Mau Mudik dengan Mobil Rental, Perhatikan dan Pastikan Hal-hal ini

CaruserMagz.com – Menjelang bulan Ramadhan, tidak sedikit orang yang sudah merencanakan ritual mudik lebaran, khususnya bagi mereka yang ingin mudik dengan mobil pribadi, namun belum memiliki mobil. Salah satu jalan pintasnya adalah mudik dengan mobil rental.

 
Bahkan tidak sedikit juga orang-orang yang telah memiliki mobil, tetap memilih mudik dengan mobil rental. Hal itu mungkin mempertimbangkan risiko kerusakan mobil selama perjalanan atau karena mobil pribadinya dianggap kurang memadai untuk perjalanan jauh.

 
Namun mobil rental adalah mobil yang biasanya telah digunakan oleh banyak orang, atau sering juga disebut mobil banyak tangan, alias telah digunakan oleh berbagai karakter pengemudi maupun penumpang.

 
Sehingga ada banyak hal yang harus dipastikan, diperhatikan dan diyakinkan dari kondisi mobil rental sebelum disetujui disewa untuk perjalanan jauh. Karena perjalanan mudik dengan mobil penuh risiko, sehingga mobil yang kondisinya tidak baik memperbesar risiko keselamatan.

 
Beberapa hal yang penting diperhatikan sebelum menyetujui mobil rental yang ditawarkan, adalah berkaitan dengan keselamatan, kenyamanan dan kesehatan selama perjalanan.

 

Berikut daftar pengecekan mobil rental sebelum diterima:

 
Mesin – Pastikan mesin dalam kondisi baik, tidak ada suara aneh atau tenaga mesin yang ngempos / loyo. Jangan sampai harus berurusan dengan mesin mobil yang bermasalah di tengah perjalanan.

Rem – Kondisi rem sangatlah krusial, maka kondisinya harus diperhatikan dengan melakukan test-drive, jangan sampai rem tidak berfungsi sebagaimana mestinya, karena itu sangat berbahaya.

Kaki-kaki – Suspensi dan segala komponen kaki-kaki mobil harus memberikan kenyamanan bagi penumpang, karena mudik adalah perjalanan jauh yang melelahkan. Jangan terima mobil rental dengan kaki-kaki yang brisik atau bantingan suspensi terlalu mengayun, itu sangat berbahaya.

Ban – Pastikan kondisi ban secara visual dalam keadaan baik, kembangan ban masih bagus dan ban tidak botak atau ada yang berbeda kondisinya antara ke-4 roda.

Setir – Jangan terima mobil rental dengan kondisi setir bermasalah, misalnya mobil cenderung lari ke kiri atau ke kanan terus menerus, atau setir terasa terlalu berat atau power steering tidak berfungsi. Pastikan setir dalam kondisi baik agar perjalanan aman.

Transmisi – Pastikan transmisi manual mudah dipindahkan posisi giginya, tidak ada bunyi-bunyian atau tuas transmisi terasa keras. Atau mobil jadi ajut-ajutan pada mobil matic. Jangan terima mobil rental dalam kondisi transmisi bermasalah.

Aki / Baterai – Sebaiknya cek voltase aki mobil rental dengan alat yang sekarang telah banyak tersedia, misalnya charger HP yang sekaligus pengukur voltase aki mobil. Jangan sampai menempuh perjalanan jauh dengan aki yang voltase-nya sudah sekarat.

Air Radiator / Coolant – Pendingin mesin juga harus diperhatikan, lihat level coolant water di tanki dalam kap mesin, pastikan berada pada level yang diizinkan.

Fungsi Lampu-lampu – Fungsi lampu utama, lampu sein, lampu rem dan lampu stop semua harus dalam keadaan baik. Karena hal tersebut terkait masalah keselamatan berkendara.

Peralatan Ganti Ban – Pastikan perlengkapan ganti ban seperti kunci ban dan dongkrak ada di dalam mobil, karena bukan tidak mungkin kita harus berurusan dengan ban pecah di tengah perjalanan.

Kotak P3K – Walau tidak diharapkan terjadi kecelakaan, sebaiknya tetap pertimbangkan kondisi terburuk. Pastikan kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) dan semua kelengkapan wajibnya tersedia.

STNK – Terakhir tentu jangan lupa untuk membawa STNK mobil rental tersebut, sehingga jika ditanya aparat berwenang, kita bisa menunjukkannya sehingga tidak harus berurusan dengan masalah hukum atau dianggap membawa mobil ilebacagal.

 
Baca juga: Barang Penting Dibawa saat Perjalanan Mudik dengan Mobil Pribadi

 
Demikianlah hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum menerima mobil rental untuk perjalanan jauh. Daftarnya cukup banyak dan memang harus diperhatikan karena kita tidak mengenal mobil tersebut layaknya mobil kita sendiri.

 
Sebaiknya juga lakukan test-drive sebelum memastikan untuk menerima mobil rental. Jika ditemukan masalah yang berpotensi menghambat perjalanan mudik yang telah kita rencanakan, sebaiknya mintalah untuk ditukar dengan mobil lain yang kondisinya lebih baik.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Tulis Komentar