Hyundai Next Gen FCEV, SUV Hidrogen Berjarak Tempuh 580 km

CaruserMagz.com – Raksasa otomotif Korea Selatan, Hyundai, baru saja meluncurkan SUV berpenggerak cell hidrogen, yang dijuluki Hyundai Next Gen FCEV di Seoul, Korea Selatan. Mobil konsep ini disebut akan menggantikan Tucson FC.

 

Hyundai Next Generation FCEV ini merupakan versi produksi dari FE Fuel Cell Concept yang dipamerkan di Geneva Motor Show, pada Maret 2017 yang lalu. Menurut pabrikan tersebut, SUV ini akan menjadi pengganti Hyundai Tucson berjantung pacu fuel-cell (FC).

 

FCEV sendiri merupakan singkatan dari Fuel Cell Electric Vehicle, yaitu mobil listrik yang energi listriknya dihasilkan dari pembakaran gas hidrogen.

 

Cell hidrogen hanya ditujukan untuk menghasilkan energi listrik, bukan langsung menggerakkan mesin seperti pada combustion engine. Karena sistem penggeraknya adalah listrik, maka mobil ini dapat digolongkan sebagai mobil listrik.

 

Improvement yang dilakukan pada Hyundai Next Gen FCEV dibanding Tucson fuel-cell adalah kemampuan jarak tempuhnya yang makin jauh, yaitu hingga 580 km (360 mil), dengan tanki bahan bakar terisi penuh.

 

Hyundai SUV Next Generation FCEV - Interior
Hyundai SUV Next Generation FCEV – Interior

 

Melihat tampilan depan Next-Gen FCEV ini, mengingatkan kita pada Hyundai Kona, antara lain pada bentuk kap mesin, LED sipit di bagian atas dan headlight projector yang berbentuk seperti foglight. Hanya saja SUV ini punya grill trapezoidal yang lebih lebar dan lebih panjang.

 

Di bagian dalam kabin, hal yang terlihat modern adalah tampilan cluster-meter serba digital dengan perangkat floating screen yang seolah bersambung antara cluster di balik kemudi dan head unit infotainment. Hal tersebut mengingatkan kita pada mobil-mobil Mercy.

 

Detail spesifikasi powertrain-nya tidak dijelaskan oleh Hyundai, namun SUV ini ditenagai motor listrik dengan tenaga 120 kW (163  ps) dan torsi 400 Nm.

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar