Mesin LMPV Hyundai ‘Stargazer’ akan Lebih Bertenaga dari Avanza dan Xpander

Render Spekulatif Hyundai Stargazer - Lawan xpander dkk

Share

CaruserMagz.comSeperti Apa Mesin LMPV Hyundai yang disebut Stargazer? – Sebagaimana telah diberitakan oleh banyak media sejak awal pendirian pabrik Hyundai di Cikarang, bahwa pabrikan Korea Selatan tersebut akan menyerang segmen Low MPV untuk menantang Avanza dan Xpander Cs.

Belakangan ternyata saudara segrup Hyundai lah yang disinyalir akan segera meluncurkan mobil Low MPV di indonesia, yaitu Kia Carens generasi baru dengan status CBU India.

Beli Karpet Premium dari FRONTIER atau HAIMA
karpet-misima karpet-haima
Tersedia untuk semua mobil: Avanza-Xenia-Calya-Sigra-Brio-Agya
Rush-Terios-HRV-BRV-CRV-Innova-Fortuner-Xpander-XL7-dll

Juga masih berupa rumor, bahwa LMPV Hyundai yang akan diproduksi di pabrik milik Hyundai Motor Indonesia (HMID) Cikarang, akan bernama Hyundai Stargazer.

Dari tangkapan kamera spyshot di Korea Selatan, sosok LMPV tersebut akan menggunakan bahasa desain yang mirip dengan Hyundai Staria, yang banyak dibully netizen +62 sebagai Espas versi modern.

Baca: Bentuk LMPV Hyundai Terdeteksi Mirip Staria

Bentuk LMPV Hyundai Stargazer di sisi samping
Hyundai Stargazer dalam balutan kamuflase

Ada info terbaru dari OtoDriver yang mengaku mendapat bocoran valid dari sumber terpercaya mereka, mengenai akan seperti apa dapurpacu LMPV Hyundai buatan HMID Cikarang.

Menurut sumber tersebut, Hyundai Stargazer akan menantang Avanza Cs dengan mesin yang lebih bertenaga, yaitu mesin yang sama dengan salah satu varian Kia Carens.

Mesin tersebut adalah mesin bensin 1,5 liter Natually Aspirated yang juga sama dengan milik Kia Sonet. Mesin itu berteknologi Smartstream Gamma II, DOHC, Dual CVVT.

Kubikasi detilnya adalah 1.497 cc,  4-Silinder yang menghasilkan tenaga 115 PS (113 HP) pada 6300 rpm dan memiliki torsi 144 Nm pada 4500 rpm.

Untuk transmisi, diperkirakan mobil tersebut akan menggunakan CVT canggih seperti yang ada pada Hyundai Creta, yaitu yang disebut Intelligent Variable Transmission (I-VT).

Jika informasi mengenai mesin LMPV Hyundai ini benar, maka Stargazer akan memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar dibanding Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Mengingat Hyundai juga sepertinya menyematkan teknologi fitur-fitur ADAS dan konektifitas yang canggih, maka sangat mungkin Stargazer jauh lebih menarik dari LMPV mainstream dalam banyak hal termasuk mesinnya.

Namun, merujuk ke Kia Carens yang akan segera diluncurkan, mungkin harga Stargazer akan berada pada level Low SUV atau bahkan Medium MPV, yaitu Rp 300 – 400 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)