Resmi! Ferrari Purosangue Diluncurkan, Super SUV 4-Seater Penantang Lamborghini Urus

Ferrari Purosangue Diluncurkan - 14 September 2022

CaruserMagz.com – Setelah lama dinanti, akhirnya Ferrari Purosangue Diluncurkan secara resmi pada Rabu, 14 September 2022 di Maranello Italia.

Ferrari Purosangue adalah mobil yang disebut-sebut sebagai SUV pertama Ferrari untuk menantang Lamborghini Urus, Aston Martin DBX, Porsche Cayenne dan Bentley Bentayga.

Tapi ternyata Ferrari enggan menyebut Purosangue sebagai SUV. Sosok supercar ber-ground clearance agak tinggi tersebut lebih disebut sebagai “4-Seater, 4-Door Sports Car” oleh sang pabrikan.

Ferrari Purosangue 2023
Ferrari Purosangue Diluncurkan September 2022

Mesin ICE Murni

Berbeda dengan Lamborghini Urus yang diberi mesin agak jinak dibanding kelas supercar, Ferrari Purosangue diberi mesin bakar murni raksasa bertenaga jumbo. Hal itu dilakukan sesuai pilosofi nama Purosangue yang berarti ‘Ras Murni‘.

“Purosangue artinya ras murni, jadi dengan mesin ini kami membuatnya jadi sebuah Ferrari yang murni, dengan lengkingan mesin yang merdu,” kata Gianmaria Fulgenzi, Chief Product Development Officer Ferrari.

Mesin itu adalah V12 Naturally Aspirated 6.500 cc bertenaga 725 PS (715 hp) dan torsi 716 Nm. Tenaga buas tersebut disalurkan ke sistem penggerak All Wheel Drive melalui transmisi dual-clutch 8-percepatan.

Baca:  Honda Brio 2018 (Amaze) Generasi kedua punya Kabin Lebih Lapang

Perangkat transmisi tersebut diletakkan bagian belakang mobil demi keseimbangan distribusi bobot mobil jadi 49:51.

Super SUV Ferrari - Rear Look
Super SUV Ferrari – Rear Look

Performa

Dengan powertrain tersebut, Ferrari Purosangue bisa melejit dari diam ke 100 km/jam dalam 3,3 detik dan mencapai top-speed hingga 310 km/jam.

Dari angka tenaganya, maka Ferrari Purosangue langsung bisa dinobatkan jadi Super SUV paling bertenaga di kelasnya. Karena semua pesaingnya memiliki tenaga kurang dari 700 hp.

Lamborghini Urus Performante yang paling bertenaga hanya mengantongi angka 657 hp, Aston Martin DBX 707 di 697 hp dan Bentley Bentayga di 626 hp.

Tapi dalam hal performa, Urus dan DBX juga bisa mencatatkan 3,3 detik untuk mencapai 100 km/jam, hanya saja Urus kalah dalam hal top-speed yang 306 km/jam, sementara DBX bisa menyamai klaim Purosangue di 310 km/jam.

Super SUV tampak depan dan belakang
Ferrari Purosangue – tampak depan dan belakang

Desain Eksterior

Bahasa desainnya disebut terinspirasi dari Ferrari Roma yang elegan. Jika kita perhatikan fascia depan dan belakangnya, memang memiliki bahasa yang mirip dengan Roma.

Bentuk lampu LED-DRL depan dan belakang, diffuser belakang yang menampung kenalpot kembar, serta bentuk bodywork-nya, sangat kental bernuansa Ferrari Roma yang elegan dan modern.

supercar suv
SUV Ferrari Purosangue – tampak Atas

Desain ini terasa searah dengan Aston Martin DBX yang aerodinamis, tapi berbeda arah dari Lamborghini Urus yang lebih tegak.

Baca:  Hyundai Santa Fe Generasi Baru Diluncurkan Februari 2018

Layaknya supercar, Purosangue diberi roda berbeda antara depan dan belakangnya, yaitu 23-inci di belakang dan 22-inci di depan. Velg ber-spoke 5 tersebut membuat kaliper besar remnya seperti telanjang.

Ferrari Purosangue - tampak belakang
Ferrari Purosangue – tampak belakang

Seperti disebutkan oleh Ferrari, bahwa ini adalah mobil 4-seater dan bisa dijadikan mobil keluarga oleh orang-orang yang super kaya.

Purosangue disebut juga mobil keluarga pertama dari Ferrari. Sehingga ia memiliki 4 seater yang proper, untuk menampung penumpang dewasa.

Kabin Interior mobil super suluxy
Kabin Interior Ferrari Purosangue

Interior

Di interior, ada keunikan dengan tidak adanya layar monitor head unit di bagian tengah dashboard. Device tersebut digeser ke sisi penumpang depan. Jadi pengemudi dan penumpang memiliki layar monitor mereka masing-masing.

Itu terdengar baik untuk konsentrasi pengemudi pada setir dan jalan, karena dengan tenaga 715 hp, pengemudi yang teralihkan konsentrasinya ke head unit bisa mengakibatkan kecelakaan fatal.

Dashboard Ferrari Purosangue yang unik
Dashboard Ferrari Purosangue yang unik

Fitur-fitur Baru

Beberapa fitur unik hadir di Ferrari Purosangue ini dan beberapa diantaranya baru pertama kali disematkan pada Ferrari, yaitu antara lain adalah:

  • Bukaan pintu wellcome door (seperti pada mobil Rolls-Royce Phantom).
  • Electric power back door.
  • Active roll control menggunakan suspensi aktif elektronik (electronically controlled Multimatic spool-valve dampers) untuk mengurangi kelimbungan dari GC-nya yang lebih tinggi dari supercar.
  • Hill descend control (pertama kali disematkan pada mobil Ferrari).
  • Full panoramic roof.
bukaan pintu welcome door
Ferrari Purosangue dengan bukaan pintu welcome door

Harga

Hal yang tak kalah penting dari Ferrari tentu adalah harganya, Ferrari Purosangue ini dikabarkan berbanderol 390.000 Euro atau sekitar Rp 5,8 Miliar di Eropa.

Baca:  Mercedes-Benz EQA Diluncurkan, Inilah EV Termurah Mercy

Jika dibeli oleh para crazy rich Indonesia, kemungkinan mencapai belasan miliar, karena pajak dan biaya-biaya lain biasanya bisa mencapai lebih dari dua kali lipat dari harganya di Eropa.

Setelah Ferrari Purosangue diluncurkan secara resmi, mobil ini akan mulai diproduksi di pabrik Maranello, Italia.

Target pengiriman pertama ke konsumen adalah pada kuartal kedua 2023, atau sekitar bulan April tahun depan.

Just an ordinary guy in South Sumatra who devotes his passion to the automotive world by writing a blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif."

Leave a Reply

Your email address will not be published.