Mitsubishi New Xpander 2022 Diluncurkan dengan Perubahan Signifikan, Lebih Mewah dari Avanza Cs!

New Xpander 2022 - Facelift Major Change

CaruserMagz.comMitsubishi New Xpander 2022 Debut Global – Mitsubishi mencuri start peluncuran versi penyegaran Xpander dan Xpander Cross, dari kompetitor terkuat yang akan hadir sebagai generasi baru, yaitu kembaran Avanza-Xenia yang akan diluncurkan pada tanggal 10 November 2021.

New Xpander dan New Xpander Cross diluncurkan pada Senin, 8 November 2021 secara virtual di website resmi mitsubishi-motors.co.id. Lebih dulu 2 hari dari Avanza-Xenia Generasi baru.

Strategi curi start ini cukup berhasil meredam hebohnya kehadiran duo LMPV terkuat dari Toyota-Daihatsu, untuk sementara waktu.

Mitsubishi New Xpander 2022 dan New Xpander Cross
Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross 2022

New Xpander dan Xpander Cross 2022 ini memang bukanlah generasi baru, tapi ternyata perubahannya cukup signifikan seolah menaikkan kelas Xpander jadi lebih mewah, baik di tampilan eksterior maupun interiornya.

Perubahan signifikan nampak pada eksterior Xpander, sedangkan pada Xpander Cross terlihat minim. Namun pada bagian interior, keduanya mendapat ubahan signifikan.

New Xpander Cross - Facelift Major Change
New Xpander Cross – Facelift Major Change

Perubahan Mitsubishi New Xpander 2022 dan New Xpander Cross

Apa saja yang berubah dari New Xpander dan New Xpander Cross ini? Berikut daftarnya:

  • Fascia Depan (Wajah) – Fascia depan Xpander jadi lebih mulus dengan berkurangnya lekukan bodi di sekitar headlamp, dan berkurangnya aksen krom. Keseluruhan jadi terlihat lebih mewah dari versi lama.
  • Fascia Belakang – Senada dengan depan, belakang juga terlihat lebih mewah dengan bumper yang lebih modern.
  • Aksen piano black – Baik di depan maupun di belakang, aksen piano black membuat Xpander dan Xpander Cross terlihat lebih premium.
  • Lampu LED T-Shape di depan dan belakang – Ini adalah perubahan yang paling membuat Xpander eye-catching, karena berubah dari kesan jadul menjadi lebih modern.
  • Desain Velg – Velg lebih sporty dan lebih sedap dipandang dengan ukuran 17-inci yang proporsional dengan body mobil.
  • Ground Clearance lebih tinggi – GC bertambah 15 mm dari sebelumnya 205mm jadi 220 mm. Maka Xpander jadi LMV yang memiliki GC tertinggi di kelasnya, yang artinya daya jelajahnya adalah yang terbaik.
  • Upgrade Suspensi – Mitsubishi mengabarkan bahwa mereka telah meningkatkan kemampuan suspensi dalam membuat mobil lebih stabil dengan GC yang lebih tinggi, sehingga mobil ini diklaim lebih fun-to-drive.
  • Transmisi CVT – Perubahan dari matic conventional ke CVT diharapkan membuat Xpander 2022 ini jadi lebih halus dan lebih irit bahan bakar.
  • Desain Dashboard Baru – Di interior, dashboard didesain ulang jadi lebih mengotak dan lebih rapi. Kesan SUV modern lebih kental dari versi sebelumnya. Sedikit banyak dashboard Xpander facelift ini mengingatkan kita pada dashboard Land-Rover Discovery. Great Job Mitsubishi!
  • Konsol Tengah Baru – konsol tengah terlihat lebih solid dan bertambah kesan mewah dibanding sebelumnya.
  • Head Unit Baru – Head unit kini menggunakan layar sentuh berukuran 8-inci.
  • AC Digital – seolah menjawab kritik, Mitsubishi memperbarui panel AC dari pengaturan manual kenop putar menjadi digital. Bagusnya pengaturan dengan tuas fisik yang fungsional dan dapat dioperasikan dengan tampa melihat panel AC.
  • fitur Rem Elektrik dan Auto hold – Ini adalah perubahan besar, karena tuas rem tangan yang besar dan tinggi pada versi sebelumnya sangat mengganggu pemandangan di interior. Secara fungsional, ini juga memudahkan pengemudi dan lebih aman di tanjakan.
  • Bahan Interior Soft-touch (lebih mewah) – Ini adalah perubahan yang membuat Xpander terasa lebih mewah dari semua kompetitornya, semisal Avanza-Xenia generasi baru, Ertiga dan Mobilio. Ini membuat Xpader seperti berada pada segmen yang lebih premium.
  • Lingkar Kemudi lebih Sporty – Lingkar setir dirubah jadi lebih sporty, sehingga membawa nuansa mobil SUV yang gagah.
  • Revisi posisi Arm-rest – lebih ergonomis karena lebih ditinggikan baik arm-rest di konsol depan maupun di baris kedua. Juga ada tambahan cupholder di arm-rest baris kedua.
  • Warna baru Interior Xpander Cross – Kelir baru di kabin Xpander Cross merupakan kombinasi warna hitam dan biru gelap (dongker). Ini menambah kesan elegan dari interior Low SUV Mitsubishi ini.
Perubahan Xpander Facelift
Perubahan Xpander Facelift

Perubahan-perubahan tersebut secara signifikan membuat Xpander seperti naik kelas jadi lebih mewah dari sebelumnya, juga jika dibandingkan dengan kompetitor seperti Avanza dan Xenia generasi baru, Ertiga serta Mobilio.

Terutama dari bahasa desain eksterior yang terlihat lebih singkron antara depan dan belakang dibanding versi sebelumnya. Garis-garis pada lampu belakang yang lebih tajam terlihat modern, aksen piano-black dan bentuk bumper yang lebih klimis membuatnya tampah lebih dewasa.

Interior New Xpander Facelift 2022 - Lebih Gagah dan Modern
Interior New Xpander Facelift 2022 – Lebih Gagah dan Modern

Sementara rival terkuat dari Xpander yang belum resmi diluncurkan, sudah terkuat secara detail baik tampilan eksterior maupun interiornya. Jika kami perhatikan, bahan interior Avanza dan Xenia masih dominan plastik keras yang terlihat murah, baik dari warna maupun desainnya.

Desain dan bahan kursi juga terlihat secara visual bahwa Xpander seperti beda kelas dengan Avanza cs. Ini akan membuat pertarungan jadi lebih sengit tentunya. Apakah usaha serius Mitsubishi untuk menolak tenggelam dengan kehadiran Avanza generasi baru ini akan berhasil? jika melihat perubahan ini, kami kira Xpander akan tetap berkibar.

Interior New Xpander Cross - Dashboard Lebih Gagah
Interior New Xpander Cross – Dashboard Lebih Gagah

Kekurangan Xpander Facelift 2022

Perubahan yang membuat Xpander terlihat lebih rapi, lebih dewasa dan juga lebih modern adalah perubahan yang kami sukai. Namun ada beberapa hal yang masih disayangkan menurut hemat kami, yaitu sebagai berikut:

  • Warna interior beige-cerah – Ini memang berkesan mewah jika mobil masih baru, karena identik dengan mobil-mobil premium. Namun dengan penggunaan dalam waktu lama, apalagi ini adalah mobil keluarga, warna tersebut akan mudah nampak kotor dan kumal. Sehingga pemilik mobil ini harus lebih rajin membersihkan mobilnya, atau merogoh kocek dalam untuk memasang pelapis jok permanen yang berwana lebih gelap.
  • Masih belum ada Xpander Ultimate dengan interior gelap – Warna interior full hitam masih disediakan hanya untuk tipe Sport, sementara tipe Ultimate sebagai yang termewah, masih menggunakan warna beige.
  • Fitur kamera 360 yang ada pada varian Rockford Fosgate versi sebelumnya ternyata tidak dibawa ke Xpander facelift terbaru ini. Cukup disayangkan, karena fitur itu akan menambah value for money cukup signifikan.
  • Belum ada varian berfitur Sensing – bagian ini kami kira penting ada, minimal pada varian flagship. Karena kompetitor sudah bermain di ranah fitur canggih tersebut disegmen yang sama.
Interior New Xpander tipe Sport - Full Warna Gelap
Interior New Xpander tipe Sport – Full Warna Gelap

Baca juga: Rekomendasi Mobil Keluarga Paling Irit BBM

Itulah daftar perubahan Mitsubishi New Xpander Facelift 2022. Mitsubishi sepertinya memiliki ego untuk membuat Xpander tetap lebih unggul dari rivalnya, Toyota Avanza, dalam banyak hal. Sehingga konsumen yang memiliki Xpander tetap memiliki pride yang lebih tinggi dari mobil sejuta umatnya Toyota.

Mitsubishi belum mengumumkan harga Xpander facelift saat artikel ini kami rilis. Namun kami kira, dengan perubahan signifikan dan beberapa bagian lebih mewah, Xpander tetap akan lebih mahal dibanding Avanza-Xenia generasi baru, kecuali jika dibandingkan dengan Veloz yang berfitur TSS.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar