BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Konsumsi BBM Wuling Alvez Seberapa Irit? Ini Hasil Pengujian Berbagai Media

Konsumsi BBM Wuling Alvez apakah irit

Share

CaruserMagz.comIrit kah Konsumsi BBM Wuling Alvez? – Wuling sudah mulai dikenal sebagai merek China yang membuat mobil berkualitas tinggi dan berfitur canggih di Indonesia. Namun ada dua hal yang masih menjadi catatan dan dianggap kelemahan dari mobil-mobil Wuling, baik oleh konsumen maupun para reviewer otomotif. Kedua hal tersebut adalah mengenai desain yang kurang menarik dan konsumsi BBM yang tergolong boros.

Dua kelemahan tersebut sepertinya segera di atas Wuling dengan menghadirkan sesosok SUV kompak, yaitu Wuling Alvez. Dari segi desain, SUV segmen-B tersebut terlihat lebih menarik dari pendahulunya seperti Almaz dan Cortez. Lebih futuristis dan sedap dipandang.

Tak hanya dari segi desain, rupanya Wuling juga mendengar kritikan para pecinta otomotif terkait efisiensi BBM pada mesin mobilnya. Hal itu dibuktikan dari konsumsi BBM Wuling Alvez yang tergolong irit.

Konsumsi BBM Wuling Alvez

Bagi kamu yang berminat membeli compact SUV Wuling ini, tentu merasa perlu mengetahui bagaimana efisiensinya dalam hal konsumsi bahan bakar. Karena itu akan terkait dengan biaya operasional mobil sehari-hari.

Lalu seberapa irit konsumsi BBM Wuling Alvez? Berikut data hasil pengujian berbagai media nasional yang kami rangkum dari berita yang mereka rilis:

Media PengujiRute Kombinasi
(Km/L)
Keterangan
CNN Indonesia19,0Jalur Malang – Solo
Kompas19,1Jalur Malang – Solo
Detik18,8Jalur Malang – Solo
Tempo18,5Jalur Malang – Solo
Carmudi15.6Informasi dari China
Kumparan16,6Jalur Malang – Solo
VivaNews18,0Jalur Malang – Solo
Gridoto11,4Jalur Jogja – Pantai Selatan
Moladin12,0Jalur Solo – Jogja
Media Test Drive Wuling Alvez - Rute Malang - Solo
Media Test Drive Wuling Alvez – Rute Malang – Solo

Pengujian dengan hasil 18 km/liter ke atas didapat pada acara media test drive yang diselenggarakan Wuling Indonesia. Rute dalam pengujian itu adalah perjalanan dari Kota Malang ke Solo, menempuh jarak sekitar 246 km dengan kondisi beragam.

Jalan yang dilalui antara lain jalanan umum, dengan kontur medan kombinasi, ada tanjakan dan turunan, jalan berkelok-kelok, juga ada jalur toll, dan jalan dalam kota. Level kemacetan juga beragam, ada kemacetan ringan dan banyak jalur yang tergolong lancar.

Sedangkan beberapa media yang menempuh jalur yang cenderung menanjak, yaitu rute Solo-Jogjakarta, mendapat angka konsumsi BBM sekitar 11 – 12 km/liter.

Maka dapat kita simpulkan bahwa konsumsi bahan bakar Alvez tergolong irit. Karena di jalur yang cenderung menanjak dan cara mengemudi yang tergolong agresif pun, bisa mencatatkan angka di atas 10 km/jam.

Untuk rute yang tergolong lancar bisa mencapai 18 km/liter, itu sudah sangat irit. Apalagi jika dikendarai dengan teknik berkendara hemat BBM, maka ada kemungkinan Alvez lebih irit lagi.

Media Test Drive Wuling Alvez - Rute Solo - Jogja
Media Test Drive Wuling Alvez – Rute Solo – Jogja

Catatan Awak Media

Catatan yang disampaikan beberapa awak media, adalah adanya karakter tenaga yang delay saat Alvez dipacu untuk berakselerasi di jalanan lancar. Sehingga di jalur cepat semisal toll, tenaganya terasa kurang saat dibutuhkan mendahului kendaraan lain yang juga melaju cepat.

Namun saat dikendarai di dalam kota, tenaganya terasa sangat mencukupi dan effortless. Karena torsinya cukup besar dan bobot mobil ini tergolong ringan.

Wuling Alvez dibekali mesin DOHC berkapasitas 1.485 cc 4-silinder. Mesin berukuran bore 74,7 mm dan stroke 84,7 mm tersebut menghasilkan tenaga maksimum 105 hp dan torsi 143 Nm. Itu adalah angka tenaga yang memang di bawah kompetitornya seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta, tapi sudah sangat mencukupi untuk pengendaraan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)