7-Seater SUV Berbasis Nissan Navara, Lawan Fortuner dan Pajero Sport

7 Seater SUV Berbasis Nissan Navara
CaruserMagz.com – Dikabarkan bahwa Nissan sedang mempersiapkan 7-seater SUV berbasis Nissan Navara. Nissan memang belum mempunyai SUV besar berkapasitas 7 penumpang yang pas untuk mejadi rival seimbang bagi Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport atau Montero di pasar luar negeri.

 

Meskipun sudah berkapasitas 7 penumpang, X-Trail tetap lebih cocok bersaing dengan SUV medium seperti Honda CR-V, Suzuki Grand Vitara dan KIA Sportage. karena kabin baris ke-3 pada Nissan X-Trail sangat sempit dan menyebabkan ruang bagasi menjadi minimalis.

 

Sekarang Nissan sedang mengerjakan project membuat lawan yang cocok untuk SUV besar milik raksasa otomotif Jepang Toyota dan Mitsubishi, yaitu seekor SUV berbasis Nissan Navara, mobil double cabin yang selama ini menjadi saingan Ford Ranger, Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux.

 

Memang masuk akal, karena hanya Nissan Navara yang belum mempunyai versi SUV, sedangkan semua double cabin lainnya sudah memiliki versi SUV, seperti Mitsubishi Pajero Sport terhadap Triton dan Toyota Fortuner terhadap Hilux.

 

 

Pada akhir bulan Mei 2016, sebuah protortipe didapati sedang dites untuk pertama kali. Situs simulator model-model automobile, Theophiluschin.com mengeluarkan hasil rendering-nya pada prototype tersebut seperti pada gambar di atas.

 

Issue yang berhembus, mobil ini akan resmi diluncurkan pada tahun 2018, masih sekitar 2 tahun lagi. Dari hasil rendering tersebut, terlihat jelas wajah Nissan Navara pada bagian depan SUV ini, sedangkan bagian belakangnya sedikit seperti bokong Nissan PathFinder, dari design lampu dan lengkungan pintu belakang dan bumper.

 

SUV besar berbasis Navara ini bisa saja merupakan Facelift dari Nissan X-Terra atau tetap mengambil nama Navara dengan embel-embel versi SUV. Jika kemungkinan kedua yang terjadi, maka desain mobil ini tidak akan jauh berbeda dari Navara, seperti apa yang terjadi pada Toyota Fortuner terhadap Hilux.

 

Jika sama dengan Navara, SUV panjang ini akan dibekali mesin diesel 2,5 liter, 4 silinder berteknologi turbocharge dengan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis 7 percepatan. Layaknya SUV besar berkapasitas 7 penumpang, SUV ini kemungkinan besar akan memiliki fitur 2WD dan opsional 4WD.

 

Jika kabar ini benar, maka akan tambah banyak pilihan pecinta torsi besar bermesin turbo. Pertanyaannya, kapan dan apakah akan masuk pasar otomotif tanah air atau tidak?

 

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar