Lamborghini Essenza SCV12 Limited Edition

Lamborghini Essenza SCV12 Diluncurkan, Terbatas untuk 40 Pelanggan Eksklusif

Berita Lamborghini

CaruserMagz.com – Automobili Lamborghini meluncurkan Essenza SCV12 Limited Edition pada Kamis 29 Juli 2020 secara virtual di laman resminya, hypercar edisi terbatas yang dibuat hanya 40 unit khusus untuk track balap. Mobil yang diperuntukkan bagi konsumen eksklusif ini dirancang oleh Lamborghini Centro Stile dan dikembangkan oleh divisi Racing Lamborghini Squadra Corse.

Hal yang membanggakan bagi Indonesia pada mobil balap edisi terbatas ini adalah terpampangnya nama ‘PERTAMINA FASTRON‘ di sisi samping sebagai salah satu sponsor utama dari Divisi racing Lamborghini Squadra Corse, selain Pirelli dan Roger Dubuis.

Lamborghini Essenza SCV12 - Side Front and Rear
Lamborghini Essenza SCV12 – Side Front and Rear

 

Mesin Buas dalam Rancangan Mobil Balap

Mobil yang dirancang untuk track sirkuit ini ditenagai mesin V12 terbuas yang pernah dibuat Lamborghini hingga saat ini, yakni mesin V12 Naturally Aspirated dengan output hingga 830 hp. Dirancang dengan acuan teknis mobil balap, Lamborghini Essenza SCV12 dibekali gearbox 6-kecepatan new X-trac sequential yang menggerakkan roda belakang guna memastikan kontinuitas struktural dan kekakuan torsional yang lebih besar.

Dengan tenaga besarnya, Essenza SCV12 memiliki rasio power-to-weight yang luar biasa, 1,66 hp/kg berkat sasis monocoque serat karbon generasi baru tanpa roll-cage internal. Untuk memastikan stabilitas tanpa mengorbankan kelincahan, hypercar ini mengadopsi kinematik mobil balap seperti suspensi belakang push-rod yang dipasang langsung pada gearbox dan ban Pirelli khusus dengan pelek magnesium berukuran 19-inci untuk roda depan dan 20-inci di belakang, serta rem dan kaliper Brembo Motorsport.

Rancangan aerodinamis diambil dari Lamborghini Squadra Corse GT dengan tingkat efisiensi dan downforce yang lebih tinggi daripada mobil GT3, yakni pada angka 1.200 kg di kecepatan 250 km/jam. Aliran udara dirancang dengan pola khas mobil balap Huracan, dari asupan udara di depan, samping hingga ke belakang dengan sayap besar berprofil ganda.

 

Desain: Kombinasi Dunia Balap dan Kemewahan

Garis yang ramping menampilkan nuansa kencang dan dinamis pada body Essenza, ini menggabungkan prototipe 1970-an dan unsur-unsur khas DNA Lamborghini, seperti geometri heksagonal yang menjadi ciri lampu depan, airscoop atap dan ventilasi udara yang membingkai roda kemudi.

Di interior, disuguhkan kokpit yang menggabungkan kemewahan supercar dan suasana mobil balap F1. Menurut Lamborghini, setiap elemennya mewakili kompromi terbaik antara ringan, fungsionalitas dan desain. Panel instrumen dan dasbor didukung oleh karbon “Y” asimetris, elemen penahan beban dan gaya yang membingkai kokpit, dirancang khusus untuk menempatkan pengemudi dalam pengalaman berkendara yang luar biasa.

Driver Seat Position on Lamborghini Essenza SCV12
Driver Seat Position on Lamborghini Essenza SCV12

Suasan mengemudikan jet darat F1 dihadirkan dengan kemudi mutifungsi yang sangat mirip dengan setir mobil F1, berbagai fungsi yang membuat pengemudi tidak perlu melepaskan tangannya dari kemudi sepanjang memacu Essenza di sirkuit. Selain itu, kursi juga dibuat untuk memberi suasana F1 dengan cangkang karbon OMP homologasi khusus FIA yang merangkul pengemudi dengan sempurna.

Menurut Mitja Borkert, Kepala Lamborghini Centro Stile, Essenza SCV12 dibuat untuk menghargai masa lalu dan kini dunia balap, dengan mengkombinasikan tradisi Lamborghini dengan visi masa depan. Hal itu diwujudkan antara lain dengan sayap belakang besar, sirip samping, dan splitter depan dari elemen Huracan Super Trofeo EVO dan GT3 EVO.

 

Untuk Pelanggan Klub Eksklusif Essenza SCV12

Pemilik Lamborghini Essenza SCV12 akan menjadi bagian dari klub eksklusif yang akan diberi akses ke program khusus untuk mengendarai hypercar mereka di sirkuit paling bergengsi di dunia. Program ini mencakup layanan penyimpanan di hanggar baru yang dibangun di Sant’Agata Bologna khusus untuk klub Essenza SCV12.

Setiap mobil akan memiliki garasi pribadi dan layanan khusus, termasuk webcam untuk memungkinkan pelanggan memantau mobil mereka 24 jam sehari melalui aplikasi. Fasilitas ini juga menampung “Lab Driver Lamborghini Squadra Corse” oleh Tecnobody yang menyediakan program pelatihan atletik yang serupa dengan yang diikuti oleh pembalap resmi Lamborghini.

Kalender trek akan dimulai pada tahun 2021 dengan seremoni “arrive and drive” yang diadakan di berbagai sirkuit homolog FIA Kelas 1. Bantuan akan diberikan oleh staf teknis Squadra Corse dengan dukungan Emanuele Pirro, pemenang lima kali Le Mans 24 Jam dan tutor yang sangat baik untuk pengemudi-pelanggan, serta Marco Mapelli, Driver khusus dari Lamborghini Squadra Corse.

Dengan demikian, pemilik Essenza SCV12 akan menjadi bagian eksklusif dari keluarga Lamborghini Squadra Corse. Pelayanan tidak hanya akan diberikan untuk urusan berkendara di sirkuit terbaik, tapi juga disediakan layanan eksklusif keramahan Italia yang sangat bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

Essenza SCV12 adalah ekspresi pamungkas dari mesin aspirasi alami V12, simbol merek kami sejak 1963. Ini adalah proyek di mana kami menggabungkan pengejaran kesempurnaan teknik dengan aerodinamika, desain futuristik, dan solusi inovatif seperti carbon monocoque tanpa roll-cage internal. Hasilnya adalah mobil yang menarik dan tanpa kompromi, lahir untuk berlomba dan menunjukkan karakteristik yang telah membuat Lamborghini jadi terkenal di seluruh dunia, menjamin emosi yang unik dan istimewa untuk pengemudi dan pengamat,” kata Maurizio Reggiani, Kepala Staf Teknis Automobili Lamborghini.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar