Kia Picanto Generasi-3 Makin Bertenaga dengan Mesin Turbo 1.0 T-GDI

CaruserMagz.com – KIA All New Picanto sudah diupgrade ke generasi-3 sejak tahun 2017 yang lalu. Di Eropa, small hatchback asal Korea ini cukup diminati dan menjadi salah satu model global KIA terlaris, karena desainnya yang menawan, fitur-fitur yang canggih dan tentunya kualitas dan kenyamanan yang tidak kalah dari brand asli Eropa.

 
Pada awal kehadirannya di Indonesia, KIA Picanto generasi pertama dan kedua menjadi mobil KIA yang cukup laris di Indonesia, karena belum banyaknya kompetitor di segmen city car. Bahkan KIA All New Picanto generasi ke-2 sempat mengalahkan KIA Rio sebagai mobil KIA terlaris di Indonesia.

 
Meskipun sudah berada pada generasi ke-3 secara global, belum ada tanda-tanda KIA Picanto terbaru tersebut akan masuk ke Indonesia. Bahkan di Indonesia, Picanto yang masih dijual tinggal versi termurah bermesin 1.0-liter 3-silinder dengan pengurangan fitur yang makin banyak hingga nampak seperti mobil LCGC.

 
Di Eropa, KIA All New Picanto generasi ke-3 makin cantik dan naik kelas menjadi mobil kecil mewah yang disukai kaum muda. Tak hanya sebatas tampilan desain yang makin menawan, KIA juga melengkapi Picanto terbaru dengan fitur-fitur canggih dan mesin berteknologi tinggi hingga lebih bertenaga dan lebih irit bbm.

 
Baca juga:

 

Mesin Turbo 1.0-Liter 3-Silinder

 
KIA telah mengumumkan varian baru KIA Picanto sebagai salah satu tipe termewah dari small city car ini di Inggris, yaitu New Picanto Turbo 1.0 T-GDI yang diberi mesin 3-silinder 1.0-liter turbo bertenaga 99 HP dan torsi 176 Nm pada 1.500 rpm saja.

 
Dengan mesin tersebut, Picanto Turbo GT-Line ini adalah small hatchback KIA paling bertenaga. Performa yang mampu dicapai adalah akselerasi 0 hingga 100 km/jam dituntaskan dalam 10,1 detik (60 mph dalam 9,8 detik), untuk varian bertransmisi manual 5-percepatan.

 
Mesin 3-silinder turbo tersebut sudah memenuhi standar emisi Euro-6d dengan kandungan Karbon Dioksida (CO2) pada gas buang sebesar 117 g/km. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya diklaim cukup hemat, yaitu 19,6 km/liter (5,1 liter/100 km).

 
Mesin turbo 1.0 T-GDI tersebut hanya disediakan untuk New Picanto GT-Line dengan banderol harga mulai £13,320 (sekitar Rp. 223 Juta) untuk tipe GT-Line dan £14,720 (sekitar Rp. 247 juta) untuk tipe GT-Line S sebagai varian tertinggi.

 

Tampilan dan Fitur Picanto Turbo GT-Line

 
Pada bagian eksterior, New Picanto GT-Line ini dapat dikenali dari beberapa aksesoris dan desain khusus GT-Line sebagai varian sporty dari line-up model-model mobil KIA.

 
Antara lain velg dual tone 16 inci, muffler cutter kembar pada kenalpot, grill radiator yang lebih besar dengan foglamp pada sudut bawahnya, garis-garis detail merah pada foglamp housing yang seolah terkoneksi dengan garis pada bagian sisi samping dan juga ada pada bagian bumper belakang, serta kehadiran Difusser pada bumper depan dan belakang.

 
Fitur-fitur menarik pada eksterior dan interior juga memberi identitas bahwa small hatchback ini bukan sekedar mobil harian, melainkan mobil stylist untuk kaum muda yang suka dengan kemewahan dan kenyamanan interior.

 
Fitur-fitur tersebut antara lain bi-function projector headlights dengan positioning LED-DRL, LED pada lampu belakang, electric sun-roof, head unit layar sentuh 7-inci dengan Android-Auto dan Apple CarPlay.

 
Kenyamanan penumpang juga diperhatikan dengan AC digital otomatis, pemanas pada kursi dan lingkar kemudi, pembalut jok kulit dengan motif hitam dan garis-garis merah, pedal berbahan stainless steel dan handel pintu krom.

 
Fitur keselamatan juga tentu berlimpah mengingat standar Eropa yang tinggi, seperti adanya stability control, 6-airbag, sasis monokok berbahan high-tensile metal, fitur-fitur pengereman yang lengkap dan lain sebagainya.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."