Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terra Indonesia, ini Review Lengkapnya!

CaruserMagz.com – Segmen SUV ladder frame 7-penumpang mendapat pendatang baru di Indonesia dengan diluncurkannya Nissan Terra pada ajang GIIAS 2018. Apa saja kelebihan dan kekurangan Nissan Terra Indonesia? Mari kita simak satu persatu keunggulan dan kelemahannya dibanding para pesaing.

 
Nissan Terra menantang SUV ladder frame yang sudah lebih dulu eksis di Indonesia, antara lain Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Isuzu Mu-X dan Chevrolet Trailblazer, yang semuanya juga memiliki saudara tak seiras di segmen double cabin.

 
Dari namanya, seolah-olah Nissan Terra adalah reinkarnasi dari Terrano, namun menurut Nissan, tidak demikian adanya, melainkan Terra merupakan turunan dari Nissan Navara, mobil lapangan double cabin yang sudah lebih lama mengaspal di Indonesia. Jadi Terra adalah Navara yang dijadikan SUV.

 
Bagi sobat yang tertarik dengan SUV besar 7-seater ini, tentunya ingin mengetahui, apa saja plus-minus Nissan Terra. Apakah mobil ini layak dimiliki? apakah value for money-nya worthy? dan apa saja keunggulannya yang tidak dimiliki Fortuner dan Pajero Sport yang sudah jadi SUV sejuta umat.

 
Baca juga:

 

KELEBIHAN NISSAN TERRA INDONESIA

 

Desain Eksterior

Sebenarnya menilai desain adalah mengenai selera masing-masing orang dan dari banyak sudut pandang. Banyak yang bilang tampilan bentuk Nissan Terra sudah ketinggalan zaman, boxy dan kurang modern.

Namun jujur, ada sudut pandang lain yang menaikkan nilai Nissan Terra dari segi desain eksteriornya, yaitu dia terlihat berkharisma untuk selera orang dewasa, alias penyuka mobil gagah yang sudah berumur banyak.

Ya, bagi yang suka dengan bentuk mobil boxy ala mobil Amerika ini, Nissan Terra bisa diidentikkan dengan Toyota Land Cruiser, walau mungkin agak berlebihan menyamakan Terra dengan LC yang terkenal mahal itu.

Jadi, menurut kami sobat bisa terlihat mapan dan kaya dengan menunggangi SUV besar boxy ini. Bolehlah berasa selevel dengan Toyota LC, walau sekedar dalam hal bentuk eksterior.

 

Interior

Mengenai desain interior, kita akan menyaksikan kabin Navara tumplek sama pada kabin depan Terra. Khususnya pada keseluruhan dashboard. Sisi positifnya adalah pada bagian kursi, doortrim yang sudah dilapisi kulit sintesis yang nyaman dikulit.

 

Mesin dan Tenaga

Kelebihan Nissan Terra dari semua kompetitornya di segmen SUV 7-seater ladder frame di Indonesia adalah pada output tenaga dan torsi mesin dieselnya. Terra menjadi yang paling bertenaga, menggeser Mitsubishi Pajero Sport. Berikut Spesifikasi mesin Diesel Nissan Terra:

 
Mesin Diesel YD25DDTi – Turbo-diesel (VGS) dengan intercooler.
Kapasitas: 2500cc 4-silinder in-line.
Tenaga 190 PS pada 3600 rpm.
Torsi 450 Nm pada 2000 rpm.
Transmisi otomais 7-percepatan (triptronic).

 
Hentakan torsi mobil ini akan cukup menyenangkan bagi mereka yang menyukai tenaga besar. Sehingga besaran tenaga dan torsi adalah selling point bagi Nissan Terra yang merupakan keunggulannya dari semua kompetitor.

 

Pengendalian

Tenaga yang besar pada Nissan Terra didukung oleh berbagai fitur pengendalian seperti Vehicle Stability Control (VSC), Cruise Control, Suspensi belakang independent, rem ABS+EBD+BA, feedback setir yang presisi dan lain sebagainya.

Sehingga setelah spesifikasi mesin, pengendalian menjadi selling point Terra yang menjadi keunggulannya. Rasa mengemudi Nissan Terra lebih nikmat dan membuat pengemudi merasa lebih percaya diri dibanding Pajero Sport yang selama ini dianggap yang terbaik di kelasnya.

 

Kenyamanan

Kenyamanan pada Nissan Terra tergolong baik karena beberapa faktor berikut:

  • Posisi duduk kursi kabin depan yang lumayan nyaman, tidak membuat gampang lelah.
  • Suspensi double wishbone pada roda depan dan suspensi independen 5-link pada roda belakang, membuat bantingan Nissan Terra terasa pas, tidak keras dan tidak pula terlalu mengayun di jalanan bergelombang.
  • Pelapis jok kulit pada semua kursi dan arm-rest pada door trim membuat kursinya terasa nyaman.
  • Ada arm rest di tengah kabin baris kedua bisa memanjakan penumpang di kabin tengah.
  • Visibilitas luas, ke depan, samping dan belakang.
  • Kekedapan kabin bagus, baik suara dari luar maupun suara mesin terdengar halus. Road noise juga sangat kecil.

 

Fitur-fitur Canggih

Dalam hal fitur, Nissan Terra cukup menggiurkan. Ada banyak fitur terkini, bahkan beberapa fitur tidak ada di semua kompetitornya di Indonesia. Berikut daftar fitur-fitur yang ada pada Nissan Terra:

 
Intelligent Around View Monitor – Memudahkan saat parkir dengan 4 kamera yang menghasilkan bird view, yaitu 1 kamera di depan, 1 di belakang dan 2 masing-masing pada bagian bawah rumahan spion.

 
Intelligent Rear View Mirror – Dengan bantuan kamera pada bagian belakang yang display-nya dari kaca spion dalam, sehingga memudahkan view ke belakang mobil, meskipun kabin belakang diisi penumpang.

 
LED Projector Head lamp dengan LED Daytime Running Light.

 
Power windows dengan auto up-down pada kaca pengemudi.

 
Retractable Door Mirror atau pelipatan rumahan kaca spion secara electric.

 
Berbagai tombol dan pengaturan electric seperti: Tombol On off sensor parkir, Tombol untuk melipat kursi baris kedua dari konsol tengah, Pengaturan Jok electric untuk kursi pengemudi, audio steering switch, Tombol on-off VSC, HDMI port untuk multimedia, head lamp levelling, tombol untuk membuka pintu bagasi dari kabin pengemudi.

 
One touch tumble pada kursi baris kedua.

 
MID TFT yang besar dan memberi display informasi yang lengkap. Seperti kemiringan Kendaraan dengan fitur Inclinometer, tekanan tiap ban, efisiensi bahan bakar, blind spot monitoring, distribusi tenaga pada ban, dan lain-lain.

 
Start-Stop Engine button sekaligus smart key entry.

 
AC Digital Otomatis dengan dual zone (pada tipe tertinggi) yang sekaligus dilengkapi heater.

 
On-board entertainment System berupa layar monitor pada atap untuk hiburan bagi penumpang kabin baris kedua dan belakang.

 
Sun visor lengkap dengan kaca vanity dan lampu untuk driver dan penumpang depan.

 
Fitur-fitur keselamatan seperti: Hill Start Assist, 6 Airbags, Vehicle Dynamic Control, seat belt dengan height adjuster pada kursi depan, Rem ABS+EBD+BA, Zone body contruction (struktur rangka yang aman), Tire Pressure Monitoring (monitor tekanan udara ban), Blind Spot Warning,

 

Akomodasi

Bagasi luas dan tinggi – rata lantai ditambah ruang penyimpanan tertutup di bawah lantai bagasi.

Ruang penyimpanan yang berlimpah di kabin, seperti Console box sekaligus arm rest, 4 cup holder di kabin depan di tambah 2 di dashboard, 2 di kabin kedua dan 4 di kabin belakang, glove-box yang luas, seat back pocket dan lain-lain.

 

KEKURANGAN NISSAN TERRA INDONESIA

 

Beberapa hal kami anggap improvement opportunity pada Nissan Terra, agar mobil ini terasa lebih mewah dan lebih sesuai dengan harganya yang mahal, hal-hal berikut perlu diperbaiki Nissan, antara lain:

 

Desain dan Bahan Dashboard

Dashboard Nissan Terra benar-benar common-part dengan Navara yang merupakan mobil lapangan, yaitu berbahan plastik keras yang monoton.

Dashboard tersebut juga tanpa ornamen yang memperindah seperti bahan kulit atau wood panel. Sehingga kesan mobil niaga sangat kental pada dashboardnya.

 

Head Unit

Layar monitor pada center-cluster terlihat murahan karena sangat kentara after-market. tidak seperti head unit pada mobil-mobil medium SUV seperti Honda CR-V, Hyundai Santa-Fe atau Mazda CX-5.

 

Lantai Tinggi

Lantai yang terasa tinggi mengakibatkan posisi duduk pada kabin baris kedua dan ketiga kurang nyaman, khususnya bagi penumpang dengan postur tubuh tinggi. Paha tidak tertopang dengan baik pada jok kursi, sehingga membuat gampang lelah.

Pada kursi baris ketiga, terasa lebih parah karena dudukan kursi seperti diletakkan pada lantai hingga penumpang bisa lesehan. Hal ini membuat penumpang cepat lelah.

 

Kabin Belakang Sempit

Meskipun bertubuh bongsor, ternyata kabin belakang terasa sempit. Kabin baris ketiga ini hanya akan terasa luas jika kursi baris kedua dimajukan hingga mentok, padahal itu akan membuat penumpang tengah jadi tidak nyaman. Kabin belakang hanya cocok untuk anak-anak bertubuh kecil.

 

Rem Tromol

Dengan harga yang sudah setengah milyar, rem belakang Nissan Terra belum rem cakram. Ini terasa murahan untuk mobil semahal itu.

 

Pengaturan Setir

Dengan kemewahan fitur pada kabin depan, sangat disayangkan pengaturan setir hanya bisa dinaik-turunkan (tilt) dan belum ada pengaturan telescopic yang bisa memaju-mundurkan lingkar kemudi. Padahal fitur tersebut akan sangat membantu untuk menyesuaikan posisi menyetir dengan postur tubuh.

 

Exhaust AC pada kabin belakang

Tampilan perangkat hembusan AC pada kabin belakang terasa murahan, yaitu berada di atap dengan bentuk yang mirip dengan milik bus AKAP. Hal ini mengurangi kesan mewah pada kabin.

 

Head Rest

Kabin baris kedua bisa dimuati 3 penumpang, namun sayangnya tidak ada head rest untuk pnumpang tengah kabin kedua tersebut. Sehingga kurang aman dari segi keselamatan penumpang.

 

KESIMPULAN

 
Dari review kunggulan dan kelemahan Nissan Terra di atas, kami menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut:

 
Kelebihan : Tenaga, Pengendalian, Kenyamanan (suspensi) dan Fitur-fitur Canggih.
Kekurangan: Interior terkait desain dan bahan dashboard yang terlihat murah serta posisi duduk pada kabin belakang.

 
Kemungkinan weak point lainnya jika mengingat ini adalah mobil Nissan adalah harga spare part dan biaya service rutin yang mahal. Jadi pemilik mobil ini hendaknya tahu dan menyiapkan uang yang tidak sedikit untuk keperluan itu. Jangan berharap biaya operasional yang murah jika memiliki mobil Nissan.

 
Demikian review mengenai plus minus Nissan Terra Indonesia, semoga sobat pembaca mendapat informasi bermamfaat dari tulisan kami ini. Jika sobat punya pendapat atau informasi berbeda, jangan ragu untuk berbagi pada kolom komentar.

 
Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar