Nissan Terra 2021 Diluncurkan, Facelift Berasa Generasi Baru!

Nissan X-Terra 2021 - Terra Facelift

CaruserMagz.com – Menyusul penyegaran Nissan Navara pada 5 November 2020 lalu, kini giliran versi SUV-nya yang mendapat facelift. Peluncuran Nissan Terra Facelift 2021 dilakukan di Timur-tengah pada akhir November 2020. Namun disana, SUV ladder-frame ini bernama Nissan X-Terra. Jadi seperti satu keluarga dengan Nissan X-Trail. Mungkin bisa dibilang ini adalah adiknya X-Trail yang berbadan lebih gambot.

Uniknya versi penyegaran ini bercitarasa generasi baru, karena Nissan merombak total tampilan Nissan Terra di eksterior dan di interior bahkan perubahannya sangat signifikan. Fascia depan Terra 2021 ini terasa lebih futuristik dibanding versi sebelumnya, bahkan jika dibanding versi pikapnya terasa lebih modern.

Nissan Terra Facelift 2021 - Eksterior Depan
Nissan Terra Facelift 2021 – Eksterior Depan

Perubahan Eksterior Terra 2021

Bagian yang identik dengan Navara 2021 hanyalah pada desain lampu dan bentuk keseluruhan grill-nya. Namun detail lainnya cukup berbeda, seperti jeroan motif grill, bumper, fog-lamp housing dan underguard depannya terlihat lebih modern.

Di bagian belakang, perubahan nampak pada lampu yang dirubah dan kini menggunakan LED. Perubahan di sisi samping adalah pada desain spoke velg yang nampak lebih simpel. Hal yang meyakinkan bahwa ini hanyalah sekedar facelift adalah bentuk keseluruhannya yang masih mudah dikenali sebagai Nissan Terra dengan cue yang sama dari model sebelumnya.

Nissan SUV Ladder-frame Facelift - Eksterior Belakang
Nissan SUV Ladder-frame Facelift – Eksterior Belakang

Perubahan Interior

Perubahan signifikan terjadi di bagian dalam kabin. Ini terasa seperti generasi baru karena meninggalkan kesan mobil pikap tradisional yang masih ada pada Nissan Navara facelift 2021. Dashboard Nissan X-Terra 2021 ini terasa lebih mewah dan cocok dijadikan mobil keluarga, bukan mobil yang bernuansa mobil pekerja lapangan. Bentuk dashboard, unit head dan lingkar kemudinya telah menggunakan bahasa desain interior mobil penumpang Nissan terbaru, yang telah kita lihat pada Nissan Kicks e-Power.

Nissan X-Terra Facelift 2021 - Interior Dashboard
Nissan X-Terra Facelift 2021 – Interior Dashboard

Terra 2021 untuk timur-tengah ini telah menggunakan head unit baru berukuran 9 inci, yang mengusung fitur Nissan Connect, Apple Carplay dan Android Auto, serta Intelligent Rear View Mirror. Di balik lingkar kemudi ada layar MID besar berukuran 7 inci. Sistem audio telah menggunakan speaker premium dari brand BOSE. Interior yang terlihat mengusung warna beige yang menandakan bahwa mobil ini adalah untuk mereka yang menyukai nuansa mewah.

Nissan X-Terra Facelift 2021 - Interior Cabin
Nissan X-Terra Facelift 2021 – Interior Cabin

Fitur Keselamatan

Dalam hal fitur keamanan, Nissan X-Terra 2021 ini tentu telah menganut level yang lebih tinggi dibanding untuk pasar Asia. Fitur yang telah ada antara lain: Around View Monitor, Blind Spot Warning, Lane Departure Warning, Intelligent Emergency Braking, Intelligent Foward Collision Warning, Rear Cross-Traffic Alert, juga Intelligent Driver Alertness.

Spesifikasi Mesin

Untuk spesifikasi mesin, Nissan Middle East memberikan dapurpacu yang lebih soft untuk kenyamanan penumpang, yaitu mesin bensin 2.500 cc 4-silinder berkode QR25. Mesin tersebut bertenaga 165 hp dan torsi 241 Nm, yang disalurkan ke penggerak 2WD atau 4WD melalui transmisi otomatis 7-percepatan.

Baca juga:

Nissan Terra 2021 Facelift Indonesia?

Mungkin kita di Indonesia tidak bisa berharap terlalu banyak bahwa model Terra facelift Indonesia akan sama dalam hal fitur. Karena itu akan membuat harganya jadi kurang realistis untuk bersaing dengan Fortuner dan Pajero Sport. Dalam hal mesin, kami kira varian bermesin Diesel akan lebih disukai di Asia, khususnya Indonesia. Sehingga besar kemungkinan varian Diesel tetap akan disediakan. Namun belum ada kabar dari pihak Nissan Indonesia mengenai kapan Terra versi Indonesia akan mendapat facelift.

Kami kira, penyegaran dengan tampilan eksterior dan interior ini akan sangat signifikan mendongkrak minat konsumen Indonesia pada SUV ladder frame Nissan ini. Dengan nuansa mobil pikap lapangan yang jauh dikurangi pada bagian interior, model ini akan lebih menarik dibanding Pajero Sport yang masih cukup kental nuansa mobil lapangannya, dan akan mampu bersaing dengan Toyota Fortuner mengingat nilai plus Nissan pada kenyamanan yang superior.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar