BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Kia Sonet Meluncur 11 November 2020, Ini Spesifikasi Mesin untuk Indonesia?

Kia Sonet Meluncur 11-11-20

Share

CaruserMagz.com – PT Kreata Indo Artha (KIA) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Kia mengumumkan jadwal Kia Sonet meluncur di Indonesia, melalui posting di akun Instagram Resmi PT KIA @kia_indonesia pada Selasa 3 November 2020. Menarik untuk kita nantikan harga resmi dan spesifikasi mesinnya untuk melihat peta persaingannya di pasar otomotif Indonesia.

Pengungkapan waktu rilis resmi Small SUV pabrikan asal Korea Selatan tersebut dilakukan dengan mengunggah 3 gambar siluet gelap yang bertuliskan angka 11.11.20, yang artinya bahwa prosesi buka tudung secara virtual akan dihelat pada 11 November 2020.

Selanjutnya pada Rabu, tanggal 4 November 2020, akun instagram PT KIA kembali menggunggah 2 gambar siluet yang menunjukkan penampakan eksterior depan dan dashboard di interior SUV barunya tersebut. Walau bukan lagi rahasia, karena berbagai bocoran spyshot dan bentuk asli Kia Sonet sudah mengaspal di India, pengumuman Kia Sonet meluncur ini tetap didramatisasi karena memang mobil anyar.

Peluncuran Kia Sonet Indonesia - 11.11.20
Peluncuran Kia Sonet Indonesia – 11.11.20

Bersiaplah untuk sesuatu yang baru dan Extra di 2020. Penasaran? Pantengin terus timeline @kia_indonesia biar nggak ketinggalan updatenya, KIA Holics!” Tulis PT KIA pada posting Instagramnya.

Desas-desus kehadiran KIA Sonet di Indonesia sebenarnya sudah lama tercium oleh media dan para influencer otomotif, yaitu sejak pertengahan 2020, melalui tangkapan kamera spyshot pada mobil yang sedang uji jalan di tol Cipali, dalam balutan stiker kamuflase dengan bentuk yang sangat mirip KIA Sonet.

Prediksi Spesifikasi Mesin KIA Sonet Indonesia

Kelahiran KIA Sonet ditandai dengan Debut Global di India pada 7 Agustus 2020 lalu. Tipe dan varian Kia Sonet di negeri Bollywood tersebut sangat banyak dengan klasifikasi berdasarkan pilihan mesin dan transmisi. Hingga total ada 17 varian Kia Sonet dengan 2 varian mesin bensin dan 1 mesin diesel.

Dua pilihan mesin bensin adalah 1.0-liter Turbo 3-Silinder dan 1.2-liter 4-silinder Smartstream, serta mesin Diesel 1.5-liter CRDi. Varian yang banyak juga disebabkan oleh banyaknya pilihan transmisi hingga ada 5 varian, yaitu manual 5-speed dan 6-speed, otomatis 6-speed, otomatis dual-clutch 7-speed, dan iMT 6-speed.

Penampakan mesin Kia Sonet
Penampakan mesin Kia Sonet

Memperkirakan Sonet untuk pasar Indonesia, kemungkinan pilihan variannya akan lebih ringkas, biasanya hanya ada satu mesin dan 2 transmisi. Menganalogikannya dengan varian Kia Seltos mungkin mendekati kenyataan.

Untuk mesin Diesel, kecil kemungkinan masuk Indonesia, sehingga hanya ada 2 kemungkinan, yaitu mesin bensin turbo atau 1.2 naturally aspirated. Sedangkan transmisi, kami memperkirakan kemungkinannya adalah 6-speed manual dan 6-speed otomatis. Namun bisa juga ada varian bertransmisi dual-clutch.

Kia Sonet saat Debut Global di India
Kia Sonet saat Debut Global di India

Jika PT KIA mengambil posisi Sonet sebagai small SUV canggih dan mewah, maka mesinnya kemungkinan besar adalah 1.0 Turbo dengan transmisi dual clutch. Namun jika mobil ini ditujukan untuk menjangkau segmen market yang lebih luas dengan harga lebih terjangkau, maka mesin 1.2-liter dan transmisi otomatis 6-speed biasa adalah yang paling mungkin.

Baca: Perkiraan Harga Kia Sonet Indonesia dan Siapa Saja Kompetitornya

Sebagai informasi, mesin bensin 1.0 Turbo 3-silinder Kia Sonet, berkapasitas aktual 998cc dengan tenaga 118,35 hp pada 6000 rpm dan 172 Nm pada 1500-4000 rpm. Sedangkan mesin 1.2-liter 4-silinder SmartStream berkubikasi aktual 1.197cc bertenaga 81,86 hp pada 6000 rpm dan torsi 115 Nm pada 4200 rpm.

Aktualnya akan seperti apa spesifikasi mesin dan transmisi Kia Sonet Indonesia, tentu kita nantikan saja rilis resminya pada 11 November 2020. Harga dan besaran output dapurpacunya akan menentukan akan bersaing dengan siapa Urban Crossover dari Korea ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)