Nissan dan Italdesign Persembahkan ‘Limitless’ Nissan GT-R50

CaruserMagz.com – Dalam memperingati 50 tahun kehadiran mobil sport ikonik Jepang, Nissan GT-R, Nissan bekerjasama dengan Italdesign untuk menciptakan model spesial dari sportcar yang diberi nama Nissan GT-R50.

 
Bukan hanya sebagai perayaan ulang tahun ke-50 dari Nissan GT-R, tapi juga merupakan ulang tahun ke-50 dari Italdesign, perusahaan desain otomotif asal Italia.

 
Ini adalah kali pertama bagi Nissan yang merupakan pabrikan otomotif asal Jepang berkolaborasi dengan Perusahaan Desainer dan engineering otomotif dari Italia.

 
Italdesign merupakan perusahaan ternama yang banyak mengerjakan proyek dari brand super mewah seperti Lamborghini, Audi dan model-model dari mobil Volkswagen.

 

Nissan GT-R50 Front-Back - 2
Nissan GT-R50 Front-Back – 2

“Seberapa sering Anda bertanya, ‘Bagaimana jika kami membuat GT-R tanpa batas?’ dan kemudian benar-benar membangunnya?” Kata Alfonso Albaisa, selaku Senior Vice President for Global Design dari Nissan Motor Corporation.

 
“Ini adalah gerbang langka saat dua momen besar bersinggungan, 50 tahun Italdesign membentuk dunia otomotif dan 50 tahun Nissan menghasilkan kegembiraan melalui GT-R yang ikonik. Jadi untuk merayakan konvergensi ini, Nissan dan Italdesign menciptakan GT-R khusus guna menandai 50 tahun engineering leadership,” pungkas Albaisa.

 

Nissan GT-R50 Front - Back
Nissan GT-R50 Front – Back

Penampakan digital dari Nissan GT-R50 terlihat memukau dengan balutan warna abu-abu hitam dan aksen emas yang besar di beberapa sisi eksterior. Karya Italdesign ini akan debut global di Eropa pada bulan Agustus 2018.

 
Kita masih bisa melihat aura Nissan GT-R yang kental pada konsep ini, namun detailnya menunjukkan ubahan yang lebih modern. Seperti kehadiran LED tipis, diffuser pada bumper depan, aksen emas pada bagian depan dan belakang dan lampu belakang yang seperti exhaust pesawat jet dengan lubang ditengahnya.

 

Nissan GT-R50 Back
Nissan GT-R50 Back

Baca juga:

 
Prototipe Nissan GT-R50 yang juga disebut “Limitless GT-R” ini dibalut cat berwarna abu-abu gelap kharismatik yang disebut Nissan sebagai “Liquid Kinetic Gray” dengan kombinasi aksen emas lebar yang disebut “Energetic Sigma Gold”.

 
Di dalam kabin, kita tidak akan menemukan head unit layar infotainment, karena ini adalah mobil Sport yang dipersembahkan untuk kenikmatan mengemudi dengan kecepatan tinggi. Sehingga pengemudi diharapkan lebih fokus ke jalan atau meter-cluster digital di balik lingkar kemudi.

 
Bahan interior terdiri dari dua lapisan karbon berbeda yang disematkan di konsol tengah, panel instrumen, dan pelapis pintu. Aksen emas yang senada dengan eksterior berada di sekitar exhaust AC. Sementara kursi dibalut bahan kulit hitam dan beberapa bagian pada dashboard dan doortrim dibalut bahan Alcantara hitam.

 

Nissan GT-R50 Interior-1
Nissan GT-R50 Interior-1

Bagaimana dengan bagian yang paling menarik dari sebuah mobil Sport? Dapur pacu Nissan GT-R50 ini adalah mesin  V6 twin-turbo 3,8-liter dengan improvement oleh NISMO pada turbo dan intercooler yang lebih besar, heavy-duty crankshaft, pistons, connecting rods dan bearings.

 

Injector bahan bakar juga ditingkatkan hingga mengalirkan lebih banyak bahan bakar dan memerlukan sistem asupan dan pembuangan yang dioptimalkan.

 
Hasil dari peningkatan tersebut cukup fantastis, yaitu tenaga 720 PS (710 HP) pada 7.100 rpm dan torsi 780 Nm pada 3.600 dan 5.600 rpm. Itu adalah output tenaga yang sama dengan supercar paling bertenaga lainnya yang bermesin V8, seperti Ferrari 488 Pista, McLaren 720S, Lamborghini Aventador dan lain sebagainya.

 
Sistem All Wheel Drive dari Nissan GR-R50 ini digerakkan oleh mesin V6 tersebut dengan perantara Transmisi dual-clutch 6-percepatan.  Sedangkan Suspensi menggunakan peredam Adjustable Bilstein DampTronic.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar