Mobil Listrik Xiaomi Mengaspal 2024, Harga Dijanjikan Terjangkau

Mobil Listrik Xiaomi Hadir 2024-2025

CaruserMagz.com – Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi, Lei Jun, mengatakan pada media bahwa pihaknya akan mulai menjual mobil listrik Xiaomi 3 tahun lagi dari sekarang. Artinya bisa jadi pada akhir 2024 atau awal 2025, kita akan melihat mobil berlogo Xiaomi berseliweran di jalan raya.

Xiaomi sendiri telah meresmikan pendirian unit bisnis mobil listriknya, sebagai perusahaan otomotif dengan nama “Xiaomi EV Company Limited” pada Agustus 2021 lalu.

Selanjutnya anak perusahaan Xiaomi ini telah merekrut banyak karyawan baru untuk mengerjakan proyek besar tersebut. Sementara riset dan berbagai kerjasama dengan perusahaan-perusahaan terkait lainnya telah dilakukan secara berkelanjutan sejak beberapa tahun terakhir.

Tak sekedar mobil listrik, Xiaomi berencana langsung membuat mobil listrik dengan teknologi mobil otonom. Perusahaan tersebut dikabarkan telah menjalin kerjasama akuisisi senilai Rp 1,1 Truliun dengan Deepmotion, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi self-driving.

Mobil EV Xiaomi Dijanjikan Meluncur pada 2024-2025
Mobil EV Xiaomi Dijanjikan Meluncur pada 2024-2025

Mengenai teknologi mobilnya, Xiaomi disebut akan membangun mobilnya sendiri. Artinya perusahaan yang terkenal dengan perangkat elektronik dan smartphone ini akan membangun pabrik mobil dan pusat pengembangan teknologi otomotifnya sendiri.

Dengan kabar ini, berarti maping rantai pasokan hingga distribusi untuk produksi mobil Xiaomi telah dipetakan semua, dan kini sudah memulai start-nya di dunia nyata.

Bagusnya lagi, pihak Xiaomi sendiri mengatakan bahwa mobil listrik yang akan mereka buat bukanlah mobil premium semisal Tesla atau mobil listrik dari merek premium Eropa, melainkan mobil listrik dengan harga terjangkau, untuk kalangan menengah ke bawah.

Itu artinya, Xiaomi bisa saja menjadi pendobrak pasar otomotif mobil listrik, dari banderol harga selangit menjadi mobil listrik berharga layaknya mobil berbahan bakar minyak saat ini.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar