Wuling Almaz jadi Medium SUV Terlaris Indonesia pada September 2020

Pasar Otomotif Mulai Bergairah Lagi, Wuling Almaz kembali jadi Medium SUV Terlaris, Kalahkan Honda CR-V

Berita SUV Wuling

CaruserMagz.com – Wuling Almaz kembali jadi Medium SUV Terlaris Indonesia pada September 2020, mengungguli Honda CR-V, DFSK Glory i-Auto dan lainnya, berdasarkan data wholesale pada akhir quartal ke-3 2020 yang dilaporkan Gaikindo. Wuling Almaz mengungguli saingannya dengan selisih jumlah cukup signifikan hingga lebih 100% dibanding angka raihan Honda CR-V sebagai raja medium SUV sebelumnya.

Wuling Almaz dilaporkan terkirim dari pabrik ke dealer sebanyak 221 unit pada September 2020, meningkat 60,1% dibanding bulan Agustus yang tercatat sebanyak 138 unit. Hal itu menunjukkan gairah pasar otomotif yang mulai bangkit kembali setelah badai wabah Covid-19.

Berbeda dengan Almaz, Honda CR-V yang selama ini menjadi yang terlaris justru mengalami penurunan. Medium SUV Honda tersebut tercatat terkirim ke delaer sejumlah 88 unit saja selama September 2020. Menurun 37,1% dibanding Agustus yang terkirim sebanyak 140 unit.

Honda CR-V tetap lebih Layak Mahal
Honda CR-V Turbo – Medium SUV yang Nyaman dan Bertenaga

Di posisi ke-3 adalah Mazda CX-5 yang mencatatkan angka wholesale sebanyak 58 unit pada September 2020. Itu adalah peningkatan 41,4% dibanding bulan sebelumnya yang terkirim sebanyak 41 unit.

Pesaing terdekat Wuling Almaz dari sesama brand Tiongkok, DFSK Glory i-Auto mencatatkan angka 41 unit. Contender lainnya di segmen medium SUV ada Hyundai Santa Fe dikirim sebanyak 5 unit, Peugeot 3008 yang terjual 5 unit, Hyundai Tucson sebanyak 4 unit dan DFSK Glory 580 dikirim hanya 1 unit ke dealer.

Sedangkan Nissan X-Trail yang biasanya cukup laris tidak mencatatkan angka wholesale sama sekali selama September 2020, padahal sebelumnya dikirm sebanyak 61 unit ke dealer pada Agustus 2020. Nissan X-Trail memang sudah lama belum mendapat upgrade, sehingga kurang dilirik konsumen.

Berikut daftar Medium SUV Terlaris selama September 2020:

  • Wuling Almaz – 221 Unit
  • Honda CR-V – 88 unit
  • Mazda CX-5 – 58 unit
  • DFSK Glory i-Auto – 41 unit
  • Hyundai Santa Fe – 5 Unit
  • Peugeot 3008 – 5 unit
  • Hyundai Tucson – 4 unit
  • DFSK Glory 580 – 1 unit

Dari statistik tersebut kita bisa katakan bahwa harga yang terjangkau masih menjadi faktor penting dalam penjualan mobil di Indonesia. Selain itu, daya tarik Wuling Almaz memang cukup menenggelamkan Honda CR-V, berkat fitur-fiturnya yang canggih, tampilan futuristik dan kualitas interior yang modern.

Baca: Ini Alasan Honda CR-V Tetap Lebih Menarik dari Wuling Almaz

Namun menurut kami, Honda CR-V dapat dianggap berbeda segmen dengan Wuling Almaz, khususnya segmen kelas ekonomi konsumen. Karena Honda CR-V berharga Rp 500 jutaan sedangkan Almaz pada level Rp 300 jutaan. Secara performa dan teknologi mesin, kenyamanan, kenikmatan mengemudi dan tampilan desainnya, Honda CR-V juga tetap unggul dari Almaz. Namun tentu makin murah mobil, makin besar jumlah konsumen yang mampu menjangkaunya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar