Aliansi Renault-Nissan Terbesar Kedua dalam Penjualan Mobil Global

CaruserMagz.com – Aliansi Renault-Nissan menjelma menjadi raksasa otomotif dunia setelah mengakuisisi saham Mitsubishi. Hal tersebut dibuktikan dalam kompetisi penjualan mobil secara global.

 

Aliansi Nissan berhasil merangsek ke posisi ke-2 pada statistik penjualan kuartal pertama tahun 2017, melewati General Motors (Chevrolet Group) dan Volkswagen Group yang tahun lalu memimpin. Sedangkan posisi pertama kini diduduki Toyota yang berhasil menendang VW dari singgasana.

 

Sesuai prediksi kami sebelumnya, bahwa Aliansi Nissan akan menjadi sangat besar dengan bergabungnya Mitsubishi. Aliansi telah melorotkan 2 raksasa otomotif lain dari posisinya. Ini juga ancaman bagi raksasa Jepang, Toyota. Bukan tidak mungkin Aliansi Renault-Nissan akan terus melanjutkan tren peningkatan hingga melampaui kedikdayan Toyota secara global.

 

Pada akhir tahun  2016 yang lalu, Aliansi Renault-Nissan mulai mengancam GM dari posisi tiga besar dengan penambahan Mitsubishi Motors dalam portofolio produknya, yaitu hanya selisih sekitar 4.000 unit dari General Motors. Kemudian Aliansi melesat ke posisi kedua pada akhir kuartal pertama 2017.

 

Forbes melaporkan bahwa, jika tren ini berlanjut, Aliansi Renault-Nissan diperkirakan akan menorehkan angka penjualan hingga 10,5 juta unit mobil di seluruh dunia pada akhir 2017.

 

Aliansi Nissan hanya berselisih 54.535 unit dari pemimpin sementara, Toyota. Sedangkan Group Volkswagen mengalami penurunan dan General Motors juga kehilangan momentum dalam kompetisi, yang akhirnya kedua pabrikan besar tersebut dilewati Aliansi Renault-Nissan.

 

Renault-Nissan mencatatkan angka peningkatan sebesar 7,4% dengan total 3.471.808 unit mobil terjual hingga akhir April 2017. Sementara Toyota berhasil mengambil mahkota dengan pertumbuhan 7,8% atau 3.526.343 unit. VW Auto Group yang merupakan juara tahun lalu mengalami penurunan 0,7% dengan total penjualan 3.336.202 unit terjual dalam empat bulan pertama 2017.

 

Sebenarnya Volkswagen masih punya harapan menjelang awal kuartal kedua, karena meskipun mengalami penurunan total penjualan, Volkswagen masih menjual lebih banyak unit kendaraan dibanding Toyota dan Renault-Nissan pada bulan April.

 

Volkswagen menjual total 841.200 mobil di seluruh dunia selama bulan April 2017, jumlah itu 20 ribuan lebih banyak dibanding Toyota yang mencatatkan penjualan sebanyak 819.092 unit dan Renault-Nissan yang menjual 813.448 unit.

 

Dbanding periode yang sama pada tahun 2016 yang lalu, hanya Toyota yang berhasil melanjutkan tren peningkatan penjualan, yaitu sebesar 8,7%. Sementara VW Group turun sebesar 1,4% dibanding kuartal pertama 2016.

 

Akan seperti apa peta automaker global hingga akhir tahun 2017 ini? Akankan hanya menjadi arena bagi group raksasa Jepang, yaitu Toyota vs Nissan. Sementara di negara-negara berkembang, pabrikan mobil Amerika seperti GM dan Ford harus menyerah dan hengkang, Raksasa Jepang seperti Toyota dan Honda makin membesar.

 

Salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."