Elektrifikasi Motor Honda segera Dimulai, 10 Motor Listrik Diluncurkan hingga 2025

10 Lineup masa depan Motor Listrik Honda

CaruserMagz.comPengumuman Rencana Elektrifikasi Motor Honda – Honda mengumumkan rencana peralihan dari teknologi motor bermesin bakar ke motor listrik, pada Selasa 13 September 2022.

Honda menyatakan akan mulai meluncurkan motor berplatform EV pada 2024, dan akan meluncurkan banyak model produksi pada 2025.

Setidaknya ada 10 motor listrik Honda dalam rencana mereka yang akan diluncurkan di seluruh dunia pada 2025, bisa juga lebih dari 10 motor.

Sebagai pabrikan kendaraan roda terbesar di dunia, Honda mengaku bertanggungjawab untuk memulai elektrifikasi, demi mendukung netralitas karbon bagi program pencegahandampak buruk climate change.

Honda mengumumkan bahwa sembari berupaya ke arah teknologi motor listrik murni, pihaknya juga terus berusaha mengurangi emisi carbon pada motor bermesin bakarnya.

Honda Electric Moped
Honda Electric Moped

Rencana Peluncuran Motor Listrik dan Target Elektrifikasi

Menurut perusahaan otomotif Jepang tersebut, bisnis sepeda motornya melayani hampir dua pertiga dari 30 juta pelanggannya setiap tahun.

Baca:  Ferrari Menang di Pengadilan vs Mansory atas Kasus Penjiplakan Desain Hypercar FXX K

Raksasa produsen kendaraan roda dua Jepang itu akan mulai meluncurkan motor listrik pada 2024 dan ditargetkan 5% dari total penjualan motornya adalah motor listrik pada 2026, yaitu mencapai 1 juta unit di seluruh dunia.

Di 2030, Honda menargetkan angka itu meningkat jadi 15% atau sejumlah 3,5 juta unit di seluruh dunia. Itu artinya, sangat mungkin saat itu kita sudah melihat banyak motor listrik Honda di Indonesia.

Rencana Peralihan Motor Honda dari ICE ke EV
Rencana Elektrifikasi Motor Honda – Peralihan dari ICE ke EV

Jenis Sepeda Motor Listrik Honda

Sepeda motor listrik Honda dibagi dalam 3 sub-kategori, yaitu motor listrik berkecepatan rendah, maksimal 25 km/jam, moped listrik berkecepatan maksimal 50 km/jam dan moped listrik yang bisa melaju lebih dari 50 km/jam.

Baca:  Toyota akan Hadirkan Rival Honda HRV, Kemungkinan Yaris Cross dan Ada versi Daihatsu-nya?

Pada tahap awal, ketiga sub-kategori motor listrik Honda tersebut akan diluncurkan di Jepang, Amerika Serikat dan Eropa, dengan mendapat tambahan 1 jenis lagi, yaitu motor listrik kecil khusus untuk anak-anak.

Menyusul di seluruh dunia pada 2025. Khusus di Jepang, Honda berencana meluncurkan dua kendaraan listrik komuter baru pada akhir 2025.

Motor Listrik Honda meluncur 2024
Motor Listrik Honda meluncur 2024

Teknologi Baterai

Pengumuman itu menyebutkan bahwa jajaran sepeda motor listrik Honda akan menggunakan baterai solid-state.

Itu adalah teknologi yang tergolong baru, dan disebut lebih kompak tapi bisa nenampung daya listrik yang lebih padat.

Honda berencana menyematkan teknologi dengan standarisasi pertukaran baterai, untuk menurunkan downtime karena pengecasan. Tapi model non-swappable battery juga akan disediakan.

solid-state battery untuk kendaraan roda dua
Motor Listrik Honda gunakan solid-state battery

Perangkat Lunak yang Canggih

Motor listrik Honda disebut akan memiliki tingkat kompatibilitas perangkat lunak (software) yang tinggi pada semua lineup-nya. Software tersebut akan meningkatkan kualitas berkendara melalui konektifitas.

Baca:  Next-Gen Honda HR-V Tidak Ada Transmisi Manual, Real Man No More!

Software itu akan memberikan panduan rute yang optimal berdasarkan jangkauan yang tersisa dan lokasi stasiun pengecasan baterai.

Juga termasuk dukungan layanan purna jual dan pelatihan berkendara yang aman. Jadi ini bukan sekedar elektrifikasi motor Honda, tapi juga membuka jendela masa depan kendaraan roda dua yang lebih canggih.

Transformasi Motor Honda ke EV platform
Transformasi Motor Honda ke EV platform

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *