untuk pabrikan ternama. Salah satunya adalah Chief Designer Mazda, Kevin Rice, yang direkrut Chery pada 2018.

Desainer terbaik Mazda Kevin Rice dibajak Chery
Desainer terbaik Mazda Kevin Rice dibajak Chery

Sedangkan BYD Automobile Co Ltd merupakan perusahaan otomotif yang berpusat di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China. Didirikan pada tahun 2003 dan merupakan bagian dari BYD Co Ltd, sebuah perusahaan pembuat baterai.

Pada tahun 2010 kapasitas produksi BYD diperkirakan mencapai 700.000 unit per tahun, dengan penjualan mencapai 519.000 unit. BYD merupakan pabrikan otomotif terbesar ke-6 di China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)