5 Mobil Baru Mazda Diluncurkan Serentak oleh Eurokars Motor Indonesia (EMI), 14 Maret 2017

5 Mazda Terbaru 2017
CaruserMagz.com – Meskipun secara kelembagaan Mazda sudah hengkang dari Indonesia, namun Mazda masih berminat menjual produk-produknya di pasar otomotif tanah air.

 

Untuk itu, Mazda menunjuk PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai perpanjangan tangannya di Indonesia. Eurokars menjalankan fungsi sebagai agen resmi pemegang brand Mazda di Indonesia, untuk melakukan fungsi penjualan dan servis purna jual.

 

Tak tanggung-tanggung, diakhir quartal pertama 2017, Eurokars meluncurkan sekaligus lima model Mazda terbaru, yaitu: Mazda-3, Mazda MX-5, Mazda CX-3, Mazda-5 dan Mazda-6 Estate, pada hari Selasa 14 Maret 2017 di Grand Ballroom – Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

 

Roy Arman Arfandy, selaku President Director PT Eurokars Motor Indonesia mengatakan bahwa diluncurkannya lima produk baru Mazda secara serentak, ditujukan untuk menyediakan line-up lengkap Mazda bagi konsumen penggemar mobil mewah dengan ekslusifitas tinggi.

 

Kita hadirkan lima model sekaligus untuk memberikan pilihan lengkap bagi konsumen yang ingin merasakan experience (pengalaman) berbeda pada setiap model Mazda sesuai dengan kebutuhan mereka,” ujar Roy pada prosesi peluncuran.

 

Pada tahun 2017 ini, pihak Eurokars menargetkan peningkatan penjualan mobil Mazda hingga 1000 hingga 2000 unit. Catatan penjualan tahun 2016 lalu, mobil Mazda terjual sekitar 5100 unit saja, jadi target tahun 2017 adalah sekitar 6 hingga 7 ribuan unit.

 
 

1. Mazda CX-3

 

Mazda CX-3 dihadirkan untuk menggempur pasar compact SUV yang sekarang sedang dirajai oleh Honda HR-V. Namun Honda patut berlega hati, karena dari segi harga Mazda CX-3 akan berada pada level medium SUV seperti Nissan X-Trail bahkan Toyota Fortuner tipe standar, yaitu mulai 399 hingga 460 juta rupiah. Mini SUV Mazda ini menyasar konsumen kelas atas yang lebih mementingkan style dan kenikmatan mengemudi dalam kendaraan yang mewah dan fun to drive.

 

Mazda CX-3 2017 – Compact SUV
Mazda CX-3 dibekali mesin SkyActiv 2000cc 4-silinder bertenaga 155 HP dan torsi 192 Nm yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Ini adalah mesin yang sama dengan Mazda-3. Dengan desain Kodo Soul of Motion yang aerodinamis dan velg 18 inchi, Mazda CX-3 terlihat gagah dan stylist.

 
 

2. Mazda-3 Hatchback 2017

 

Pada awalnya Mazda-3 dibawa ke Indonesia pada tahun 2004 untuk bersaing dengan hatchback sejuta umat, Honda Jazz dan Toyota Yaris. Namun ternyata tidak seperti yang diharapkan, hatchback mewah ini kemahalan dan kurang laris di Indonesia, akibatnya Mazda-3 distop pada tahun 2009 dari pasar otomotif Indonesia.

 

Mazda-3 Hatchback 2017
Namun sejarah itu ternyata tidak membuat gentar Eurokars untuk kembali menjajakan hatchback mewah ini di Indonesia. Menyasar konsumen di level atas, Mazda-3 dijual dengan kisaran harga 400 jutaan. Hatcback yang cukup mahal untuk seekor citycar bagi ukuran kantong orang Indonesia.

 

Dapurpacu Mazda-3 ini sama dengan Mazda CX-3, yaitu mesin SkyActiv 2000cc 4-silinder, bertenaga hingga 158 HP dan torsi 200 Nm.  Mazda-3 generasi ketiga ini berdimensi lebih lebar 4,5 cm, lebih rendah 4,5 cm dan lebih pendek 13,1 cm, yaitu: 4460 x 1795 x 1455 mm untuk Panjang x Lebar x Tinggi. Walau dimensi lebih pendek, wheelbasenya yang 2700 cm lebih panjang 6,1 cm dari versi sebelumnya. Sehingga kelegaan kabin baris kedua akan bertambah.

 
 

3. Mazda-5 Facelift 2017

 

Mazda-5 adalah MPV yang lebih disebut Multy Activity Vehicle (MAV) oleh Mazda. Berada dikelas medium MPV, Mazda-5 akan bersaing dengan Toyota Innova, Nissan Serena dan KIA Sedona. Perubahan utama pada facelift 2017 ini adalah penggunaan teknologi SkyActiv pada mesin dan transmisi yang diklaim lebih efisien dari Mazda-5 versi sebelumnya.

 

Mazda-5 2017 – MAV
Meskipun bentuknya senada dengan Toyota Innova, Mazda-5 sudah dilengkapi sliding door electric layaknya Mazda Biante dan Nissan Serena. Nuansa kemewahan juga lebih terasa dengan adanya sunroof. Fitur yang menunjang kenikmatan mengemudi juga telah disematkan seperti Electronic Power Assist Steering dan dynamic vehicle stability control. Kekurangan mobil ini dibanding kompetitornya adalah kelegaan kabin yang terasa kurang.

 

Mesin SkyActiv yang menggerakkan mobil ini berkapasitas 2000cc 4-silinder berbahan bakar bensin dengan tenaga 151 PS dan torsi 190 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda penggerak depan dengan transmisi 6-speed. Kemungkinan harga Medium MPV Mazda ini adalah sekitar 450 hingga 500 jutaan rupiah.

 
 

4. Mazda-6 Estate

 

Mazda-6 sebenarnya adalah sedan mewah, namun yang dibawa ke Indonesia oleh Eurokars ini adalah versi estate, atau station wagon. Secara keseluruhan bentuknya menyerupai hatchback, tetapi lebih panjang. Jadi ini seperti sedan yang dijadikan MPV, hanya saja konfigurasi kursinya tetap untuk 5 penumpang.

 

Mazda-6 Station Wagon
Dengan dimensi sepanjang versi sedan, berpintu belakang layaknya hatchback dan tetap berkonfigurasi 2 baris kursi, Mazda-6 Estate mempunyai bagasi yang sangat lega, apalagi dengan kursi baris kedua yang bisa dilipat 60:40.

 

Berbekal Mesin SkyActiv 2500cc 4-silinder dan berbahan bakar bensin, tenaga maksimum yang bisa dihasilkan adalah 185 HP dan torsi 250 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

 

Dengan fitur canggih berlimpah sebagai kelebihan yang ditawarkan, Mazda-6 Estate ini kemungkinan dijual dengan harga 600 jutaan rupiah. Fitur-fitur canggih tersebut antara lain: MZD Connect, sunroof, i-ELOOP, Adaptive LED Headlights, Active Driving Display, Lane Departure Warning, Lane-keep Assist System, Driver Attention Alert, Smart City Brake Support Forward and Reverse, Blind Spot Monitoring & Rear Cross Traffic Alert dan Dynamic Stability Control dengan Traction Control.

 
 

5. Mazda MX-5 Miata 2017

 

Mazda MX-5 adalah mobil coupe convertible (dapat dibuka atap). Atapnya berbahan kanvas yang dapat dibuka-tutup, sayangnya buka-tutup tersebut harus dilakukan secara manual, bukan elektrik dengan hanya menekan tombol tertentu.

 

Mazda MX-5 2017
Mobil Coupe ini dikenal sebagai roadster terlaris di dunia yang disukai pengendaliannya karena sangat fun-to-drive. Mazda MX-5 Miata yang diluncurkan Eurokars ini adalah generasi keempat secara global. Kemungkinan mobil ini akan dijual dengan harga sekitar 600 jutaan.

 

Dengan desain kodo khas Mazda, mobil ini terlihat cantik dan gesit. Apabila dilihat dari depan, mengingatkan kita pada film kartun mobil balap Lightning McQueen yang sedang tersenyum. Meskipun penampakannya seperti mobil balap, tapi performanya tidaklah segarang sportcar, tapi cukup lumayan untuk orang-orang yang suka dengan tampilan stylist dan hobi mengemudi.

 

Mazda MX-5 Roadster
Bermesin SkyActive 4-silinder, Mazda MX-5 generasi ke-4 ini bertenaga maksimum 155 HP dan torsi 148 Nm saja. lebih kecil dari versi sebelumnya yang hingga 170 HP. Namun dengan tenaga tersebut, performanya cukup impresif, di atas kertas dari diam ke kecepatan 100 km/jam dicapai dalam waktu 7,1 detik untuk varian bertransmisi manual. Hal tersebut dicapai berkat bobotnya yang lebih ringan.

 

 

Itulah 5 mobil Mazda terbaru yang diluncurkan Eurokars pada quartal pertama 2017, dengan harapan dapat terjual hingga 7000an unit dalam fiscal year 2017. Jika target tersebut tercapai, itu mungkin juga berarti perekonomian Indonesia membaik, karena banyak orang kaya baru yang membeli mobil mewah.

 

Yang pasti, Mazda adalah pabrikan yang memproduksi mobil-mobil berkualitas dengan fitur-fitur canggih berlimpah dan tentunya nyaman layaknya mobil-mobil Eropa. Para peminatnya adalah orang-orang yang tidak lagi mementingkan fungsionalitas mobilnya, melainkan lebih kepada style, gaya hidup dan kenikmatan mengemudi.

 

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar