Toyota GR 86 Debut Global Bersama Subaru BRZ, Dipersembahkan untuk Kegembiraan Mengemudi

Toyota GR86 - front

CaruserMagz.com – TOYOTA GAZOO Racing (TGR) menggelar debut global Toyota GR 86 pada Senin, 5 April 2021, secara online. Peluncuran ini dilaksanakan berbarengan dengan peluncuran kembaran GR 86 dari Subaru yaitu Subaru BRZ.

Sama halnya dengan GR Supra dan GR Yaris, New GR 86 adalah model global ketiga dalam seri mobil sport GR TGR. Di Jepang, GR 86 baru ini dijadwalkan meluncur pada musim gugur 2021, atau sekitar bulan September.

Toyota mengembangkan tipe GR dari 86 untuk mewujudkan kegembiraan berkendara yang melekat pada mobil sport kepada pelanggan, khususnya pecinta Toyota 86 yang legendaris.

Toyota New GR 86 2021
Toyota New GR 86 2021

Toyota 86 merupakan sportcar bermesin depan, namun berpenggerak roda belakang (RWD). Hal itu disebut menghasilkan pengendalian intuitif dan respon yang menyenangkan naluri pengemudi.

Total sudah lebih dari 200.000 unit Toyota 86 terjual di seluruh dunia. Sejak tahun 2012, Toyota 86 telah digunakan sebagai model dasar untuk berbagai olahraga motor sport termasuk reli, balapan satu merek, gymkhana, dan dirt-trial, sementara yang lain telah disesuaikan secara unik.

Toyota New GR 86 dan Subaru New BRZ dikembangkan secara bersama. Meskipun kedua mobil ini berbagi basis kendaraan yang sama, kedua pabrikan menyematkan ciri khas desain masing-masing dan menghadirkan rasa berkendara berbeda.

Toyota GR 86 dan Subaru BRZ - 2021
Toyota GR 86 dan Subaru BRZ – 2021

Sportcar kembar ini disebut sebagai friendly rivalry, atau persaingan persahabatan. Pengembangan sportcar ini merupakan salah satu perwujudan dari aliansi modal dari kedua perusahaan.

GR 86 dan BRZ disebut bukan hanya contoh konkrit dari komitmen kedua pabrikan untuk membuat mobil yang lebih baik, tetapi juga merupakan upaya untuk menumbangkan ide-ide konvensional dalam kerjasama di industri otomotif.

Baca juga: Begini Garangnya Yaris versi Balapan WRC

Highlight Utama pada Peluncuran Toyota New GR 86

Eksterior

Desain eksterior ditujukan untuk pengendalian responsif dan keindahan yang fungsional. Desain aerodinamika terlihat ciamik dari keseluruhan tampilan sportcar ini. Sedap dipandang dari semua sisi dan garis-garisnya sangat fungsional untuk mengurangi hambaan udara.

New GR 86 Exterior
New GR 86 Exterior

Fascia depan GR 86 ini dilengkapi dengan GR-specific Functional MATRIX Grille, yang disebut memadukan kinerja dan emosi. Grill itu nampak sedikit berbentuk trapesium namun lebih dominan mengotak yang mengingatkan kita pada GR Yaris.

Lubang udara di sisi kiri-kanan bumper terlihat bagus dan itu benar-benar lubang yang berfungsi mengasup udara untuk mendinginkan ban dan dikeluarkan dari sisi belakang spatbor roda depan.

GR 86 2021 - Front & Rear
GR 86 2021 – Front & Rear

Perpaduan antara lampu depannya dengan hidung depan landai seolah ini merupakan seperti versi tajam dari Porsche 911. Dari sisi samping, terlihat sangat proporsional dan kami kira ini lebih sedap dipandang dari Toyota Supra yang kembaran dengan BMW Z4.

Di belakang lebih dramatis dengan pipa knalpot kembar yang seolah akan menyemburkan api, pintu bagasi dengan ducktail rear spoiler. Lampu belakang terlihat menawan dengan bentuk tajam horizontal dan dengan aksen hitam yang menyatukan kedua lampu.

Toyota GR 86 Rear White
Toyota GR 86 Rear White

Perbedaan Toyota GR 86 ini dari Subaru BRZ adalah pada bumper dan grill depan, dimana Subaru BRZ terlihat memiliki grill hexagonal, lubang udara di sisi bumper yang membulat di bagian bawah dan front diffuser yang berwarna hitam.

Interior

Sistem operasi yang mencakup berbagai sakelar dan panel instrumen beraksen horizontal ditempatkan secara optimal untuk menciptakan ruang yang memungkinkan pengemudi dapat berkonsentrasi saat berkendara.

Toyota GR86 Interior
Toyota GR86 Interior

Layar infotainment berupa layar TFT 7-inci. Tombol-tombol tuas pengaturan dibuat dengan model tuas seperti di kokpit pesawat, memberi kesan poweful. AC-nya sudah dual zone dengan pengaturan kenop putar dan display digital.

Hal unik adalah urutan animasi pembukaan di head unit yang diinspirasi dari gerakan piston mesin GR 86 yang berlawanan secara horizontal, untuk menumbuhkan rasa kegembiraan berkendara bahkan sebelum mobil dijalankan.

GR86 Center Console
GR86 Center Console

Mesin

Bagian paling penting dari sebuah sportcar tentu adalah mesinnya. GR 86 dibekali mesin 4-silinder baru yang evolusioner berkapasitas 2,4L horizontal untuk mempertahankan kualitas unik dari 86.

Mesin tersebut diklaim lebih ringan dan kompak dengan pusat gravitasi rendah sejalan desain eksteriornya. New GR 86 memiliki mesin yang lebih besar dari 86 sebelumnya yang bermesin 2.0-Liter.

GR 86 - Engine
GR 86 – Engine

Peningkatan tersebut memberikan performa yang lebih baik. Diklaim mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam dalam 6,3 detik, lebih cepat 1,1 detik dari 86 versi lawas yang memerlukan 7,4 detik.

Ouput tenaganya adalah 235 ps pada 7.000 rpm dan torsi 250 Nm sejak 3.700 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 6-percepatan.

Respon mesinnya diklaim telah ditingkatkan untuk memberikan sensasi mulus dan bebas stres dari rpm rendah hingga tinggi.

Komponen Aerodinamis berakar pada Motor Sport

Toyota GR 86 diberi komponen aerodinamis yang diambil dari model 86 yang mengikuti ajang balapan sesungguhnya. Seperti kenalpot, spoiler samping, dan bagian-bagian lain yang meningkatkan respons dan stabilitas pengendalian.

Toyota GR 86 Side
Toyota GR 86 Side

Kelincahan

Dengan posisi mesin di depan, pusat gravitasi rendah, berpenggerak roda belakang, body yang rendah dan lebar, membuat New GR 86 memiliki kelincahan yang lebih baik serta pengendalian lebih stabil.

Pengurangan bobot dengan mengganti bahan beberapa bagian ke aluminium meningkatkan rasio power dan menurunkan pusat gravitasi. Bagian tersebut antara lain panel atap, spatbor dan muffler. Jok pada kursi juga dibuat lebih ringan untuk pengurangan bobot.

Kekakuan body dan torsi ditingkatkan sekitar 50% dibandingkan model sebelumnya untuk stabilitas kemudi yang lebih baik dan pengendalian yang lebih menyenangkan.

Toyota New GR 86 2021-Rear
Toyota New GR 86 2021-Rear

Fitur Keselamatan Canggih

Mengenai pengendalian dan kesenangan mengemudi, GR 86 didesain untuk mewarisi DNA mobil sport layaknya mobil di lintasan balapan. Namun ia juga dibuat tetap aman dan nyaman untuk pengendaraan di jalan raya.

Untuk itu, versi AT dari GR 86 menggunakan teknologi bantuan mengemudi milik Subaru yang disebut Subaru EyeSight.

Sistem teknologi keselamatan komprehensif tersebut meliputi teknologi keamanan pra-tabrakan yang membantu menghindari atau mengurangi dampak tabrakan, dukungan penyelamatan darurat dan bantuan menghindai tabrakan sekunder jika terjadi kecelakaan.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar