Mobil Listrik Honda E akan Masuk Indonesia, Semoga Semurah Brio!

Honda E - Mobil Listrik Retro

CaruserMagz.comMobil Listrik Honda E akan Masuk Indonesia? – Rencana Honda untuk memasukkan mobil listrik sepenuhnya terendus media melalui situs data kekayaan intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia, dengan pendaftaran paten desain atas nama Honda Motor Co, Ltd.

Mobil Listrik Honda E masuk Indonesia
Mobil Listrik Honda E masuk Indonesia?

Paten desain bernomor permohonan A00201901438 tersebut memuat gambar mobil Honda E yang telah lebih dulu debut global di Eropa pada ajang Frankfurt Motor Show 2019 silam.

Dalam keterangannya, perlindungan terhadap paten tersebut dimulai pada 10 Mei 2019 dan akan berakhir pada 10 Mei 2029.

Paten Honda E di situs Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI
Paten Honda E di situs Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI

Walau belum ada keterangan resmi mengenai kapan mobil listrik sepenuhnya ini akan mengaspal di Indonesia, namun biasanya terdaftar paten ini menandakan tidak akan begitu lama lagi.

Jika sudah ada mobil listrik murni berharga terjangkau buatan pabrikan Jepang di Indonesia, maka kita benar-benar bisa mengatakan “Selamat Datang Era Mobil Listrik“. Karena itu artinya mobil listrik akan segera menjamur di jalanan Indonesia.

Honda E akan masuk Indonesia
Honda E – Tampak Belakang

Hal yang menarik dari Honda E ini adalah desainnya yang khas retro modern. Ini mengingatkan kita pada VW Beetle versi modern. Akan sangat menarik untuk dijadikan tunggangan sehari-hari yang efisien, senyap dan ramah lingkungan.

Interiornya juga membawa nuansa retro, namun penuh dengan suasana digital berkat banyaknya layar monitor, hingga untuk display kamera spion di sisi kiri dan kanan dashboard.

Interior Mobil Listrik H
Interior Honda E – Mobil Listrik

Honda E di Eropa memiliki dimensi panjang 3.984 mm, lebar 1.752 mm, dan tinggi 1.512 mm. Jarak antar sumbu rodanya 2.358 mm, dan Ground Clearance 145,2 mm. Itu artinya dapat kita bayangkan semisal Honda Brio lebih panjang sedikit.

Untuk spesifikasi jantung pacunya, Honda E ini dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 35,5 kWh yang bisa mendukung perjalanan sejauh 220 km dari kondisi baterai penuh. Itu sudah lebih dari cukup untuk penggunaan dalam kota.

Motor listriknya memiliki output 136 ps dan torsi 315 Nm, yang mampu melajukan EV ini dari diam ke 100 km/jam dalam 9 detik. Kecepatan maksimalnya hingga 145 km/jam.

Baca juga: Tesla akan Luncurkan Mobil Listrik 300 Jutaan

Jika benar mobil listrik Honda E akan masuk Indonesia, ini bisa menjadi harapan bagi kalangan ekonomi menengah untuk menikmati mobil listrik. Karena kemungkinan harganya akan cukup terjangkau dan dimensinya cukup mungil untuk masyarakat perkotaan yang ramai.

Di Inggris, mobil EV ini dibanderol mulai 28,215 pounsterling, atau sekitar Rp 550 jutaan. Namun itu dengan berbagai fitur canggih yang belum lazim di Indonesia. Artinya, dengan penyunatan fitur-fitur canggih tersebut, sangat mungkin mobil ini ada versi murahnya di Indonesia.

Tulis Komentar