BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Kia Seltos Kena Recall Terkait Risiko Terbakar karena Cacat Mesin

Kia Seltos Kena Recall - Potensi Kebakaran

Share

CaruserMagz.com – Kia Soul dan Seltos 2020-2021 Kena Recall – Kia mengumumkan recall atau penarikan kembali pada Seltos keluaran 2021 dan Soul 2020-2021 dengan total jumlah kendaraan yang teridentifikasi berpotensi masalah sebanyak 147.249 unit.

Permasalahan yang terjadi adalah cacat mesin yang berpotensi menyebabkan kebakaran. Kendaraan yang terkait adalah yang menggunakan mesin 2.0 liter Nu MPI.

Kia Soul 2021 dan Seltos Kena Recall
Kia Soul 2021 dan Seltos Kena Recall

Detail Masalah dan Potensi Risiko

Menurut Badan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat, masalahnya pada cincin oli piston disinyalir telah melalui proses pemanasan yang tidak benar.

Pemanasan yang tidak konsisten dapat membuat cincin oli terlalu keras, hingga pinggiran luarnya bisa pecah, selanjutnya menyebabkan liner silinder lecet hingga memungkinkan oli merembes melewatinya.

Hal itu akan menyebabkan oli masuk ke ruang mesin dan pada akhirnya menimbulkan suara yang tidak normal dari pembakaran yang terganggu. Hal ini bisa juga mengakibatkan kerusakan connecting rod bearing, yang ujungnya adalah mobil kehilangan daya.

Dalam potensi bahaya selanjutnya, oli bisa bocor mengenai komponen gas buang yang panas, lalu meningkatkan risiko kebakaran. Seperti dilaporkan media di Amerika Serikat, masalah ini telah mengakibatkan 4 mobil mengalami kebakaran.

Kia Seltos Indonesia - Lebih canggih dari Honda HR-V
Kia Seltos Indonesia

Proses Perbaikan

Menurut pabrikan, diperkirakan hanya sekitar satu persen dari semua kendaraan yang ditarik kembali, yang mengalami masalah tersebut, namun sulit diidentifikasi tanpa dilakukan pengecekan, sedangkan konsekuensinya bisa sangat parah jika tidak diperbaiki.

Pemilik mobil bisa mengidentifikasi masalah jika mobilnya mengalami beberapa gejala, seperti oli yang berkurang, suara mesin yang aneh atau hidupnya lampu peringatan di cluster meter karena tekanan oli mesin yang berkurang.

Baca: Line up Mobil Kia Indonesi 2020

Kia akan memeriksa kendaraan yang direcall lalu mengganti komponen yang berpotensi bermasalah, yang itu adalah kemungkinan harus mengganti mesin dengan mesin baru secara cuma-cuma.

Pada mobil yang belum teridentifikasi, Kia akan memasang sistem pendeteksi kebisingan ring-piston, untuk memberi peringatan dini pada pengemudi, jika masalah ring piston oli mulai bermasalah.

Apakah Kia Seltos di Indonesia Kena Recall ini?

Recall ini melibatkan semua mobil terkait di seluruh dunia, dan Kia menargetkan bisa mengecek semua mobil tersebut paling lambat hingga 4 Juni 2021.

Mobil yang terkena masalah ini adalah yang menggunakan mesin 2-liter MPI, sedangkan Seltos yang dipasarkan di Indonesia adalah varian bermesin 1.400 cc 4-silinder Smartstream T-GDI Turbo. Itu artinya, para pemilik Kia Seltos di Indonesia tidak perlu khawatir, karena mobilnya tidak terkait dengan recall ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)