Honda City Hatchback RS Indonesia Diluncurkan, Gantikan Posisi Jazz

CaruserMagz.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya meluncurkan Honda City Hatchback RS sebagai suksesor yang menggantikan posisi Honda Jazz di Indonesia. Peluncuran tersebut dilaksanakan pada 3 Maret 2021 secara virtual di Channel YouTube Hondaisme.

Honda Jazz yang lama memimpin segmen medium hatchback tetap diakhiri demi hadirnya City Hatchback ini di Indonesia. Padahal dengan Jazz dan Civic Hatchback, Honda sedang memimpin segmen ini dengan pangsa pasar mencapai 48%.

Honda City Hatchback RS Indonesia
Honda City Hatchback RS Indonesia

Adapun Honda City Hatchback yang dimasukkan ke Indonesia hanya 1 tipe yaitu tipe RS. City Hatchback RS ini disediakan dalam 2 varian berdasarkan transmisinya, yaitu transmisi manual 6-percepatan dan CVT.

RS adalah inisial untuk varian termewah dari setiap lineup mobil Honda, sebagaimana kita telah lama mengenal tipe RS pada Jazz, Brio dan Mobilio. RS sendiri merupakan singkatan dari kata “Road Sailing“, dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah “Pengarung Jalan“. Kata sailing sebenarnya lebih identik dengan laut atau berlayar.

Pernyataan Resmi Petinggi HPM

Honda sangat bangga mempersembahkan Honda City Hatchback RS sebagai model baru bagi konsumen Indonesia,” kata Takehiro Watanabe selaku President Director PT Honda Prospect Motor.

Kami telah mempelajari kebutuhan dari konsumen muda hatchback dan berupaya keras dalam mengembangkan mobil yang sporty, stylish, dan sekaligus fungsional untuk memenuhi gaya hidup dari penggunanya,” Kata Watanabe-san.

Sementara Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, mengatakan bahwa pihaknya optimis bahwa City Hatchback RS ini akan mendapat sambutan meriah dari konsumen Indonesia.

Segmen Hatchback merupakan salah satu segmen dengan pertumbuhan tertinggi di Indonesia dimana Honda juga menjadi brand yang memiliki tempat yang kuat di segmen ini.” ujar Yusak.

Kami telah mempelajari kebutuhan model yang lebih sporty untuk pelanggan di segmen ini, dan kami yakin Honda City Hatchback RS akan diterima dengan baik oleh konsumen Indonesia dan melanjutkan nilai-nilai warisan Honda di pasar hatchback.” pungkasnya.

Baca juga: Apa Saja Perubahan Honda CR-V Facelift 2021?

Peluncuran City baru ini mengusung slogan “Elevate Your Move”, yang berarti bahwa City Hatchback ini membawa banyak peningkatan dari pendahulunya.

Dalam rilis resminya, Honda mengklaim bahwa City Hatchback RS mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ciri khas model City, sekaligus membawa karakter hatchback Honda yang sporty, stylist, kabin lapang dan fitur-fitur canggih.

Selain itu, keunggulan yang dibanggakan adalah performa berkendara yang menyenangkan namun tetap hemat bahan bakar. Hal itu dianggap menjadi salah satu daya tarik terkuat pada mobil ini, terutama di kalangan konsumen anak muda.

Eksterior Honda City Hatchback

Secara keseluruhan, tampilah eskterior City Hatchback ini terlihat lebih dewasa dibanding Jazz. Dia membawa siluet sedan yang panjang, lebar dan kharismatik. Kesan sporty tetap ada namun porsi elegan dan mature terlihat lebih banyak.

Kami kira, City Hatchback ini berpotensi menggoda minat konsumen pada hatchback kompetitor yang memang mengusung konsep lebih dewasa, semisal Kia Rio, Hyundai i20 dan saingan terkuatnya Toyota Yaris.

Pengganti Jazz di 2021 diluncurkan
City Hatchback 2021 – Merah Rallye Red

Cocok dengan slogannya, sepertinya City RS ini merupakan Jazz versi naik kelas, dari mobil anak muda energic ke anak muda yang lebih wise dan beranjak dewasa.

Detail-detailnya sudah sangat modern dengan lampu serba LED, desain yang lebih slik dibanding Jazz dan garis-garis yang tidak lagi banyak patah-patah.

Interior

Di interior, kesan lebih dewasa juga hadir pada dashboard yang lebih ke selera orang agak tua. Kami melihat itu pada center-cluster, bentuk ventilasi AC dan keseluruhan dashboard-nya.

Dashboard Honda City Hatchback RS
Dashboard Honda City Hatchback RS

Kabin lapang tentu jadi andalan hatchback medium ini, jok-nya dilapisi Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats, dengan tambahan aksen merah. Bahan pelapis jok tersebut menjanjikan kenyamanan, sembari memberi look yang sporty.

Interior Honda City Hatchback - Kabin Lapang
Interior Honda City Hatchback – Kabin Lapang

Yang menarik adalah fleksibilitas pengaturan pelipatan kursi yang memberi fungsionalitas tinggi untuk berbagai kebutuhan yang dinamis. Hal itu disebut Honda sebagai fungsi ULTRA Seat dengan 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode. Jelasnya pada gambar berikut:

Pola Pelipatan kursi yang fleksibel
Pola Pelipatan kursi Honda City Hatchback yang fleksibel

Fitur

Berbagai fitur-fitur kekinian telah disematkan tentunya, semisal start-stop engine button, remote engine start, head unit 8 inci layar sentuh kapasitif dengan konektifitas smartphone, 8-speaker, Multi-Angle Rear View Camera, cruise control, steering switch button, dan lain sebagainya.

Fitur keselamatan juga menjadi standar wajib, semisal 6-airbag, rem ABS+EBD+BA, Hill Start Assist, Stability Assist Control, dan teknologi rangka G-Force Control (G-CON)+ACE, serta immobilizer.

Mesin Honda City Hatchback

Di sektor mesin, City Hatchback RS diberi mesin 1.500cc 4-silinder segaris DOHC, 16-katup berteknologi i-VTEC + DBW. Tenaga maksimumnya mencapai 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Honda mengklaim itu adalah angka performa terbesar di kelasnya.

Menurut Honda, emisi mobil ini telah disesuikan dengan standar EURO-4, dengan gas buang yang lebih bersih. Untuk pengendaraan yang lebih hemat bbm, Honda menyediakan ECON Mode dengan karakter berkendara yang ramah lingkungan.

Pilihan Warna

Untuk pilihan warna, Honda City Hatchback RS disediakan dalam 6 pilihan, yaitu Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan varian warna terbaru adalah Meteoroid Gray Metallic.

Harga Honda City Hatchback?

Sayangnya hingga artikel ini kami rilis, Honda belum mengumumkan harga Honda City Hatchback RS. Kami kira seharusnya lebih mahal dari Jazz mengingat dimensi yang lebih besar dan fitur-fitur lebih banyak.

Melihat dari harga NJKB yang sempat beredar dari dokumen Peraturan Kemendagri, Honda City Hatchback RS CVT memiliki harga sebelum pajak sebesar Rp 223 jutaan, dan varian manual Rp 215 jutaan.

Mengingat mobil ini akan dirakit di dalam negeri, kemungkinan besar akan masuk kategori mendapat keringan pajak PPnBM 0%. Sehingga dengan pajak full di DKI jakarta yang berkisar 34%, dan dengan pengurangan PPnBM jadi 24%.

Sehingga bisa kita perkirakan secara kasar, harga tipe CVT dengan pajak full akan sekitar Rp 299 jutaan, dan dengan PPnBM 0% akan membuat harganya jadi sekitar 276 jutaan. Untuk tipe manual, harga full sekitar Rp 288 jutaan dan dengan PPnBM 0% menjadi sekitar Rp 267 jutaan.

Harga sebenarnya tentu akan dirilis pihak PT HPM dalam waktu dekat. Jika Sobat sudah ingin memesan mobil ini, tentu akan diberitahu kisaran harganya oleh pihak dealer. Membeli mobil ini hingga bulan Mei 2021 adalah waktu yang tepat, karena ada insentif pajak PPnBM 0%.