Mobil Modern Lebih Aman dari Mobil Lama

Mengapa Mobil Modern Lebih Aman dari Mobil Tua, Walau Banyak Bahan Plastik

AutoWorld
CaruserMagz.com – Mobil modern di masa kini diklaim lebih aman dibanding mobil tua era tahun 90an dan sebelumnya. Padahal mobil modern dibuat dari bahan yang lebih ringan dan body-nya bahkan sebagian terbuat dari plastik, sedangkan mobil lama berbahan baja yang berat, body tebal dan semua bagian depan dan belakang mobil berbahan logam yang tebal.

 
Konstruksi mobil lama banyak berbahan baja baik untuk kerangka, maupun beberapa bagian body. Bahkan bagian bumper depan dan belakang dibuat dari bahan logam yang tebal dan berat. Mungkin terkesan aman dan mobil akan kokoh saat terjadi tabrakan atau menabrak benda keras.

 
Namun ternyata itu membuat mobil menjadi tidak aman untuk penumpang, dengan bahan logam keras di bagian body dan bumper, energi benturan sepenuhnya terserap ke tubuh penumpang, sehingga risiko kematian jadi besar saat terjadi kecelakaan.

 
Sedangkan mobil modern dibangun dengan pertimbangan keselamatan yang tinggi dan rinci. Apalagi dengan berkembangan teknologi yang makin canggih, membuat berbagai antisipasi terhadap banyak kemungkinan kecelakaan menjadi mungkin dilakukan.

 

Kendaraan Modern Dibangun dengan Pertimbangan Keselamatan Penumpang lebih Utama

 
Berbeda dari mobil dengan teknologi lama yang lebih cenderung dibuat dengan pertimbangan kekokohan mobil, sehingga tetap utuh setelah kecelakaan, mobil modern dibangun dengan memprioritaskan keselamatan penumpang, ketimbangan keutuhan mobil itu sendiri.

 
Yang lebih utama dari mobil modern adalah keutuhan bentuk ruang kabin, sehingga kemungkinan penumpang selamat lebih besar. Sehingga bagian luar mobil sengaja dibuat lebih lunak untuk menyerap energi benturan.

 
Untuk itu, mobil modern memiliki bagianbernama “Crumple Zone” yang merupakan fitur keselamatan. Crumple Zone biasanya adalah bagian moncong depan. Sehingga jika terjadi tabrakan hebat pada mobil moderm, seluruh bagian depan termasuk mesin terlihat hancur lumat.

 
Hal itu terjadi karena sebagian besar energi tabrakan diserap oleh bagian crumple zone tersebut, sehingga saat sampai di kabin depan. energi benturan sudah jauh mengecil. Hasilnya rangka kabin mobil tidak merubah bentuk. Sehingga penumpang selamat, tidak terhimpit oleh kerangka mobil yang hancur.

 

Teknologi Pencegahan Kecelakaan

 
Hal yang lebih penting adalah pencegahan terjadinya kecelakaan. Mobil modern didesain dan dilengkapi berbagai fitur terkini untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau tabrakan. Misalnya dengan blind-spot yang lebih sedikit, teknologi pengereman ABS (Antilock Braking System), braking assist, airbag, sabuk pengaman dan lain sebagainya.

 
Selain fitur keselamatan aktif dan pasif dasar tersebut, ada juga fitur-fitur dengan sensor pada mobil mewah seperti pengereman otomatis jika terdeteksi mobil akan menabrak benda lain, adaptive cruise control, line departure warning system, emergency braking alert, dan lain sebagainya.

 
Sedangkan pada mobil-mobil tua, semua fitur tersebut belum ada, karena dibangun pada zaman dimana teknologi tersebut belum ditemukan atau masih dalam tahap penelitian.

 

Mobil tua tidak lebih aman dari mobil modern
Mobil tua tidak lebih aman dari mobil modern

Pengendalian Mobil Modern Lebih Baik

 
Dengan teknologi aerodinamika, mobil modern dirancang untuk lebih stabil di kecepatan tinggi, sehingga mobil lebih menjamin keselamatan penumpang saat dipacu cepat. Misalnya dengan bentuk yang lebih pipih, suspensi yang dirancang sedemikian rupa sehingga mampu berbelok dengan stabil, minim kelimbungan dan ketahanan komponen mobil untuk dipacu cepat.

 
Sedangkan mobil tua cenderung limbung dan desainnya kurang mempertimbangkan aerodinamika. Sehingga lebih tidak aman saat dipacu dikecepatan tinggi. Fitur-fitur keselamatan mobil tua sangat minim sehingga lebih besar mengandalkan kemampuan pengemudi yang mudah menurun karena berbagai faktor eksternal.

 
Baca juga:

 
Di masa mendatang, inovasi di bidang teknologi otomotif terus berkembang dengan cepat. Sehingga mobil yang lebih baru selalu lebih baik tingkat keamanan dan keselamatannya.

 
Jadi membeli mobi baru selalu lebih baik dari mobil lama atau mobil tua, untuk jenis dan level yang sama. Sedangkan perkataan yang menyebutkan bahwa mobil modern tidak sebaik mobil pada zaman dulu dalam hal keamanan, itu adalah mitos.

 
Mobil tua lebih cocok sebagai koleksi yang digunakan untuk bersenang-senang dan perjalanan yang singkat serta lambat. Jika membutuhkan mobil untuk keperluan sehari-hari atau perjalanan yan sering jauh, maka jangan ragu untuk memilih mobil yang lebih baru.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar