BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Kia Sorento Facelift 2023 Makin Futuristis, Sedangkan Hyundai Santa Fe jadi Jadul

Medium SUV 7 Seater Korsel

Share

CaruserMagz.com– Seiring akan hadirnya Hyundai Santa Fe generasi baru, yang merupakan saudara satu platform dengan Kia Sorento, maka pihak Kia melakukan penyegaran untuk model Sorento. Tapi ini bukanlah generasi baru, melainkan Kia Sorento Facelift 2023 dari generasi-4.

Kontras dengan perubahan signifikan Santa Fe generasi baru yang mengotak dan tegas model retro off-road, maka Kia Sorento mengarah ke desain masa depan yang futuristis landai dan aerodinamis.

Kia sendiri mencanangkan akan lebih berfokus ke mobil elektrifikasi di masa depan, sehingga desain mobil bermesin bakarnya pun mulai diarahkan ke model listrik. Misalnya Sorento facelift 2023 ini memiliki beberapa kemiripan dengan Kia EV6 dan EV9.

Namun Kia tetap membawa ciri khas ikoniknya pada Sorento anyar ini, yakni grill Tiger Nose yang legendaris. Berbeda dari Hyundai yang tidak mengambil pakem desain tertentu, hingga bebas memunculkan bahasa desain baru.

Kia Sorento Facelift 2023 Gen-4
Kia Sorento Facelift 2023 Gen-4

Apa Saja yang Berubah?

Kesamaan dengan Kia EV9 terlihat pada LED-DRL tipis di sekitar head-lamp yang juga baru bermodel vertikal. Selebihnya, dapat dikatakan Sorento Facelift ini sama dengan model sebelumnya. Jadi perubahan hanya untuk mengusung bahasa desain yang baru.

Pada dasarnya, Sorento generasi-4 ini sudah sangat gagah dan cantik. Sayangnya Kia di Indonesia lebih suka berkiblat ke India, sehingga model-model Kia ala Korea Selatan ini tidak masuk ke Indonesia.

Di interior, hal yang baru adalah head unit dan instrumen terintegrasi kini memiliki desain baru. Ini seperti layar MBUX milik Mercedes-Benz, namun terlihat sedikit melengkung. Perubahan interior lainnya adalah hadirnya pilihan warna kombinasi hitam dan coklat olive.

Interior Kia Sorento Facelift 2023 - Dashboard
Interior Kia Sorento Facelift 2023 – Dashboard

Sedangkan pada lingkar kemudi dan panel AC, tidak ada perubahan. Panel AC nya tetap terlihat futuristis minimalis.

Beberapa fitur baru juga hadir, yaitu Keyless Entry dengan fungsi Fingerprint yang canggih, serta pengaturan mobil dari aplikasi smartphone, dan Valet Mode.

Kia Sorento Facelift 2023 - Tampak Belakang
Kia Sorento Facelift 2023 – Tampak Belakang

Mengenai mesin, karena ini sekedar facelift, tidak ada perubahan atau tambahan opsi dari versi sebelumnya. Sorento gen-4 ini disediakan dengan opsi mesin bensin 2.500cc NA, Diesel 2.200cc, dan mesin turbo 1.600cc. Untuk powertrain Hybrid an PHEV, menggunakan mesin 1.600cc.

Seandainya Kia Sorento Gen-4 ini masuk ke Indonesia, maka akan menjadi alternatif menarik di segmen Medium SUV 7-Seater yang sekarang dihuni Honda CR-V, Wuling Almaz, Hyundai Santa Fe, Chery Tiggo 8 Pro, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)