BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Compact SUV Mitsubishi Resmi Diperkenalkan, Tak Beda Banyak dari XFC Concept

Compact SUV Mitsubishi Segmen-B

Share

CaruserMagz.com – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi memperkenalkan wujud eksterior Compact SUV Segmen-B yang berbasis XFC Concept, pada Senin, 31 Juli 2023. Mobil yang disebut The New SUV ini akan resmi diluncurkan pada ajang GIIAS 2023 pada Agustus.

MMKSI menghelat acara resmi dengan mengundang awak media, namun para jurnalis hanya boleh melihat tampilan eksteriornya saja. Sedangkan interior dan detail spesifikasinya masih dirahasiakan, mungkin agar peluncuran resmi di GIIAS nanti masih bernilai surprise.

“Dengan bangga kami persembahkan SUV baru Mitsubishi Motors yang telah lama ditunggu-tunggu, untuk pertama kalinya di dunia yang akan diluncurkan secara resmi di GIIAS 2023 pada tanggal 10 Agustus mendatang,” kata Atsushi Kurita, Presiden Direktur MMKSI di Jakarta, Senin (31/7/2023).

Pengenalan SUV Mitsubishi - 31 Juli 2023
Pengenalan SUV Mitsubishi – 31 Juli 2023

Tampilan Eksterior Tegas dan Garang

Tampilan luar SUV 5-Seater Mitsubishi ini tampak tak berbeda jauh dari model konsepnya, yakni XFC Concept. Ini adalah sosok SUV yang bernuansa tegas dan maskulin, berbeda dari Honda HR-V atau Chery Omoda5 yang bernuansa aerodinamis.

Dari sosoknya, SUV Mitsubishi ini akan jadi lawan yang cocok untuk Toyota Yaris Cross, Suzuki Grand Vitara dan Hyundai Creta. Bentuk itu akan disukai mereka yang ingin tampil macho dengan mobil yang tinggi dan berbody tegak.

Detail eksteriornya terlihat modern dengan LED-DRL yang menyala terang. Semoga itu menjadi pertanda bahwa mobil ini tidak kalah canggih dari Honda HR-V dan Hyundai Creta dari segi fitur-fitur kekinian berbasis radar dan internet.

Mitsubishi sepertinya berusaha membuat mobil ini terlihat glamor dengan grill berkilau dan LED yang massif. Sayangnya di sisi samping, terlihat terlalu ramai dengan garis-garis berlapis di fender roda dan bahu bagian belakang.

The New SUV Mitsubishi - tampak samping
The New SUV Mitsubishi – tampak samping

Kami kurang menyukai bentuk sisi samping belakang yang terlalu montok, tapi itu hanya urusan selera. Desain spoke velg-nya menurut kami sangat merusak pemandangan, karena seperti dibuat asal-asalan. Asal ada kesan mirip dengan versi konsep, tapi seolah yang penting jadi.

Bentuk belakangnya lumayan normal, tapi berkesan biasa-biasa saja, tidak begitu wah semisal Omoda5 atau Honda HR-V. Tapi ini lebih baik dari bokong Hyundai Creta yang absurd.

Pada akhirnya, tampang mobil baru Mitsubishi ini tidak begitu cocok dengan selera kami terhadap desain mobil. Ini senada dengan Hyunda Creta, yang menurut kami tidak memberikan kesan menarik untuk dimiliki. Tapi semoga pendapat kami tidak sama dengan kebanyakan calon pembeli Compact SUV segmen-B, sehingga mobil anyar ini akan bicara banyak di segmennya.

SUV Mitsubishi tampak samping
Compact SUV Mitsubishi tampak samping

Bocoran Spesifikasi dan Fitur

Beberapa bocoran minor menyebutkan bahwa mobil ini akan berfokus pada kenikmatan dan keamanan mengemudi. Sehingga the new SUV ini akan dilengkapi fitur Active Yaw Control (AYC) dan 4 mode berkendara, yakni Normal, Wet, Gravel, dan Mud.

“Kendaraan ini secara spesifik dikembangkan untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan konsumen di negara-negara ASEAN, khususnya di Indonesia, di mana tes jalan dilakukan berulang kali untuk memahami bagaimana menyediakan produk yang sesuai,” papar Kurita-san.

Bocoran lainnya adalah bahwa mobil ini akan punya velg 18-inci hingga menghasilkan Ground Clearance 222 mm dan menggunakan sistem penggera FWD (2WD).

Urusan fitur hiburan juga mendapat perhatian khusus dengan menghadirkan sound system premium dari Yamaha, yang kemungkinan hanya untuk tipe tertinggi.

Untuk urusan dapurpacu, Compact SUV ini akan dibekali mesin 1.500cc dan transmisi CVT. Kemungkinan akan mirip-mirip dengan mesin Xpander, mengingat mobil ini akan bersaing dengan Honda HR-V. Belum ada bocoran, apakah akan ada varian hybrid atau Turbo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)