Hyundai Santa Fe Generasi Baru Diluncurkan di GIIAS 2018?

CaruserMagz.com – Hyundai sudah memastikan diri perpartisipasi dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang di helat pada tanggal 2 hingga 12 Agustus 2018. Bahkan PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) sudah memberi pernyataan bahwa pihaknya akan menghadirkan 2 mobil baru pada ajang tersebut.

 
Salah satu mobil baru tersebut adalah Hyundai H-1 yang telah diperkenalkan di Jakarta pada Selasa, 3 Juli 2018 yang lalu, walau peluncuran resminya baru akan dilakukan pada ajang GIIAS 2018 Agustus mendatang.

 
Pertanyaan selanjutnya adalah mobil apakah gerangan model kedua yang akan diluncurkan Hyundai Indonesia pada ajang otomotif terbesar di Indonesia  yang akan digelar di Serpong, Tangerang tersebut.

 
“Satu lagi belum bisa kami beritahukan,” ujar Mukiat Sutikno selaku President Director of PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) saat acara pengenalan Hyundai H-1 facelift (3/7) di Jakarta.

 
Walau pihak HMI belum mau buka mulut, tentu media sudah punya rekam jejak pernyataan-pernyataan orang-orang penting di Hyundai Indonesia terkait mobil apa yang akan hadir di Indonesia. Pasalnya pada awal tahun 2018, pihak HMI pernah menyampaikan akan menghadirkan Hyundai Santa Fe generasi ke-empat pada tahun 2018.

 
Selain itu, perkiraan bahwa model baru tersebut adalah Next-gen Hyundai Santa Fe dikuatkan dengan fakta bahwa SUV 7-Seater tersebut adalah salah satu model Hyundai terlaris di Indonesia selain H-1 dan Tucson.

 

Hyundai Santa Fe Generasi ke-4 – Tampak Belakang

Baca juga:

 
Hyundai Santa Fe generasi terbaru sebenarnya sangat berbeda dari generasi sebelumnya yang sekarang masih dijual di Indonesia hingga berita ini kami tulis. Jika sobat membayangkan All New Santa Fe itu masih seganteng model sebelumnya, maka akan sangat berbeda pada generasi baru.

 
Karena menurut kami Hyundai Santa Fe generasi baru ini bergeser dari gagah-sporty ke arah kalem-elegan layaknya mobil mewah Eropa. Perubahan tidak hanya pada raut ukiran wajahnya, tapi juga pada keseluruhan bentuk yang jadi lebih landai dan kalem.

 
Positifnya secara dimensi banyak perubahan yang lebih menjanjikan kenyamanan bagi penumpangnya. Misalnya visibilitas di semua kabin yang membaik dengan berkat kaca lebih lebar, khususnya di baris ketiga. wheelbase yang makin panjang hingga 2.765 mm membuat ruang kaki baris kedua bertambah 38 mm, ruang kepala juga lebih luas di baris kedua dan ketiga.

 
Pada Santa Fe versi Amerika, SUV 7-penumpang ini telah dilengkapi berbagai fitur canggih kekinian, seperti fitur-fitur keselamatan aktif yang antara lain: 6-airbags, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist, ear Occupant Alert, Safety Exit Assist, Lane Keeping Assist, dan Blind Spot Collision Warning.

 
Hal yang sangat menarik dari Hyundai Santa Fe adalah mesinnya yang sangat berkelas, bertenaga besar dan punya kehalusan yang memberi kenyamanan luar biasa, bahkan mesin dieselnya terasa sehalus mesin bensin.

 

Hyundai Santa Fe Generasi Baru - Interior
Hyundai Santa Fe Generasi Baru – Interior

 
Namun jangan terlalu banyak berharap pada SUV Korea ini dalam versi Indonesianya, karena melihat Santa Fe generasi sebelumnya dan pada umumnya mobil dari pabrikan ini, akan mengalami banyak pengurangan fitur untuk mengejar harga jual yang kompetitif, walau tetap lebih mahal dari SUV CKD Jepang yang notabene punya fitur lebih bejibun seperti Honda CR-V Turbo dan Nissan X-Trail.

 
Petinggi HMI pernah menyampaikan bahwa mereka tahu ekspektasi konsumen Indonesia sangat tinggi akan spesifikasi dan fitur karena begitu mudahnya informasi di dapat mengenai mobil ini di luar negeri.

 
Terlepas dari itu, standar harga akan membuat calon konsumen menbandingkan mobil ini dengan kompetitor dalam hal fitur, kualitas, kenyamanan, styling yang pada akhirnya berujung pada value-for-money.

 
Dengan jumlah uang yang sama atau lebih sedikit, namun bisa mendapatkan mobil dengan fitur lebih banyak, service lebih murah dan kenyamanan yang relatif sama atau lebih baik. Tentu akan membuat konsumen berfikir berkali-kali untuk membeli Santa Fe, jika mereka tidak punya keterikatan hati pada SUV Korea ini.

 
Semoga Hyundai bisa menawarkan fitur-fitur canggih untuk konsumen Indonesia dalam Santa Fe generasi baru tersebut. Bukan hanya menjual tampilan mewahnya saja dengan harga lebih mahal namun banyak tombol kosong pada kokpit-nya.

 
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar