Mitsubishi GT-PHEV, Konsep SUV Mewah Bertenaga Hybrid

CaruserMagz.com – Sebelum ditampilkan prototype aslinya di Paris Motor Show pada akhir September 2016, Mitsubishi merilis beberapa gambar mobil konsep yang diberi nama GT-PHEV, seperti pada gambar di bawah ini.
 
Dari namanya yang berawalan GT, dapat kita tebak ini adalah seekor tunggangan mewah dengan segala kecanggihan, kenyamanan dan kualitas mobil premium, serta tentunya tenaga yang buas, layaknya mobil brand lain yang diberi nama GT.

 

GT-PHEV merupakan singkatan dari “Grand Tourer – Plug-in Hybrid Electric Vehicle“. Inisial GT menandakan mobil ini adalah sport car kelas atas untuk orang muda yang kaya. Sedangkan kata Hybrid menandakan bahwa mobil ini akan dilengkapi teknologi motor listrik yang menambah tenaga dan nafas panjang untuk perjalanan yang lebih jauh.

 

Desain wajah konsep GT-PHEV ini tidak jauh berbeda dari MPV-Crossover XM-Concept yang dipajang di GIIAS-2016. Fascia dengan desain khas Dynamic Shield milik Mitsubishi sepertinya akan menjadi pakem Mitsubishi layaknya Tigernose pada mobil-mobil KIA.
 
Mitsubishi GT PHEV Front
Mitsubishi GT-PHEV Front

Aksen chrom lebar membentuk huruf X besar bersambung dengan lampu utama yang kian sipit dan dijejali LED, memberi aura futuristic. Lampu besar yang kita sangka Foglamp di bawah si lampu sipit, bisa saja sebenarnya merupakan headlamp sesungguhnya, Who knows?

 

Dari sisi samping, terlihat tidak ada kaca untuk view pada kabin belakang, sehingga kemungkinan besar mobil ini hanya berkapasitas 5 penumpang. Belum ada rilis resmi mengenai dimensi mobil ini, sehingga kita belum tahu, apakah ini SUV besar atau jenis crossover yang cocok menjadi lawan tangguh bagi Honda HRV, Nissan Juke atau Toyota CHR.
 
Mitsubishi GT PHEV Side
Mitsubishi GT-PHEV Side

Namun jika ternyata dimensinya cukup besar, mobil ini akan menjadi saingan premium SUV seperti Honda CRV, VW Tiguan dan lain sebagainya. Hanya saja seperti dilansir oleh TopGear.com, mereka mendapat informasi bahwa Mitsubishi GT-PHEV ini akan diplot sebagai High-end SUV, yang artinya kemungkinan berdimensi cukup besar, dengan kualitas dan kenyamanan interior terbaik yang bisa diusahakan Mitsubishi.

 

Di bagian belakang, shape desain bokongnya ada kemiripan dengan Toyota CHR, sehingga ada juga spekulasi bahwa konsep ini adalah reaksi Mitsubishi akan gempuran Toyota di pasar global untuk jenis Crossover. Keren, desain bekalang ini senada dengan gagahnya penampakan wajah. Tidak seperti Mitsu Pajero Sport 2016 yang bokongnya nyeleneh. Konsep serba sipit ini memberikan nuansa yang tajam dan bertenaga buas.
 
Mitsubishi GT PHEV Back
Mitsubishi GT-PHEV Back

Bocoran informasi yang dirilis TopGear.com, motor listrik mampu membawa mobil ini berjalan sejauh 75 mil, atau 120 km untuk sekali full charge. Dengan kombinasi mesin bakar dan motor listrik, jarak yang bisa ditempuh mencapai 1200 km.

 

Jumlah motor listrik dikabarkan sebanyak 3 unit dan tenaga yang dihasilkan combustion engine dan motor hybrid tersebut disalurkan dengan system All Wheel Drive (AWD). Mitsubishi akan menyematkan teknologi baru bernama Super All Wheel Control (S-AWC) yang dipadukan dengan berbagai teknologi canggih pengendalian mobil terkini.

 

Jika saja versi produksi untuk dilepas ke pasar global tidak jauh berbeda dengan konsep ini, kami yakin ini akan menjadi pembunuh efektif bagi SUV premium lainnya. Apalagi jika dibuat versi murah dengan pengurangan teknologi hybrid untuk pasar Asia dan dengan ukuran Crossover, maka mobil Mitsubishi ini bisa menghambat kedikdayaan Toyota dengan CHR-nya, atau bahkan membunuh Nissan Juke dan Honda HRV.

 

Semua belum begitu jelas, mari kita tunggu saja ditariknya cover penutup mobil konsep baru Mitsubishi ini di ajang Paris Motor Show 2016.

 

salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar