MMC: Crossover MPV paduan DNA Sport Mitsubishi dan Kebutuhan Konsumen

CaruserMagz.com – Seperti telah diumumkan oleh Mitubishi Motors Corporation (MMC) melalui akun resminya, bahwa mereka akan meluncurkan mobil baru yang disebut “Mitsubishi New Crossover MPV” pada Selasa, 12 November 2019.

 
Mungkin sebagian kita merasa strategi Mitsubishi ini cukup unik atau bahkan aneh, karena mencampurkan 2 segmen yang berbeda. Hingga menyebut satu mobil dengan 2 segmen sekaligus, yaitu SUV dan MPV. Padahal Low MPV Mitsubishi yang sudah ada sekarang dalam tampilannya sudah seperti crossover.

 
Ya, Mitsubishi Xpander sejak kehadirannya memang ditampilkan bak seekor SUV, bahkan mobil konsepnya lebih seperti SUV garang dibanding MPV. Namun pada akhirnya Xpander sejatinya adalah MPV, sehingga nuansa Crossovernya banyak berkurang di versi produksi.

 
Memang cukup banyak pecinta otomotif mengungkapkan ketidakpuasan mereka akan harapan bahwa Xpander adalah Low SUV, namun segmen SUV tetaplah bukan pasar yang lebih gemuk dibanding MPV, sehingga segmen Low MPV masih jauh lebih menarik bagi pabrikan ketimbang Low SUV.

 

Xpander Cross saat uji jalan - Mitsubishi Crossover MPV
Xpander Cross saat uji jalan – Mitsubishi Crossover MPV

Tapi pihak Mitsubishi ternyata tidak berhenti disitu, mereka terus melakukan riset mengenai kebutuhan konsumen khususnya di Indonesia. Bukan hanya ekspektasi konsumen pada tampilan Xpander. Namun juga dari sisi kebutuhan di masa depan akan kendaraan keluarga yang mampu memenuhi mobilitas keluarga muda yang dinamis.

 
Hal itu disampaikan oleh Minoru Uehara, tim desainer MMC, saat menjelaskan latar belakang lahirnya Mitsubishi Crossover MPV pada media di Proving Ground Mitsubishi di Okazaki, Nagoya, Jepang.

 
Kami melakukan survey lebih mendalam terhadap kebutuhan kendaraan di masa datang pada banyak konsumen di Indonesia,” jelas Uehara.

 
Menurut Uehara, survey yang mereka lakukan menyimpulkan bahwa ada perubahan gaya hidup pada pengguna mobil keluarga di Indonesia, yaitu mobil tidak sekedar digunakan untuk mobilitas sehari-hari di kota, tapi juga sering digunakan untuk berwisata advanture.

 
Sedangkan Low MPV bukanlah mobil yang mampu menerjang semua medan advanture yang beragam. Untuk itu, Mitsubishi merasa perlu memehuni kebutuhan tersebut dengan menyediakan mobil yang lebih tangguh sesuai DNA Mitsubishi yang memang telah lama menonjol dalam hal performa.

 
Menurut Uehara, Mitsubishi diminati konsumen dunia karena ketangguhannya. “Ketangguhan, citarasa mengemudi dengan percaya diri dan bergengsi sangat kental (pada mobil-mobil Mitsubishi),” ujar Minoru Uehara.

 
Rumor yang beredar di media, Crossover MPV ini merupakan varian baru dari Mitsubishi Xpander yang disinyalir merupakan Xpander Cross Jadi mobil ini tetaplah MPV, hanya saja punya DNA Crossover yang memiliki beberapa kelebihan dibanding varian standar.

 
Belum dijelaskan, apa saja kelebihan Crossover MPV ini dibanding Xpander yang kita kenal, namun dari teaser dan foto-foto dalam balutan kamuflase, kita bisa lihat ada revisi pada wajah depannya, ground clearance yang lebih tinggi dan punya berbagai aksesoris Crossover seperti roof rail dan fender yang besar.

 
Semoga saja ada juga penambahan torsi dan tenaga mesin agar mobil ini mampu melahap medan off-road. Begitu juga dengan kaki-kaki semoga direvisi dengan kemampuan Crossover sebenarnya, misalnya ukuran ban yang lebih lebar dan suspensi yang lebih kokoh.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Find more about me through below Social Media Buttons.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar