CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Suzuki XL7 vs Ertiga - Perbedaan EksteriorFebruary 17, 2020

Perbedaan Suzuki XL7 vs Ertiga – Beda Eksterior, Interior dan Fitur

CaruserMagz.com – Tren SUV turunan Low MPV sedang booming di Indonesia, Suzuki tidak mau ketinggalan dengan menghadirkan XL7 sebagai versi Cross dari Suzuki Ertiga. Lalu apa beda Suzuki XL7 vs Ertiga? Mari simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui detail perbedaan teknis dua mobil sebasis tersebut.

 
Meskipun sudah ada Ertiga Sport yang harganya berada pada level Low SUV, hal itu masih dirasa kurang untuk bersaing di kelas Low SUV yang telah diisi Rush, Terios, Honda BR-V dan Xpander Cross.

 
Sehingga PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) merasa perlu mendatangkan versi SUV dari Ertiga yang benar-benar layak disebut SUV, yaitu XL7 yang sebelumnya telah hadir di India dengan nama XL6, karena konfigurasi 6-kursi berkat captain-seat di baris tengah.

 
Bagi teman-teman yang berminat membeli Suzuki XL7, tentu ingin mengetahui apa saja beda Suzuki XL7 dibanding Ertiga. Dengan perbedaan harga yang cukup signifikan, tentu konsumen mengharapkan ada value for money yang lebih dengan perbedaan fitur dan spesifikasi.

 
Berikut daftar perbedaan Suzuki XL7 vs Ertiga:

 

Beda Eksterior XL7 vs Ertiga

Perbedaan eksterios XL7 vs Ertiga cukup signifikan, antara lain pada fascia depan, desain velg, dan berbagai aksesoris khas SUV yang tidak ada pada Ertiga. Berikut daftarnya:

Beda Suzuki XL7 vs Ertiga - Apa Kelebihan XL7
Beda Suzuki XL7 vs Ertiga – Apa Kelebihan XL7

Over fender – Cliding hitam tebal berbahan plastik di body atas ke-empat roda XL7, yang dipercaya sebagai ciri khas SUV dan menanbah tampilan mobil jadi lebih gagah. Aksesoris ini menegaskan kemampuan mobil untuk menerjang jalanan off-road.

Roof Rail – Sebagai salah satu ciri khas SUV, aksesoris ini ada pada XL7 dan tidak ada pada Ertiga, guna roof-rail sejatinya adalah sebagai tatakan untuk menaruh bagasi tambahan di atas mobil.

Side Skirt – Dibagian bawah pintu Suzuki XL7 ada cliding hitam berhias aksen silver uang menegaskan bahwa ini adalah mobil SUV, sedangkan pada Ertiga, bagian tersebut tidak ada.

Bumper Under Guard – Aksesoris khas SUV yang juga ada pada XL7 namun tidak ada pada Ertiga, adalah uderguard beraksen silver pada bagian bawah bumper depan dan belakang. Pada Ertiga bagian depan, hanya bahan plastik berdesain difusser.

Desain Fascia Depan – Wajah depan XL7 dan Ertiga berbeda signifikan dan sangat mudah diketahui, antara lain bentuk grill, lampu dan bumper yang tampak lebih tegas dan macho.

Teknologi Lampu Utama – Head lamp Suzuki XL7 telah menggunakan LED dengan reflector, sedangkan Ertiga masih dengan projector. Kemudian telah ada daytime running light (DRL) pada XL7.

Desain dan Ukuran Velg – Suzuki XL7 diberi velg 16-inci dengan desain sporty seperti garputala, sedangkan Ertiga memiliki velg berukuran 15-inci dengan desain seperti blade kipas. Keduanya bermotif two-tone color untuk XL7 dan Ertiga tipe menengah dan tertinggi.

 

Beda Interior XL7 vs Ertiga

Secara desain, tidak berbeda signifikan antara XL7 dan Ertiga, perbedaan cukup minor, hanya pada bahan dan warna beberapa bagian. Berikut beberapa perbedaan interior Ertiga dan XL7:

Suzuki XL7 vs Ertiga - Perbedaan Interior dan Dashboard
Suzuki XL7 vs Ertiga – Perbedaan Interior dan Dashboard

Warna Interior – Dashboard dan jok Suzuki XL7 berbasis warna hitam, sama seperti Ertiga Sport, namun ada perbedaan pada beberapa bagian panel.

Motif Panel di Tengah Dashboard – Pada XL7, Panel di tengah dashboard bermotif carbon-fiber untuk menambah kesan sporty, sedangkan pada Ertiga standar bermotif kayu yang agak cerah, dan pada Ertiga Sport bermotif kayu kehitaman.

Arm Rest Pengemudi – Pada XL7, ada arm rest untuk pengemudi walau cukup kecil. Arm rest tersebut ada pada penutup ruang penyimpanan di konsol tengah, yang bisa digeser ke depan. Bagian tersebut tidak tersedia di Ertiga.

Bahan Pembalut Jok – Pada XL7, pembalut jok adalah kombinasi kulit sintesis di baigan tepi dengan bahan fabric di bagian tengah jok. Sedangkan pada Ertiga semuanya berbahan fabric.

 

Beda Spesifikasi

Ground clearance – Jarak terendah ke jalan XL7 20 mm lebih tinggi dari Ertiga, yaitu 200 mm. Sedangkan Ertiga hanya 180 mm.

Suspensi – XL7 sedikit lebih keras dibanding Ertiga untuk mengakomodasi dimensi yang lebih tinggi karena pertambahan ukuran velg. Namun sebagian reviewer menyebutkan bahwa hal tersebut sama sekali tidak mengurangi kenyaman pada XL7.

Dimensi – XL7 Lebih panjang 55 mm, lebih lebar 40 mm, lebih tinggi 20 mm dibanding Ertiga. Namun wheelbase tetap sama 2.740 mm, yang artinya kelegaan kabin tetap sama. Dimensi XL7 yang lebih besar kemungkinan karea aksesoris eksteriorny yang lebih banyak, seperti underguard dan roof-rail.

 

Perbedaan Fitur

Dalam hal fitur, tentu juga ada perbedaan. XL7 mendapat beberapa tambahan fitur dibanding Ertiga, khususnya tipe Alpha sebagai yang terlamah. Berikut beberapa fitur XL7 yang tidak dimiliki Ertiga:

Kaca Spion Smart E-Mirror – Fitur canggih andalah XL7 adalah kaca spion dalam yang sekaligus berfungsi menampilkan hasil kamera belakang dan depan, punya fitur dashcam yg bisa merekam selama perjalanan. Fitur ini hanya ada pada tipe Alpha yang merupakan varian termewah.

Electronic Stability Program – Fitur canggih ini telah disematkan pada XL7 Beta dan Alpha. Ertiga tidak dibekali fitur pengendalian ini.

Hill Hold Control – Fitur XL7 selanjutnya adalah Hill Hold yang berguna saat harus stop and go di tanjakan. Pengemudi tidak perlu report nenekan pedal rem terus menerus saat melaju merayap di tanjakan.

Performance Monitoring di MID – Pada MID XL7, pengemudi bisa memonitor berapa tenaga dan torsi kendaraan yang terjadi saat sedang berkendara melalui layar MID. Fitur ini belum ada pada Ertiga.

 

Pilihan Warna

Suzuki XL7 disediakan dengan pilihan warna dual-tone yang sporty, yaitu pada tipe Alpha yang merupakan varian tertinggi. Sedangkan Ertiga tidak memiliki pilihan warna dual-tone tersebut.

Warna dual tone XL7 tersebut adalah Orange-Black dan Brave Kakhi-Black (Hijau mudah kecoklatan), selain itu varian standar XL7 bisa dipilih dengan pilihan warna Hitam, Putih, Abu-abu, dan ungu burgundi.

Namun Ertiga punya pilihan warna Merah dan Silver yang tidak dimiliki oleh Suzuki XL7. Pilihan warna Ertiga antara lain: Abu-abu metalik, Putih, Silver, Hitam, Ungu Burgundi, Merah dan Hijau Kecoklatan (Brave Kakhi).

 
Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga Sport 2019

 
Selain perbedaan, hal-hal yang sama antara Suzuki XL7 dan Ertiga antara lain: Mesin K15B yang sama, 1.462 cc bertenaga 104,7 ps dan torsi 138 Nm, Platform salis Heartech, suasana interior dan kenyamanan yang sama.

Demikian ulasan mengenai perbedaan Ertiga dengan XL7 yang merupan veris Crossover-nya. Semoga informasi ini berguna bagi teman-teman yang sedang memilih apakah akan membeli Ertiga. atau XL7 yang terlihat lebih gagah.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar