Toyota Perkenalkan bZ4X Concept, Versi EV dari RAV4

Toyota bZ4X Concept - Front

CaruserMagz.com – Toyota membuka rangkaian panjang rencana peluncuran model EV-nya dengan memperkenalkan mobil konsep EV pertamanya yang bernama bZ4X Concept, di gelaran Shanghai Auto Show, pada 20 April 2021.

Singkatan bZ merupakan singkatan dari “Beyond Zero” sedangkan 4X kemungkinan menunjukkan bahwa ini adalah mobil berjenis Crossover dengan penggerak 4 roda. Beyond Zero sendiri selaras dengan visi dunia otomotif global untuk mulai beralih ke kendaraan zero emisi karbon.

Toyota telah mengungkap rencananya, bahwa mereka akan meluncurkan paling tidak 15 kendaraan listrik terbaru dengan flatform e-TNGA, yang tujuh diantaranya akan memakai nama bZ. Mobil-mobil tersebut akan menggunakan teknologi hybrid atau BEV.

Toyota bz4X Concept - front-rear
Toyota bz4X Concept – front-rear

Dikabarkan juga sebelumnya, bahwa mobil-mobil listrik terbaru Toyota akan menggunakan baterai “Solid State“, teknologi baru yang memungkinan waktu pengecasan lebih singkat dan mampu menampung lebih banyak listrik sehingga punya jarak tempuh lebih jauh.

Baca: Begini Canggihnya Baterai Solid State untuk EV Toyota

Dari penampakannya, bZ4X Concept ini terlihat sebagai versi listrik dari Toyota RAV4. Keseluruhan bentuknya sangat menunjukkan model RAV4, hanya saja tidak ada grill depan sehingga membuatnya terlihat lebih elektris sebagai mobil masa depan.

Toyota bZ4X Concept - Official Side Front
Toyota bZ4X Concept – Official Side Front

Model ini sudah jamak kita lihat pada mobil-mobil Toyota terbaru yang menggunakan flatform TNGA, semisal RAV4, C-HR, Yaris Cross, Corolla Cross hingga ke konsep Crown Cross. Sangat eye-catching dengan desain khas Jepang yang bersudut-sudut tajam, aerodinamis serta futuristis.

Konsep EV e-TNGA Pertama- Official Side Rear
Toyota bZ4X Concept – Official Side Rear

Di dalam kabin, kita melihat desain yang sedikit membawa nuansa tradisional, namun detailnya mengungkap ini adalah mobil berteknologi canggih. Misalnya dari penampakan cluster meter, head unit dan konsol tengah modern.

Hal yang sedikit berbeda adalah posisi panel instrumen cluster meter yang meninggi seolah pada posisi yang biasanya untuk head-up display, dengan dimensi yang kecil hingga tidak banyak menjarah ruang pandang pengemudi.

Itu tentu meningkatkan visibilitas, dan membantu pengemudi untuk tidak kehilangan fokus ke jalan. Atau lebih tepatnya adalah posisi lingkar setirnya yang lebih rendah, konstruksi ini menjanjikan posisi berkendara sporty yang lebih rebah.

Toyota bZ4X EV - Interior Dashboard
Toyota bZ4X EV – Interior Dashboard dan konsol tengah

Di tengah hingga ke center cluster, terlihat masif dengan konsol mengambang berbalut warna hitam glossy, dipenuhi tombol dan pengaturan serba elektronik. Sistem infotainment-nya berupa layar lebar floating head unit.

Bahan interior berkualitas tinggi yang menjanjikan penampakan mewah dan nyaman disentuh sudah sangat terlihat. Dasbor sepertinya dibalut bahan kain dan banyak bahan soft-touch pada doortrim.

Dashboard konsep Toyota bZ4X
Interior Toyota bZ4X EV Concept – Display instrument head up

Bentuk kursinya sudah tidak asing baik di depan maupun kabin belakang. Desain itu sudah kita lihat pada model-model TNGA, semisal C-HR dan Corolla Cross. Melalui penampakan yang dibagikan ini, Toyota mengabarkan bahwa mobil ini akan memiliki kelegaan yang memadai.

Toyota bekerjasama dengan Subaru dalam mengembangkan mobil-mobil berplatform e-TNGA, kedua perusahaan menggabungkan beberapa teknologi andalan masing-masing dalam model-model yang dibuat bersama.

Salah satu contohnya adalah bahwa keandalan platform e-TNGA dari Toyota, akan menggunakan teknologi penggerak 4 roda dari Subaru, hingga dihasilkan kenikmatan mengemudi yang terbaik.

Dalam pengenalan di ajang Shanghai Auto Show 2021 tersebut, Toyota mengabarkan juga bahwa model produksi dari konsep bZ4X ini akan dibangun di China dan Jepang. Crossover ini akan menjadi model global dan mulai dijual pada pertengahan 2022.

Sumber Gambar: Carscoops.com

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar