Perbedaan Toyota Calya vs Daihatsu Sigra. Komparasi Eksterior-Interior-Fitur-Varian-Harga

CaruserMagz.com – Toyota Calya dan Daihatsu Sigra menjadi fenomena baru di dunia otomotif tanah air. Duo kembar LCGC 7 Seaters racikan Astra Daihatsu Motor yang merupakan pabrik mobil dalam negeri ini, langsung menghentak dengan pesanan yang membludak.

 

Bagaimana tidak, kecerdasan Toyota dan Daihatsu membaca kebutuhan konsumen mobil di Indonesia diwujudkan menjadi mobil yang komplit memenuhi kebutuhan yang diidamkan banyak orang Indonesia, seperti akomodasi yang mampu menampung 7 penumpang, fitur yang banyak dan tampilan yang menawan (stylist). Dengan segala kelebihan itu, yang paling penting adalah harganya yang relatif murah.

 

Sobat yang ingin membeli mobil ini banyak yang masih menimbang-nimbang apakah ingin membeli Toyota Calya atau memboyong Daihatsu Sigra. Tentunya Sobat ingin mengetahui apa saja perbedaan Calya dan Sigra dari berbagai hal hingga merasa mantap terhadap pilihannya.

 

Berikut kami jelaskan secara ringkas apa saja perbedaannya dari penampilan sampai jeroan fitur dan mesinnya:

 

1. Perbedaan Eksterior

 

Penampakan eksterior dari kedua mobil ini jelas sekali perbedaannya pada bagian depan, yaitu pada grill, emblem, bumper grill dan lampu kabut (foglamp). Mana yang lebih bagus dari tampilan wajah Calya vs Sigra? tentunya itu tergantung selera masing-masing orang. Banyak yang mengatakan wajah Daihatsu Sigra lebih menarik atau ganteng dibanding Toyota Calya.

 

Kami juga setuju bahwa tampilan luar Daihatsu Sigra lebih enak dipandang, karena bentuk grill depan dan foglight-nya yang benar-benar baru dan berbeda dari Daihatsu Ayla. Sedangkan Toyota Calya, paduan grill yang mirip Veloz dan rumahan Foglight yang persis seperti milik Agya, menurut kami merupakan paduan yang kurang serasi. Namun sekali lagi, ini terkait selera, Sobat boleh saja punya pendapat berbeda.

 

Emblem logo di hidung kedua mobil ini juga menjadi ciri khas masing-masing. Dimana Toyota Calya masih mengusung logo yang sama dengan Toyota Agya, berupa burung garuda. Sedangkan Daihatsu Sigra dibuatkan logo yang benar-benar baru, yaitu huruf S yang berbentuk lingkaran penuh.

 

Adanya list chrom di sepanjang bagian bawah dari kaca samping juga membuat Sigra tipe tertinggi nampak lebih mewah. List chrom tersebut juga ada pada bagian bawah pintu Sigra, sedangkan Calya sama sekali tidak memberi aksen chrom di bagian samping pada semua tipenya.

Untuk desain velg, khususnya pada tipe tertinggi kedua mobil ini dibuat sama baik motif maupun two-tone colornya. Bagusnya kedua mobil ini sudah dipasangi ban berkualitas tinggi, berupa Bridgestone Ecopia EP150 175/65R14.

 

Hal lain yang membedakan Calya dan Sigra adalah pada reflector lampu belakang, Daihatsu Sigra tipe standar tidak memiliki reflektor yang memanjang di pintu belakang. Sedangkan pada Calya reflektor tersebut ada pada semua tipe.

 

Jika diperhatikan lebih detail, akan terlihat lagi perbedaan, yaitu adanya hiasan muffler pada ujung kenalpot Daihatsu Sigra, sedangkan ujung kenalpot Calya nampak telanjang tanpa muffler.

 

Dari perbandingan eksterior yang kami jelaskan di atas, sepertinya Daihatsu Sigra lebih diunggulkan oleh Astra Daihatsu Motor. Hal tersebut wajar karena memang desain awal LCGC 7 seater ini adalah inisiasi Daihatsu melalui mobil konsep UFC-3 serta Pabrik perakitannya di Karawang Jawa Barat, juga dibawah kendali langsung Daihatsu, walau sebenarnya Daihatsu merupakan bagian dari Grup Toyota.

 

 

2. Perbedaan Interior

 

Pada bagian interior, perbedaan yang paling mencolok adalah warna pembalut jok kursi. Jok Toyota Calya dibalut bahan berwarna coklat layaknya kursi Toyota Sienta, sedangkan pada Daihatsu Sigra warnanya full hitam.

 

Pada baris kedua, ada perbedaan mencolok, yaitu Toyota Calya mempunyai 3 head rest, sedangkan Sigra hanya mempunyai 2 headrest. Dalam hal ini tentunya Calya lebih unggul untuk keamanan penumpang baris kedua yang duduk di tengah.

 

Masih untuk penumpang tengah baris kedua, sabuk pengaman pada Toyota Calya tersedia di atap dan dapat ditarik hingga melindungi tubuh penumpang dari hentakan kedepan saat terjadi tabrakan atau pengereman mendadak.

 

Sedangkan pada Daihatsu Sigra, sabuk pengaman untuk penumpang tengah tersebut layaknya sabuk pengaman pada kebanyakan mobil, yaitu seperti sabuk pengaman di kursi pesawat. Sehingga sebenarnya kurang aman. Namun karena orang Indonesia sangat sedikit yang mau memasang sabuk pengaman jika duduk di kursi baris kedua dan ketiga, maka hal ini jarang diperhatikan.

 

3. Perbedaan Fitur Keselamatan

 

Dari segi fitur keselamatan, dapat dikatakan Toyota Calya lebih unggul dari Daihatsu Sigra, karena lebih lengkap pada semua tipe. Namun hal tersebut terjadi untuk mengakomodasi harga yang lebih terjangkau pada Daihatsu Sigra tipe standar dan menengah. Sehingga Daihatsu Sigra tipe D dan M tidak dibekali rem ABS dan Airbags.

 

Namun pada Daihatsu Sigra Tipe X, R dan R Deluxe dapat dikatakan fitur-fitur keselamatannya sama dengan Toyota Calya. Fitur safety yang mumpuni untuk ukuran LCGC tersebut antara lain: dual SRS Airbags, Rem ABS, Side beam impact, sensor parkir, rangka body Total Advance Function (TAF) yang kokoh, Sabuk pengaman otomatis (retractable), child doorlocking sebagai pengaman pintu agar tidak dibuka anak-anak dari dalam.

 

4. Perbedaan Mesin dan Varian

 

Varian Daihatsu Sigra dibuat lebih banyak untuk memborong semua pasar LCGC kelas menengah ke bawah. Sedangkan Toyota Calya diperuntukan bagi konsumen yang mau membayar lebih mahal untuk brand Toyota yang punya image lebih unggul.

 

Toyota Calya hanya dibuat 2 tipe, yaitu E dan G dengan masing-masing varian transmisi otomatis dan manual, sehingga ada total 4 varian Toyota Calya. Sedangkan Daihatsu Sigra ada 4 Tipe, yaitu D, M, X dan R. Daihatsu Sigra D dan M hanya ada transmisi manual, sedangkan tipe X dan R masing-masing ada 4 varian, yaitu otomatis dan manual yang masing-masing ada varian deluxe. Sehingga total ada 10 varian Daihatsu Sigra.

 

Hal yang berbeda dari Calya, Daihatsu Sigra memiliki varian yang ditenagai mesin 998cc (1.0L), 3 silinder, yaitu Sigra tipe D dan M. Tenaga maksimumnya 67 PS pada 6000 rpm, torsi 89 Nm pada 4400 rpm. Sedangkan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra tipe X dan R bermesin 1197cc (1,2L), 4 silinder, dual VVTi bertenaga 88 PS dan Torsi 108 Nm.

 

5. Perbedaan Harga

 

Karena Daihatsu Sigra mempunyai banyak varian, tentunya rentang harganya akan lebih banyak dibanding Calya. Berikut daftar harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang kami ambil dari situs resmi Toyota-Astra dan Daihatsu Indonesia. List harga tersebut adalah untuk wilayah DKI Jakarta pada bulan September 2016.

 

Daftar Harga Resmi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra - September 2016
Daftar Harga Resmi Calya dan Sigra – Sept 2016

 

Daihatsu Sigra punya kans yang lebih besar untuk mewujudkan impian calon pembeli yang ingin memiliki mobil baru dengan harga terjangkau, karena Sigra memiliki varian terendah yang hanya dibandrol 100 jutaan.

 

Dari list harga tersebut, dapat kita lihat bahwa untuk varian tertinggi, Toyota Calya G-A/T lebih mahal 2,65 juta rupiah dibanding Sigra R-A/T Deluxe. Sedangkan pada tipe terendah Calya, yaitu E-M/T lebih mahal 2,1 juta rupiah dibanding Sigra tipe X-M/T Deluxe.

 

Dengan fitur yang relatif sama, namun tampilan lebih menarik dengan kosmetik yang lebih banyak, menurut kami value for money Daihatsu Sigra sedikit di atas Toyota Calya.

 

Hanya saja brand value Toyota memberi prestise tersendiri yang sulit dikalahkan oleh cantiknya tampilan Sigra. Hingga artikel ini kami tulis, banyak dikabarkan jumlah pemesanan (SPK) Toyota Calya lebih banyak dari Sigra.

 

Kesimpulan

 

Dari ulasan kami di atas, kami menyimpulkan perbedaan utama Toyota Calya dan Daihatsu Sigra adalah sebagai berikut:

 

1. Pilihan varian Daihatsu Sigra yang lebih banyak, ada yang paling standar (minim fitur).
2. Harga Daihatsu Sigra lebih murah.
3. Fitur-fitur Toyota Calya lebih lengkap dibanding Sigra pada tipe terendah.
4. Tampilan eksterior Daihatsu Sigra lebih atraktif (tergantung selera calon pembeli).

 

Nah.. Demikianlah perbandingan atau perbedaan antara Daihatsu Sigra vs Toyota Calya yang bisa kami sampaikan. semoga informasi tersebut berguna bagi sobat yang sekarang akan membeli salah satu dari LCGC kembar tersebut.

 

 

Kami senang jika bisa membantu sobat dalam memantapkan pilihan, apakah Toyota Calya atau Daihatsu Sigra yang lebih baik menurut keinginan, kebutuhan atau selera sobat calon pemiliknya. Selamat membeli mobil baru.

 

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

One thought on “Perbedaan Toyota Calya vs Daihatsu Sigra. Komparasi Eksterior-Interior-Fitur-Varian-Harga

  • November 1, 2016 at 8:49 am
    Permalink

    Terpesona kesimpulan point nomor 3 nih… Versi minim dengan fitur lengkap.

    Reply

Tulis Komentar