Kia Sonet 7 Seater Debut Global Di Indonesia, Simak Harga dan Bedanya dari versi 5 Seater

Kia Sonet 7 Seater Indonesia

CaruserMagz.com – Hari ini, 8 April 2021, PT Kreta Indo Artha (KIA) meluncurkan varian baru dari Compact SUV barunya, yaitu Kia Sonet 7-Seater, yang lebih ringkas disebut ‘Kia Sonet 7‘ dalam peluncuran resmi ini.

Tentu banyak yang penasaran, apa saja beda Sonet 7 seater ini dibanding versi 5 seater yang lebih dulu diluncurkan? Mengingat hal tersebut akan menjadi pertimbangan penting bagi konsumen, untuk membuat keputusan apakah mobil ini akan mengalihkan pilihan mereka dari kompetitor Low SUV 7-seater lainnya.

Untuk itu, kami ingin menyampaikan detail apa saja yang berbeda dari Sonet 7 ini, termasuk apa saja kelebihan dan kekurangannya dibanding versi 5 seater.

Petinggi PT KIA menyebut bahwa model ini merupakan tambahan pilihan varian atau tipe baru dari Kia Sonet. Jadi ini bukanlah model baru.

Kia Sonet berkapasitas 7 penumpang - dimensi tidak berbeda
Kia Sonet berkapasitas 7 penumpang – dimensi tidak berbeda

Sonet 7 dihadirkan sebagai solusi bagi mereka yang sudah sangat berminat membeli mobil ini, namun masih fikir-fikir karena lebih membutuhkan mobil yang bisa menampung banyak penumpang.

Kita intinya menyediakan (Sonet) ini sebagai pilihan. Bukan sebagai model baru. Mungkin kadang-kadang konsumen mau pakai untuk jalan bareng keluarga, anaknya masih kecil-kecil, masih muat. Atau mungkin untuk perjalanan pendek saja, misalnya keluar untuk makan siang bareng teman-teman, masih bisa,” ungkap Ario Soerjo, selaku Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (8/4).

Apa saja yang Berbeda pada Kia Sonet 7?

Jadi, tipe baru dari Kia Sonet ini tidak banyak berbeda dari versi 5 seater. Pada intinya ini adalah penambahan kursi baris ke-3 saja. Semua perubahan yang dilakukan Kia adalah untuk mengakomodir penambahan kursi tersebut.

Dimensi mobil ini tidak diubah lebih panjang, jadi dari penampakan luar tidak bisa dibedakan secara langsung antara model 7 vs 5 seater. Berikut detail perbedaan Kia Sonet 7 Seater:

Kursi Baris Ke-3

Tambahan kursi baris ke-3 mengambil ruang bagasi dari model 5 seater-nya. Jadi baris ke-3 tersebut bersifat opsional dalam penggunaannya. Artinya, jika semua kursinya ditegakkan, Compact SUV ini nyaris tidak punya bagasi, hanya tersisa ruang penyimpanan sangat sedikit di belakang kursi baris ke-3.

Ruang kabin di baris ke-3 ini juga tergolong sempit untuk penumpang dewasa. Jadi lebih cocok dihuni oleh anak-anak saja. Namun Kia menyediakan solusi dengan merubah fleksibilitas kursi baris ke-2.

Kursi Baris ke-3 Kia Sonet 7 - Cocok untuk anak-anak
Kursi Baris ke-3 Kia Sonet baru – Cocok untuk anak-anak

Fleksibilitas Kursi Baris Ke-2

Dalam kondisi baris ke-3 harus ditumpangi penumpang dewasa, Kia merubah fleksibel baris ke-2 dengan tambahan beberapa fitur baru, yaitu rail untuk memaju-mundurkan kursi agar bisa memberi ruang kaki lebih pada penumpang baris ke-3.

Selain itu, kursi baris ke-2 bisa juga diatur kemiringannya, bisa dibuat serebah mungkin saat baris ke-3 tidak diisi penumpang dan bisa lebih ditegakkan untuk memberi ruang lebih pada penumpang belakang.

Kursi Baris ke-2 Split

Jika pada versi 5-seater kursi baris-2 tidak ada pemisah, sehingga jika harus dilipat, maka tidak dapat diisi penumpang sama sekali. Maka pada versi 7-seater kini dibuat split atau dapat dilipat sebagian.

One Touch Tumble

Kursi baris ke-2 diberi fitur One Touch Tumble seperti yang biasa kita lihat ada pada Toyota Avanza, yaitu cara pelipatan dengan cukup menarik satu tuas, maka kursi akan terlipat dan terangkat ke depan sekaligus, sehingga memudahkan akses ke baris ke-3.

Sun Roof Menghilang, diganti Blower

Untuk memberi kenyamanan pada penumpang baris ke-3, Kia memangkas sun roof pada Sonet tipe Dynamic dan Premiere, lalu menggantinya dengan blower di atap, guna mempercepat pendinginan kabin baris ke-3.

Blower tersebut tidak menghembuskan udara dingin sebagaimana exhaust AC, tapi lebih berfungsi seperti kipas yang mempercepat perpindahan udara dingin di kabin depan ke kabin belakang, seperti yang kita liat ada di Toyota Cayla dan Daihatsu Sigra.

Namun ventilasi AC di konsol tengah untuk baris-2 tetap tidak dihilangkan, sehingga kenyamanan semua penumpang belakang dalam hal temperatur kabin cukup terjamin.

Tidak Ada Speaker Branded Bose

Jika Sonet versi 5 seater varian tertinggi sudah menggunakan speaker premium merek Bose, maka pada versi 7 seater, varian tertingginya tidak lagi menggunakan speaker Bose. Namun diganti speaker biasa sebagaimana varian di varian lain.

Posisi Ban Serap

Pada Sonet 7 Seater ini, lokasi ban cadangan atau ban serap dipindah dari bagian bawah bagasi di dalam mobil ke bagian kolong di luar mobil. Hal tersebut untuk mengakomodir kursi baris ke-3.

Sonet 7 Seater - Pilihan baru untuk keluarga muda
Wajah Kia Sonet – Pilihan baru untuk keluarga muda

Fitur Canggih dan Mesin

Kelebihan Kia Sonet dari mobil-mobil Low SUV 7-seater lainnya adalah pada fitur-fitur kekinian dan canggihnya. Kia tidak membedakan Sonet 7 seater dari versi 5 seater untuk urusan fitur, kecuali sun roof yang terpaksa dihilangkan untuk kenyamanan penumpang.

Antara lain ada Android-Auto dan Apple CarPlay serta koneksi bluetooth pada head unitnya, Wireless Charger, Remote Engine Start, kamera belakang dengan petunjuk arah dinamis, Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Untuk fitur-fitur keselamatan juga tergolong lengkap dengan adanya 6-airbag, sistem pengereman ABS+EBD+BA, Electronic Stability Control (ESC), Hill Assist Control dan Emergency Stop Signal, Driving Mode dan Traction Control.

Untuk bagian mesin, ini juga sama sekali tidak dibedakan. Compact SUV varian baru ini tetap menggendong mesin Smartstream Gamma II, DOHC, Dual CVVT berkapasitas 1.497 cc.

Tenaga maksimumnya adalah 115 ps pada 6.300 rpm dengan torsi puncak hingga 144 Nm pada 4.500 rpm. Kia Sonet 7-seater juga disediakan dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan atau Intelligent Variable Transmision (iVT).

Harga Kia Sonet 7

Kia Sonet 7 dibanderol mulai Rp 199,5 juta hingga Rp 296 juta on the road (OTR) di wilayah DKI Jakarta.

Berikut daftar lengkap harga Kia Sonet 7 seater:

  • Kia Sonet Standard 7 MT Rp 199.500.000,-
  • Kia Sonet Smart 7 MT Rp 245.500.000,-
  • Kia Sonet Smart 7 iVT Rp 258.500.000,-
  • Kia Sonet Dynamic 7 iVT Rp 272.000.000,-
  • Kia Sonet Premiere 7 iVT Rp 296.000.000,-

Baca juga:

Itulah beberapa perubahan pada tipe baru Sonet yang membedakannya dari model yang pertama hadir di Indonesia. Jadi pada intinya adalah penambahan kapasitas penumpang.

Namun untuk bersaing dengan Low SUV mainstream yang sudah lebih lama exsis, semisal Toyota Rush, Daihatsu Terios, Mitsubishi Xpander dan Suzuki XL7, kami kira belum cocok karena segmennya tetap berbeda.

Pasalnya SUV dari brand mainstream tersebut merupakan versi SUV dari Low MPV mereka, sehingga mobil-mobil tersebut memiliki kabin lapang dan tetap punya bagasi yang luas meski 3 baris kursi digunakan.

Secara fitur, Kia Sonet baru ini memang tergolong canggih dan cocok untuk kaum muda. Namun secara fungsional baris ke-3, Sonet lebih akan bersaing dengan Renault Triber, Datsun Cross (Secondhand), atau Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar